Tips & Rekomendasi

Rekomendasi Mobil Irit BBM Biar Gak Menguras Kantong

Inilah daftar mobil irit BBM yang pasti diminati konsumen. Dari mobil jenis MPV terbaru sampai LCGC, mana yang paling kamu suka?

mobil irit BBM

Mobil irit BBM pasti menjadi pilihan banyak konsumen di tengah ancaman badai resesi dan inflasi global. Kedua hal itu diperkirakan akan mempengaruhi kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak) dan kebutuhan hidup lain.

Untuk itulah, memiliki mobil irit BBM dapat menjadi salah satu investasi dan opsi terbaik agar tidak membebani biaya kebutuhan hidup di tahun depan. 

Berikut rekomendasi mobil irit BBM yang bisa kamu miliki dengan cicilan terjangkau dan proses pembelian #JelasDariAwal hanya dari SEVA.

Toyota All New Kijang Innova Zenix

kijang innova zenix

Mobil irit bensin pertama adalah Toyota All New Kijang Innova Zenix. Kehadiran mesin hybrid pada mobil ini menjadi salah satu faktor konsumsi BBM menjadi irit.

Baca juga: Tembus 4.000 unit, Benarkah Inden Innova Zenix hingga 2023?

“Untuk fuel consumption mesin diesel pada mobil lama itu kira-kira 1:14 untuk mesin yang baru ini mesin bensinnya 1:15 dan yang hybrid adalah 1:21,” ujar Anton Jimmy Suwandi selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM). 

Mesin hybrid Innova terbaru ini berkode M20A-FXS generasi kelima yang digunakan pada Toyota Prius terbaru. Mesin hybrid ini menghasilkan tenaga 149 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 RPM.

kijang innova zenix

Sementara varian bensin didukung mesin TNGA berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine, bervolume 1.987cc, 4 silinder, Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan adalah 171 daya kuda pada 6.600 RPM dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 RPM.

Baca juga: 5 Jenis Mobil Toyota Terbaru dengan Fitur TSS dan Harganya

Mobil dilengkapi dengan fitur keamanan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang paling baru seperti Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dan Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB). 

Untuk varian mesin bensin, harga Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 G CVT mulai dari Rp419.000.000. Sementara mesin hybrid Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 G HV mulai dari Rp458.000.000. 

Toyota All New Corolla Cross Hybrid

toyota corolla cross

Daftar mobil dengan konsumsi BBM yang terbilang irit berikutnya adalah Toyota All New Corolla Cross Hybrid. Mesin hybrid Corolla Cross sanggup menghasilkan tenaga maksimum sebesar 96 daya kuda dan torsi puncak 14,5 Kgm. 

Baca juga: Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah, Berapa Biayanya?

SUV (Sport Utility Vehicle) ini menghabiskan 1 liter BBM untuk jarak 20 kilometer. Iritnya konsumsi BBM mobil ini berkat dukungan motor listrik yang menyuplai tenaga maksimum sebesar 72 daya kuda dan torsi sebesar 16,6 Kgm. 

Manuver di tanjakan dan jalanan curam luar kota bisa dilalap dengan mudah berkat adanya fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill-Start Assist (HSA).  

Baca juga: 10 Mobil Sedan Paling Laris Agustus 2022, Siapa Juaranya?

Harga Toyota All New Corolla Cross Hybrid (Premium Color) dijual OTR DKI Jakarta seharga Rp543.800.000. Sedang untuk warna non premium dijual Rp540.900.000. 

Mobil irit BBM kelas sedan

mobil irit BBM

Pada kelas sedan, Toyota All New Corolla Altis Hybrid masuk dalam mobil irit BBM berikutnya nih. Menggendong mesin hybrid 1.800cc, 4 silinder, 16 katup DOHC, VVT-i berkode 2ZR-FXE menghasilkan tenaga 93 daya kuda dengan torsi 14,4 Kgm.

Konsumsi BBM tercatat rata-rata 1 liter untuk jarak 18 sampai 20 kilometer perjalanan. Dukungan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) membuat mobil ini berperforma Irit bensin namun tetap bertenaga. 

Baca juga: Informasi pada MID, Apa Saja yang Ada di Dalamnya?

Fitur keamanan tingkat tinggi TSS telah tersemat, seperti PCS, LDA, AHB sampai Adaptive Cruise Control (ACC). Ditambah dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). 

Bagian kabinnya tampil elegan dengan aksen kulit pada jok depan berwarna hitam, berbentuk semi bucket seat serta pengaturan elektrik. Nyaman. 

Tersemat juga layar digital 7 inci yang bisa menampilkan informasi terkini soal kondisi mobil serta tombol multifungsi yang bisa dihubungkan dengan telepon, audio, MID, maupun paddle shift

Baca juga: Malas Isi BBM, Apa Efek Tangki Bensin Sering Kosong?

Harga Toyota All New Corolla Altis Hybrid (Premium Color) OTR DKI Jakarta adalah Rp568.600.000. Untuk Non Premium Color dijual seharga Rp565.600.000.  

Toyota All New Veloz

cicilan Toyota Avanza

MPV (Multi Purpose Vehicle) Toyota All New Veloz juga termasuk dalam kategori mobil irit BBM. Mesin 1.500cc dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT, mampu hasilkan tenaga maksimal 106 daya kuda dan torsi 14 Kgm.

Menempuh rute harian di dalam kota, Toyota All New Veloz punya catatan 1 liter per 13 kilometer. Saat dipakai melibas rute tol dalam perjalanan ke luar kota, Konsumsi BBM rata-rata habiskan 1 liter per 18 kilometer. Sangat irit di kelasnya.

Toyota All New Avanza

rekomendasi mobil baru

Mobil MPV Seribu Umat Toyota All New Avanza dengan transmisi otomatis juga layak dijadikan pilihan mobil irit BBM. Dibekali mesin 1.500cc, 4 silinder, 16 katup DOHC, Dual VVT-i catatan konsumsi bensinnya di dalam kota adalah 1 liter per 15,4 kilometer.

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Saat dikendarai di jalan bebas hambatan dengan rute tol luar kota, catatan konsumsi bensinnya menjadi 1 liter per 18 kilometer. Cukup irit untuk mobil bertransmisi CVT yang bisa hasilkan tenaga maksimal 106 daya kuda pada 6.000 RPM. 

Daihatsu All New Xenia

kelebihan penggerak roda depan

Kembaran Toyota All New Avanza, yaitu Daihatsu All New Xenia juga punya catatan konsumsi BBM yang mirip saudaranya. 

Mobil Daihatsu All New Xenia 1.5 CVT, konsumsi BBM yang dihasilkan 1 liter per 29,9 kilometer saat gas dipijak stabil pada kecepatan 60 kilometer per jam. Saat kecepatan dinaikan menjadi 100 kilometer per jam konsumsi BBM menjadi 17,7 kilometer per liter!

Daftar mobil irit BBM LCGC

daihatsu ayla

Jenis mobil irit BBM terdapat juga pada deretan mobil murah dan ramah lingkungan alias Low Cost Green Car (LCGC). Sebut saja Daihatsu New Ayla, Toyota New Agya, Daihatsu New Sigra dan Toyota New Cayla.

Baca juga: Ada Inflasi, Kredit Kendaraan Bermotor Tetap Laku

Dengan menggendong mesin 1.200cc keempat mobil tersebut rata-rata menghabiskan 1 liter bensin untuk 14 kilometer di perjalanan dalam kota. Sedangkan untuk rute luar kota, konsumsi BBM rata-rata adalah 1 liter per 17 kilometer jarak tempuh. 

Harap diingat, catatan irit konsumsi BBM ini dipengaruhi oleh banyak faktor misalnya gaya mengemudi, jumlah beban yang dibawa, kondisi lalu lintas, sampai demografis jalan. 

Awas Kena Gocek. Kalau kamu tertarik memiliki mobil-mobil irit BBM ini, cek langsung ke SEVA ya! Semua mobilnya tersedia di sana dengan lengkap. Manfaatkan fitur Loan Calculator buat dapatkan harga cicilan paling terjangkau.

Ada juga fitur Instant Approval yang akan berikan persetujuan pembelian mobil paling cepat hanya dalam hitungan menit loh. Nah, tunggu apalagi nih? Ayo wujudkan mobil impianmu sekarang juga.

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi