Search Cars

Tips & Rekomendasi

8 Mobil 5 Penumpang yang Nyaman untuk Mudik dan Jalan Jauh

Daftar mobil 5 penumpang ini dapat kamu jadikan referensi untuk menempuh perjalanan mudik Lebaran 2023. Mana yang jadi favoritmu?

mobil 5 penumpang

Cari rekomendasi mobil 5 penumpang yang nyaman dipakai mudik dan menempuh perjalaan jauh? Deretan kendaraannya dibagi menjadi model SUV, hatchback, dan sedan. 

Ketiga model tersebut memiliki dimensi bodi yang ideal, radius putar pendek serta ground clearance yang mumpuni untuk dipakai menempuh perjalanan mudik. Ini menjadi faktor penting yang dapat dipertimbangkan agar kenyamanan perjalanan tetap terjaga.

Selain itu, tentu saja ketiga model mobil itu memiliki konsumsi BBM yang irit. Dengan demikian perjalanan jarak jauh tidak akan membuat kamu merogoh kocek dalam dan menjadi lebih efisien.

Baca juga: 16 Jalan Tol Baru yang Bakal Dibuka Jelang Lebaran 2023

Penasaran dengan daftar mobil-mobilnya? Langsung yuk simak rekomendasinya dari SEVA di bawah ini. 

Mobil 5 penumpang model SUV

Pada kelas SUV (Sport Activity Vehicle), pabrikan asal Jepang punya banyak pilihan mobil penumpang yang cocok dipakai perjalanan jauh atau mudik. Modelnya seperti Toyota All New Corolla Cross Hybrid, Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky. 

Sedangkan dari pabrikan Eropa, modelnya ada Peugeot 2008 dan BMW X1 sDrive18i xLine sebagai mobil 5 penumpang model SUV premium. Yuk, simak satu persatu di bawah ini.

Toyota All New Corolla Cross Hybrid

toyota corolla cross hybrid

Mobil Toyota Corolla Cross Hybrid berteknologi ramah lingkungan dengan dukungan mesin berkode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc, 4 silinder DOHC berteknologi VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 97 daya kuda dan torsi 14,5 Kgm. 

Baca juga: Deretan Mobil SUV 5 Penumpang Buat Keluarga Kecil

Kinerjanya ditambah dengan dukungan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 71 daya kuda dan torsi sebesar 16,6 Kgm. Keuntungan varian hybrid adalah penggunaan bahan bakar yang lebih efisien namun tetap menjaga performa mesin.

Saat ini, tersedia varian terbaru di kelas GR Sport dan telah diluncurkan di ajang IIMS 2023. Salah satu fitur yang tersemat di dalamnya adalah fitur keselamatan tertinggi Toyota Safety Sense (TSS).

Fiturnya antara lain All Speed Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, Lane Departure Alert with Steering Assist, Pre Collision System, Automatic High Beam, Blind Spot Monitoring, dan Rear Cross Traffic Alert.

Toyota Raize

toyota raize

Toyota Raize mesin 1.000 cc memiliki kode 1KR-VET 3 silinder yang dilengkapi dengan teknologi turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga hingga 95 daya kuda dan torsi puncaknya 147 Nm.

Baca juga: Mesin Turbo dan Supercharger, Bagaimana Perbedaan Cara Kerjanya?

Sementra mobil 5 penumpang berkapasitas mesin 1.200 cc memiliki kode WA-VE 3 tiga silinder yang bisa menghasilkan tenaga sampai 85 daya kuda dan torsi maksimum 112 Nm.

Dari segi keamanan, fitur-fitur seperti Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer membuat berkendara jadi bebas dari rasa khawatir.

Toyota Raize punya dimensi ideal untuk menyusuri jalanan sempit dengan ukuran bodi kompak. Panjang 4.030 milimeter, lebar 1.710 milimeter dan tinggi 1.635 milimeter, ringkas serta memiliki radius putar hanya 5,1 meter.

Mobil 5 penumpang Daihatsu Rocky

rocky

Mobil berikutnya adalah Daihatsu Rocky dengan dimensi serupa Toyota Raize berkat dukungan body DNGA (Daihatsu New Global Architechture) yang rigid alias ringan sekaligus kokoh!

Baca juga: Akhir Pekan Tiba, Ini Cara Dapat Tiket Gratis IIMS 2023

Dibekali mesin 1KR-VET yang menyuplai tenaga maksimum 97,9 daya kuda pada 6.000 RPM. Torsi puncaknya pun besar hingga 15,2 Kgm pada putaran puncak  4.000 RPM. Pada varian tertinggi dilengkapi fitur keselamatan ASA (Advance Safety Assist). 

Bepergian ke luar kota dalam cuaca hujan dan berkabut? Daihatsu Rocky juga dilengkapi dengan fog lamp alias lampu kabut yang dapat diandalkan. Jangan lupa mobil ini tergolong irit BBM loh, konsumsinya sekitar 20 kilometer per liter di rute luar kota! Keren!

SUV Eropa

Di kelas SUV premium asal Eropa, deretan mobil penumpang yang bisa kamu jadikan referensi menemani perjalanan mudik bersama keluarga adalah BMW X1 sDrive18i xLine dan Peugeot 2008. Yuk, simak modelnya satu persatu.

BMW X1 sDrive18i xLine

BMW X1

Mobil BMW X1 dibekali mesin 1.500 cc dengan tampilan depan yang futuristis berkat kidney grille yang lebih lebar dan menyambung dengan lampu. Bagian bumper juga mendapat tambahan fog lamp LED yang menyatu dengan air intake

Baca juga: 6 Mobil Kabin Lega yang Cocok Buat Pecinta Wisata Kuliner

BMW X1 terbaru mengganti aksen piano black pada kabin dengan aksen aluminium. Untuk hiburan telah terintegrasi dengan Apple CarPlay, BMW Apps, BMW Navigation System dengan layar sentuh 8,8 inci, serta 7 speaker dengan power 205 watt. 

Untuk keperluan mudik lebaran, mobil ini dilengkapi bagasi yang luas mencapai 505 liter saat kursi dipakai. Namun kapasitasnya naik hingga 1.550 liter saat kursi belakang dilipat. Sangat luas untuk menampung beragam barang bawaan saat perjalanan jauh.

Melibas jalan tidak rata? BMW X1 punya bantingan suspensi yang super nyaman dan didukung pusat gravitasi yang rendah, membuat distribusi bobot cukup merata. Dijamin nyaman saat perjalanan liburan deh.

Peugeot 2008

mobil 5 penumpang

Model SUV berikutnya adalah Peugeot 2008 yang menjadi rekomendasi lain mobil 5 penumpang nyaman untuk menemani perjalan jauh ataupun mudik Lebaran 2023.

Baca juga: Berbeda dengan SUV, Apa Itu Mobil Crossover?

Mobil Peugeot 2008 juga dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti lampu depan dan belakang LED, panoramic sunroof, velg ukuran 17 inci model kipas dan atap berwarna hitam.

Pada kabinnya telah dilengkapi kursi elektrik dengan fitur pijat, speedometer bergaya 3D, head unit besar dengan konektivitas ke smartphone, pengaturan AC otomatis, dan sistem audio premium.

Urusan keselamatan mobil segmen crossover ini sudah dilengkapi 6 airbags, ABS, EBD, Electronic Stability Program, Hill Start Assist, dan Tyre Pressure Monitoring System. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Peugeot yang Mengaspal di Indonesia

Dan untuk membuat nyaman dikendarai dalam perjalanan jauh pengemudi dibantu fitur Adaptive Cruise Control, Blind Spot Monitoring, Lane Keep Assist, High Beam Assist, Advanced Grip Control, dan masih banyak lagi.

Peugeot 2008 dibekali mesin 1.200 cc Turbo Puretech, yang menghasilkan 130 daya kuda, torsi puncak 230 Nm dan akselerasi 0-100 kilometer per jam dalam 9,1 detik. 

Mobil 5 penumpang kelas hatchback

Daihatsu Sirion

Rekomendasi berikutnya adalah mobil 5 penumpang kelas hatchback. Lininya diisi oleh  Daihatsu Sirion dan Toyota Yaris.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Diprediksi Hingga 28 Februari, Persiapkan Kondisi Kendaraan Yuk! 

Daihatsu Sirion nyaman dipakai berjalan jauh karena di kabinnya dilengkapi dengan air purifier sehingga sirkulasi udara lebih bersih dan sehat untuk seluruh penumpang. 

Pada Daihatsu Sirion juga disematkan fitur Speed Sensing Door Lock yang akan mengunci pintu kendaraan secara otomatis ketika melewati kecepatan tertentu. Fitur keamanan lain yaitu HSA yang membantu mobil tidak bergerak saat berhenti di jalan menanjak.

Pada kabinnya juga disematkan airbag pada bangku baris depan dan kedua sisinya, fitur smart key, engine start-stop button, pengaturan AC digital lengkap dengan arah semburan, serta pengaturan kursi yang fleksibel memudahkan pengaturan barang bawaan.

Baca juga: Diguyur Hujan Deras, Cek Sejumlah Titik Kemacetan Jakarta

Bagaimana dengan konsumsi BBM? Tenang karena ada Idle Stop System yang berfungsi mematikan kinerja mesin sementara secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti agar lebih hemat konsumsi bahan bakar. 

Selain itu mesin berkode 1NR-VE dengan konfigurasi 4-silinder DOHC 1.329 cc Dual-VVT-i dikawinkan dengan penggunaan Dual Mode Continuously Variable Transmission (D-CVT). Transmisi D-CVT ini dapat meningkatkan akselerasi berkendara dan efisiensi BBM.

Toyota Yaris

toyota new yaris

Masih di kelas hatchback yang cocok menemani dalam perjalanan mudik adalah Toyota Yaris. Dimensi mobil ideal dengan panjang 4.145 milimeter, lebar 1.730 milimeter dan tinggi 1.500 milimeter ini cocok saat memasuki jalanan dengan lebar terbatas seperti di pedesaan.

Baca juga: Sering Terjadi Tabrak Lari, Bagaimana Aturan dan Hukumnya?

Gak usah khawatir jika harus melintasi jalanan bergelombang, Toyota yaris dibekali ground clearance alias jarak terdekat ke tanah sekitar 184 milimeter. Berbelok di jalanan sempit? Tenang, karena radius putarnya hanya 5,1 meter, dijamin sat set putar balik dan manuver!

Menempuh perjalanan jauh, mesin 1.500 cc, berteknologi injeksi dijamin cukup irit dan dapat diandalkan. Dalam catatan perjalanan luar kota, mobil ini menghabiskan 1 liter bensin untuk jarak 17 kilometer. 

Kenyamanan dan keselamatan mobil tersedia dual SRS airbags plus seatbelt pretensioner dan force limiter untuk kedua jok depan. Semua jok penumpang mendapatkan sabuk pengaman tiga titik. Plus, fitur child lock. Dijamin aman buat jalan jauh deh.

Mobil kelas sedan 

toyota vios

Di segmen ini mobilnya adalah Toyota Vios, yang telah menggunakan platform Daihatsu New Global Architect (DNGA) yang membuat bobotnya jadi lebih ringan. Keunggulan lainnya platform ini membuat mobil lebih irit bahan bakar. 

Baca juga: Teknologi Kamera ETLE Makin Canggih, Tidak Punya SIM Bisa Ditilang

Toyota Vios dibekali mesin 2NR-VE dan teknologi CVT baru. Kombinasi itu akhirnya membuat konsumsi BBM Vios baru menjadi lebih irit. Catatan konsumsinya untuk jarak jauh mencapai 20 kilometer per liter.

Dengan dimensi panjang 4.410 milimeter, lebar 1.740 milimeter, dan tinggi 1.480 milimeter, dan jarak sumbu roda 2.620 milimeter membuatnya tetap lincah di jalanan. Tidak usah ragu bermanuver karena radius putarnya hanya 5,2 meter.

toyota all new vios

Toyota Vios telah dilengkapi Dual Airbags, sensor dan kamera parkir, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) pada semua variannya. Khusus varian CVT TSS ditambahkan dengan Traction Control (TC) untuk membantu safety driving di jalan.

Baca juga: Persiapkan Dari Sekarang, Cek Yuk Rekomendasi Mobil Buat Perjalanan Mudik

Ditambah kapasitas bagasi seluas 475 liter dijamin membuat perjalanan mudik dengan mobil penumpang ini semakin nyaman dan menyenangkan.

Miliki deretan mobil 5 penumpang nyaman ini melalui SEVA. Gunakan fitur Loan Calculator untuk mendapatkan perhitungan cicilan paling terjangkau. Beli mobilnya dengan manfaatkan fitur Instant Approval untuk persetujuan kredit paling cepat dalam hitungan menit.

Tunggu apalagi? Ayo beli mobil penumpang secara #JelasDariAwal agar perjalanan mudik nyaman dan aman.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.