Search Cars

Tips & Rekomendasi

Sejarah Airbag Mobil Beserta Fakta-faktanya

Sejarah airbag mobil sebenarnya sudah ditemukan sejak tahun 1950-an. Apa saja fakta-fakta dibalik penggunaan fitur keselamatan ini ya?

sejarah airbag

Sejarah airbag mobil menjadi hal yang penting untuk diketahui karena ini merupakan salah satu fitur keselamatan penting di dalam mobil modern. Airbag merupakan kantung udara yang akan mengembang atau mengempis secara cepat dan otomatis saat terjadi kecelakaan atau benturan. 

Posisi airbag di dalam mobil sendiri biasanya terdapat di beberapa bagian, seperti dashboard  kursi pengemudi. Namun beberapa merek mobil juga menempatkan airbag di kursi penumpang yang membuat rasa aman tidak hanya bagi pengemudi saja. 

Baca juga: Berapa Sih Harga Airbag Mobil Bila Harus Diganti?

Nah, apakah kamu sudah tahu mengenai fakta dan sejarah airbag? Jika belum tahu, ini informasinya!

Sejarah airbag mobil dan faktanya

sejarah airbag

Selain sejarah airbag, tentu kamu juga harus memahami apa saja fungsinya pada mobil. Mengingat mobil-mobil yang sudah dilengkapi airbag tentunya akan lebih aman bagi pengendara maupun penumpang. 

Jika mobilmu sudah dilengkapi dengan airbag, perjalanan pun akan terasa lebih tenang. Mengingat fungsi-fungsi dari airbag sendiri yaitu:

Melindungi pengendara mobil

sejarah airbag

Selain mengetahui sejarah airbag, penting juga mengetahui fungsinya bagi pengendara. Pengendara memiliki peran yang penting ketika sedang menjalankan mobil karena bertugas untuk menentukan laju kecepatan serta arah dari mobil itu sendiri. 

Baca juga: Cara Paling Efektif Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Mengingat posisinya yang ada di depan, jika terjadi kecelakaan tentunya pengendara memiliki risiko untuk mengalami cedera yang sangat parah. Dengan adanya airbag maka risiko cedera tersebut bisa dihindari. 

Ketika sensor pada airbag mendeteksi adanya tabrakan atau benturan keras pada mobil, maka airbag akan langsung mengembang dengan sendirinya dan akan melindungi bagian tubuh serta kepala pengendara dari benturan yang terjadi. 

Memberikan perlindungan untuk penumpang

perlindungan penumpang

Memang tidak semua mobil memiliki airbag pada bagian tempat duduk penumpang. Namun, beberapa mobil ada yang sudah dilengkapi dengan 6 buah airbag pada setiap kursi penumpang sehingga meskipun terjadi kecelakaan penumpang juga bisa terhindar dari risiko cedera berat. 

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Mesin 3 Silinder di Mobil Masa Kini

Sama dengan airbag yang ada di bagian kursi pengendara mobil, airbag yang terdapat di kursi penumpang juga akan mengembang dan melindungi bagian-bagian vital pada tubuh penumpang jika ada pertanda kecelakaan atau benturan. 

Cara kerja airbag 

cara kerja

Untuk cara kerja airbag, akan ada sensor yang biasanya dipasang di sekitar headlamp bagian depan mobil. Kemudian ada juga sensor kedua yang terpasang di bagian bawah lantai mobil atau di dalam kabin mobil

Sensor-sensor tersebut nantinya akan memberikan sinyal kepada unit inflator pada airbag untuk mengembang. Begitu airbag mengembang, penutup pada dashboard dan kursi mobil akan terbuka yang akhirnya membuat airbag keluar. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mematikan AC Mobil Bisa Bikin Irit BBM?

Pada saat airbag sudah mengenai kepala atau tubuh pengendara mobil atau penumpang, airbag akan mengempis secara perlahan melalui lubang ventilasi yang berada pada kedua sisi airbag. 

Sebagai informasi, seluruh proses tersebut yaitu mulai dari penyaluran sinyal sensor hingga airbag yang mengembang dan mengempis, umumnya butuh waktu sekitar 100 milidetik atau setara dengan kedipan mata. 

Jadi, sangat cepat bukan prosesnya? Untuk itu, pastikan pilih mobil yang memang sudah dilengkapi dengan airbag ya!

Baca juga: Cicilan Mobil Terjangkau, Bagaimana Cara Hitungnya?

Namun jangan lupa untuk tetap berkendara secara hati-hati meskipun mobil sudah dilengkapi dengan airbag baik pada sisi pengemudi maupun penumpang!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.