Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jangan Panik, Lakukan Penyelamatan Ini Bila Mobil Terguling

Kondisi mobil terguling sebenarnya jadi hal yang menakutkan dan seringkali berakibat fatal. Ini cara selamatkan diri yang benar.

mobil terguling

Jika kalian adalah pengemudi yang paling aman dan paling siap di dunia, kalian masih bisa menghadapi situasi yang menakutkan seperti mobil terguling.

Lalu bagaimana kalian bereaksi saat itu terjadi?

Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tapi coba kalian putar roda mobil ke arah yang sama dengan kemiringan kendaraan kalian.

Lalu, tetap tenang dan jangan melakukan gerakan tersentak-sentak atau terlalu mengoreksi mobil. Karena hal itu mungkin akan membuat mobil miring terlalu jauh ke arah lain.

Jika semuanya berjalan dengan baik, kendaraan kalian akan balik dengan sendirinya.

Baca juga: Perbedaan Fitur Keselamatan Aktif dan Pasif di Mobil

Tapi jika mobil kalian akhirnya terguling, hal pertama dan penting adalah tunggu. Kalian tunggu sampai kendaraan benar-benar berhenti, sebelum mencoba bergerak.

Lalu lepaskan sabuk pengaman dan pelan-pelan keluar dari mobil yang terguling tersebut. Perhatikan kondisi lalu lintas saat kalian keluar dari mobil yah.

Kondisi mobil terguling sebenarnya jadi hal yang menakutkan dan seringkali berakibat fatal. Dengan mengingat hal ini, luangkan waktu kalian untuk memeriksa mobil dengan baik.

Kenali kerusakan mobil, dan praktikkan kebiasaan yang aman dalam berkendara, karena hidupmu mungkin bergantung pada itu.

Penyebab mobil terguling

mobil terguling

Lalu tidak hanya fator manusia saja. Ada juga faktor eksternal yang membuat suatu mobil jadi terguling. Jaid bagaimana sih kecelakaan mobil terguling itu bisa terjadi dan apa penyebabnya?

Kecelakaan mobil terguling terjadi, ketika kendaraan (misalnya mobil, truk atau trailer) terguling ke samping atau atapnya (dan bahkan mungkin terguling lebih jauh ke belakang ke rodanya).

Suatu peristiwa terguling itu terjadi, ketika cengkeraman roda di permukaan lebih besar dari momentum pusat gravitasi. Ada beberapa kondisi jalan yang membuat suatu mobil terguling.

Jalan Melengkung

Jalan Melengkung

Kemiringan jalan. Jalan yang kondisinya miring dan mengarahkan kendaraan ke arah luar tikungan, bisa mengubah pusat gravitasi dan meningkatkan kemungkinan terguling. Kondisi ini bisa terjadi meskipun pada kecepatan yang sangat rendah (5km/jam)

Gundukan Jalan

Gundukan yang ada di jalan bisa mengangkat roda bagian dalam, yang akhirnya mampu melemparkan pusat gravitasi lebih jauh ke arah luar kurva. Hal itu membuat celaka dan terbalik.

Jalanan Licin

Jika kendaraan menabrak bidang licin dan meluncur, tetapi kemudian tiba-tiba mendapatkan kembali cengkeramannya. Ini dapat menyebabkan pusat gravitasi mobil bergerak terlalu jauh ke samping.

Ini secara efektif menimbulkan suatu kendaraan terguling. Jalan yang licin bisa diakibatkan dari hamburan pasir atau kerikil yang tumpah di jalan.

Jalan yang terkena angin kencang

mobil terguling

Jalanan datar, jembatan, dan jalan pesisir semuanya bisa saja terkena angin kencang se waktu-waktu tertentu. Apalagi disekitarnya tidak ada yang dapat memecah angin, seperti bangunan besar, hutan, dan bukit.

Saat kendaraan terterpa angin besar, maka mobil akan dihantam oleh hembusan angin yang tiba-tiba yang dapat membuatnya tidak seimbang.

Baca juga: Bahaya, Jangan Langsung Injak Rem Saat Ban Mobil Tiba-Tiba Pecah

Ini sangat berbahaya jika angin datang dari arah tikungan karena kendaraan bisa berputar, karena pusat gravitasi mobil mengarah ke luar tikungan.

Kerusakan badan akibat kecelakaan mobil terguling

cidera kecelakaan

Meskipun tabrakan atau mobil terguling tidak selalu menyebabkan cedera tubuh yang serius, tapi jutsru potensi celaka pada badan jauh lebih tinggi.

Dalam beberapa kasus, ketika pengemudi atau penumpang tidak mengenakan sabuk pengaman, seseorang dapat terpental dari kendaraan melalui pintu atau jendela.

Apabila ada komponen yang lepas di dalam mobil, dan kekuatan benturan itu sendiri, bisa buat orang-orang di dalam mobil dapat mengalami cedera, seperti:

  • Cedera otak traumatis
  • Cedera leher atau tulang belakang
  • Patah tulang
  • Kehilangan anggota badan
  • Cacat permanen

Dengan fitur keselamatan modern, efek pada tubuh manusia dapat dikurangi jika airbag mengembang, sebagaimana mestinya dalam kecelakaan sebesar ini. Jadi kalian hati-hati yah dalam berkendara!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.