Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Paling Efektif Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Kaca mobil berembun di musim hujan dapat membahayakan pengendara. Padahal ada cara mudah untuk menghindari hal itu, sudah tahu?

kaca mobil berembun

Kaca mobil berembun saat dipakai berkendara di musim hujan, bisa saja terjadi. Penyebab utamanya adalah perbedaan suhu di dalam kabin dan di luar mobil. 

Umumnya kaca mobil berembun terjadi pada mobil-mobil yang menggunakan AC saat berkendara di musim hujan. Pengaturan suhu di dalam kabin yang terlalu dingin dapat membuat timbulnya embun pada kaca bagian luar.

Kaca mobil berembun juga bisa terjadi pada mobil yang tidak menyalakan AC saat hujan. Embun terjadi karena suhu di dalam kabin lebih panas daripada di luar yang lebih dingin akibat hujan. Bedanya, embun atau uap air menempel pada kaca bagian dalam kabin.

Kaca mobil bebas embun

kaca mobil berembun

Cara menghilangkan embun di kaca mobil cukup mudah. Jika embun di kaca bagian dalam kabin, pengemudi tinggal menyalakan AC agar suhu kabin menjadi sejuk. 

Sedangkan bila di luar, kamu bisa hilangkan embun bisa dengan membuka kaca jendela agar suhu kabin lebih stabil. 

Baca juga: Tips Aman Lewati Kabut dan Asap Saat Mengemudi

Bagi mobil yang mengalami embun pada kaca bagian luar, gunakan saja wiper untuk menghalaunya. Namun jika embun terjadi pada kaca jendela samping pengemudi, turunkan kaca jendela dan naikan kembali. 

Kondisi kaca mobil berembun akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan. Pengemudi jadi tidak dapat melihat objek di depan dengan jelas, atau kehilangan kemampuan memperkirakan jarak aman dengan kendaraan di sekitarnya.

Cegah kaca mobil berembun

kaca mobil berembun

Sebenarnya ada cara menghilangkan embun di kaca mobil dengan sederhana. Cara tersebut adalah dengan mengoleskan pasta gigi atau sampo mint ke kaca bagian dalam. Diamkan beberapa menit dan setelah itu usap keringkan dengan kain bersih.

Baca juga: Kabin Mobil Bocor Saat Hujan, Cek Yuk Titik Penyebabnya!

Dengan cara tersebut dijamin embun tidak akan timbul pada kaca mobil. Mengapa demikian? Kandungan dalam bahan itu diketahui membuat suhu permukaan kaca lebih stabil sehingga dapat mencegah terjadinya embun. 

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan krim bercukur. Semprotkan pada lap bersih kemudian usap merata ke seluruh bagian kaca bagian dalam. Krim ini akan memberi lapisan lembab yang mencegah embun jika terjadi perbedaan suhu yang drastis.

Selain itu, ada hal lain yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan embun di kaca mobil. Apa saja hal tersebut?

Defogger kaca mobil

defogger kaca belakang

Pada mobil-mobil sekarang tersedia fitur defogger atau penghilang kabut dan uap air dari kaca mobil. Fitur ini akan membuat kaca mobil bebas embun meski suhu di dalam kabin lebih rendah daripada di luar kabin.

Baca juga: Jalan Tol Sering Banjir, Waspada Bahaya Aquaplaning

Defogger terbagi dua, yaitu pada kaca depan dan belakang mobil. Pada kaca belakang akan bekerja dengan cara mengalirkan listrik berarus kecil sehingga membuat permukaan kaca menjadi lebih hangat. 

Fitur defogger pada bagian kaca depan tidak mengalirkan arus listrik, namun menggunakan sirkulasi udara ke arah kaca, ini akan membuat uap air tidak menempel di kaca mobil.

Sirkulasi udara

ac mobil bocor

Langkah kedua yang dapat dilakukan untuk mengatasi kaca mobil berembun adalah mengatur sirkulasi atau perputaran udara di dalam kabin. 

Baca juga: Musim Hujan Datang, Cek Kaki-kaki Mobil Yuk!

Pada tombol AC biasanya terdapat ikon tempat duduk dengan garis panah. Pilih gambar tanda panah berputar sebagai tanda aliran udara merata di kabin.

Setelah diaktifkan, sistem pendingin udara akan memutar udara di dalam kabin tanpa menurunkan suhu idealnya. Cara ini membuat suhu kaca bagian dalam akan stabil sehingga uap air atau embun tidak muncul.

Cairan anti kabut

kaca mobil berembun

Saat ini banyak dijual cairan anti kabut yang praktis. Cukup dengan menyemprotkan cairan itu pada kaca bagian luar mobil sebelum berkendara kemudian diamkan beberapa menit. 

Baca juga: Kaca Mobil Pecah, Berapa Biaya Gantinya?

Harga cairan ini di toko online cukup terjangkau. Kemasan botol plastik semprot isi 150 mililiter dijual Rp 50 ribuan. 

Cukup mudah kan mengatasi kaca mobil berembun di saat hujan? Tinggal pilih mana yang paling praktis. Ingat selalu untuk berkendara dengan aman di musim hujan. Jika kaca mobil berembun terasa mengganggu, segera menepi dan nyalakan lampu hazard.

Kamu dapat menunggu hujan reda sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Jangan memaksa berkendara jika pandangan terhalang oleh embun, kabut atau ketika wiper mobil mengalami kerusakan.  

Jadi, jangan lupa untuk merawat mobil secara berkala ya terutama di musim hujan dengan mengecek komponen seperti bagian kaki-kaki, sistem kelistrikan hingga kondisi ban. 

Dengan kondisi mobil yang prima perjalanan akan menjadi lebih nyaman dan aman, lho!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.