Search Cars

Tips & Rekomendasi

Pentingnya Defogger Kaca Belakang Mobil di Musim Hujan

Defogger kaca belakang mobil memiliki manfaat yang cukup penting, terutama ketika memasuki musim hujan. Apa saja kegunaannya?

defogger kaca belakang

Fungsi defogger kaca belakang pada mobil menjadi fitur yang sangat berguna bagi pengemudi, terutama ketika sedang berkendara di musim hujan. Fitur ini memiliki bentuk garis-garis lurus pada bagian kaca belakang mobil. 

Sebagai informasi, defogger ini merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk menghilangkan tetesan air, embun atau es pada kondisi bersalju dari kaca mobil. Letaknya ada di kaca depan utama dan kaca belakang. 

Dengan adanya defogger, kaca belakang mobil bisa terhindar dari air atau embun yang bisa mengganggu penglihatan pengemudi. Perangkat ini juga sering disebut dengan defroster atau demister. 

Baca juga: Fitur Unggulan Toyota Rush GR Sport, Keren!

Lalu, bagaimana cara mengaktifkannya?

cara mengaktifkan

Cara mengaktifkan

Untuk mengaktifkan defogger kaca belakang, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Cara yang paling umum untuk mengaktifkannya adalah dengan menekan tombol logo berbentuk embun yang biasanya ada di sekitar kemudi mobil. 

Saat tombol defogger dinyalakan, panas akan mulai mengalir ke garis-garis yang ada di kaca belakang mobil tersebut. Garis-garis itu bukanlah hiasan, tetapi merupakan defroster elektrik yang mengandung listrik. 

Meskipun memiliki fungsi penting, ada baiknya tidak menggunakan defogger secara terus menerus terutama pada saat kondisi cuaca yang panas, karena menyalakan secara terus menerus justru bisa membuat kaca mobil menjadi retak. 

Baca juga: Alasan Mobil di Indonesia Setir Kanan, Ini Sejarahnya

Selain itu, penggunaan defogger secara terus menerus bisa membuat aki mobil cepat habis karena menggunakan arus listrik yang cukup besar selama dinyalakan. 

cara merawat

Cara merawat defogger 

Agar fitur defogger pada mobil bisa bertahan lama dan awet, sebaiknya melakukan beberapa perawatan. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan: 

  • Cek kondisi ketika akan menyalakan dan mematikan defogger. Sebaiknya tidak menyalakannya ketika hujan baru saja turun karena tidak akan berfungsi secara optimal. 
  • Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi soket serta konektor secara berkala. Pada defogger terdapat timah konektor yang jika rusak, tentunya perangkat ini tidak akan berfungsi secara maksimal juga. 
  • Selalu melakukan pembersihan secara rutin, yaitu dengan mengelap defogger. Gunakan kain dengan permukaan yang halus sehingga tidak ada kotoran yang mengendap atau mengering. 
jenis defogger

Jenis-jenis defogger

Terdapat 2 jenis defogger yaitu pada kaca depan dan belakang dengan fungsi dan kebutuhan yang berbeda, tergantung situasi dan kondisi. Penjelasan lebih lengkapnya adalah: 

Defogger kaca belakang 

Jenis pertama yaitu defogger kaca belakang, pada umumnya berbentuk garis-garis berwarna oranye yang terbuat dari bahan tembaga. Ketika diaktifkan, tembaga akan mulai memanas dan embun-embun yang terbentuk pada kaca akan menguap dan menghilang. 

defogger

Defogger kaca depan

Selanjutnya adalah defogger yang ada pada kaca mobil bagian depan, yang menggunakan sistem ventilasi udara. Sistem ini berfungsi untuk menyalurkan udara dari AC melalui celah-celah dashboard atas yang letaknya menghadap ke kaca bagian depan. 

Baca juga: Jalan Tol Sering Banjir, Waspada Bahaya Aquaplaning

Pada nantinya, udara hangat yang dihasilkan tersebut akan dikeluarkan melalui ventilasi. Pada akhirnya, udara hangat itu akan berguna untuk menghilangkan embun yang ada di kaca mobil pada bagian depan. 

Nah, sudah tahu kan betapa pentingnya penggunaan defogger pada mobil? Jadi, kalau musim hujan jangan lupa untuk mengaktifkan fitur ini pada mobil ya untuk sensasi berkendara yang lebih aman!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.