Search Cars

Tips & Rekomendasi

Musim Hujan Datang, Cek Kaki-kaki Mobil Yuk!

Kaki-kaki mobil jadi komponen yang paling rentan saat masuk di musim penghujan. Mengapa demikian? Apa saja yang harus dicek?

kaki-kaki mobil

Bagian kaki-kaki mobil perlu dicek terutama saat masuk di musim penghujan. Seringnya mobil menerobos genangan membuat bagian kaki-kaki rawan kerusakan karena terkena air.

Ada fakta lain yang membuat pengecekan kaki-kaki mobil harus sering dilakukan. Kondisi jalanan berlubang yang digenangi air kerap tidak disadari pengemudi, akibatnya mobil menghantam lubang tanpa sempat menginjak rem.

Tentu saja keadaan tersebut membuat bagian kaki-kaki mobil terpengaruh, sehingga harus dilakukan pengecekan.

Baca juga: Pengertian Sparepart Mobil Fast Moving dan Slow Moving

Apa saja yang sebaiknya diperiksa? Sebelum itu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi komponen dari kaki-kaki mobil.

Komponen kaki-kaki mobil

fungsi ball joint

Istilah kaki-kaki mobil merujuk kepada komponen kendaraan di bagian bawah mobil yang berhubungan dengan roda. Rangkaian komponen ini menunjang kinerja mobil untuk dapat berjalan dengan baik.

Komponen ini terdiri dari beberapa bagian. Berikut bagian dari sistem kaki-kaki mobil yang harus kamu ketahui.

Baca juga: Sering Telat Ganti Kampas Rem Mobil, Apa Efeknya?

  • Roda.
  • Shockbreaker alias pegas peredam kejut.
  • Laher roda.
  • Long tie rod.
  • Rack end dan rack steer.
  • Ball joint.
  • Stabilizer dan link stabilizer.
  • Lower arm dan bushing arm.
  • Bearing.

Kerusakan pada komponen kaki kaki mobil tersebut bisa membuat kondisi tidak nyaman saat mobil dikendarai. Misalnya, terdengar bunyi kasar saat melewati jalan tidak rata dan roda kemudi yang sulit dikendalikan.

Untuk itu penting bagi pemilik kendaraan untuk memeriksa dan merawat bagian kaki-kaki mobil secara berkala.

Masa pakai terbatas

Komponen Mobil yang Berpotensi Rusak Setelah Menghantam Lubang

Seperti komponen lain, bagian ini punya usia pakai. Biasanya, kondisinya menurun setelah masa pakai 5 tahun. Namun kondisi kerusakan juga bisa diakibatkan mobil sering melindas jalan berlubang dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS di Mobil Masa Kini

Kerusakan juga bisa diakibatkan gaya mengemudi yang sering menginjak rem dengan mendadak, bermanuver ekstrim atau kebiasaan membawa beban melebihi kapasitas angkut.

Periksa kaki-kaki mobil

Jadi, apa saja yang harus diperiksa untuk mendeteksi kerusakan komponen kaki kaki mobil utamanya di musim penghujan?

Tie rod dan ball joint kaki-kaki mobil

kaki-kaki mobil

Pemeriksaan pertama kepada komponen karet-karet long tie rod, ball joint dan juga pada link stabilizer. Terpapar air dengan intensitas tinggi membuat ketiganya rentan alami kerusakan seperti sobek.

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Jika kondisi dibiarkan, air dapat masuk ke dalam komponen tersebut dan menyebabkan karat. Akibatnya, kerusakan akan semakin parah dan bisa merambat ke bagian lainnya. 

Harga komponen tie rod untuk Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia di toko online adalah Rp 150 ribu sepasang. Untuk ball joint harganya Rp 100 ribu per satuan.

Rack steer 

kaki-kaki mobil

Bagian ini dilengkapi dengan karet pelindung yang juga riskan sobek jika sering terpapar air atau masa pakai telah terlewati. Selain itu risiko karat juga mengintai jika ada bagiannya yang terkelupas dari cat pelindung karat.

Baca juga: Bikin Power Steering Mobil Rusak, Hindari 5 Kebiasaan Ini!

Umumnya bagian ini memiliki masa pakai 5 tahun. Jika mobil telah melewati masa tersebut, sebaiknya mulai persiapkan untuk mengganti dengan komponen yang baru.

Harga komponen ini untuk Daihatsu Granmax di toko online adalah Rp 1,3 juta sepasang. Untuk Daihatsu New Ayla dan Toyota New Agya Rp 1 juta.

Karet boot shockbreaker

shockbreaker mobil bocor

Komponen ini juga perlu mendapatkan pemeriksaan berkala, utamanya pada bagian karet pelindungnya. Bagian ini rentan rusak dan menjadi pintu masuk air serta kotoran.

Baca juga: Ciri Kampas Kopling Habis dan Akibat Bila Tidak Segera Diganti

JIka menemukan karet boot shockbreaker yang sobek halus, retak atau berlubang, segera lakukan penggantian dengan yang baru. 

Mengganti karet shockbreaker harus dilakukan secara menyeluruh, tidak bisa hanya karetnya saja. Sebagai informasi, harga shockbreaker Toyota New Calya dijual Rp 900 ribu sepasang dan untuk Toyota New Yaris Rp 1,5 juta.

Bearing roda

kaki-kaki mobil

Akibat sering menerabas jalan berlubang yang tergenang air, bagian bearing atau laher roda bisa cepat rusak. Untuk mengecek bagian ini, kamu bisa gunakan dongkrak pada salah satu ban yang ingin dicek.

Baca juga: Pentingnya Defogger Kaca Belakang Mobil di Musim Hujan

Setelah body terangkat, putarlah roda ke arah belakang dan kemudian pegang bagian shockbreaker. Jika laher telah rusak maka akan terasa getaran keras pada bagian tersebut.

Harga komponen ini untuk Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia di toko online sekitar Rp 250 ribu. Sementara untuk Daihatsu New Ayla Rp 150 ribu dan Daihatsu Sigra Rp 250 ribu. Harga tersebut untuk satu buah laher saja.

Harga-harga tersebut hanya berlaku untuk komponennya saja. Belum termasuk ongkos kerja yang bisa berkisar Rp 200-600 ribuan tergantung merek mobil dan tingkat kesulitan.  

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Memasuki musim hujan, agar komponen kaki-kaki mobil menjadi awet, sebaiknya berkendara dengan perlahan. Hindari jalanan yang tergenang air dengan ketinggian di atas 20 centimeter. 

Dengan demikian kamu bisa menjaga komponen kaki kaki mobil lebih awet dan terhindar dari risiko kerusakan. Utamakan selalu keselamatan dan kenyamanan di jalan selama berkendara ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.