Search Cars

Baru

Toyota Sienta Tertusuk Besi, Pentingnya Pengemudi Waspada di Jalan

Ini tips agar mobilmu terhindar dari potensi tertimpa besi selama berkendara, seperti yang dialami Toyota Sienta yang viral ini.

Toyota Sienta

Baru-baru ini beredar sebuah video di media sosial tentang Toyota Sienta yang tertusuk besi di bagian kaca mobil belakang. Loh, kok bisa? Begini kronologi kejadiannya, berikut tips agar kamu waspada dan terhindar dari potensi kecelakaan ini selama berkendara. 

“Asli ngeri banget ini t3mbu5 sampe kedalem lewat kaca belakang mobil. Kakaknya shock banget pasti itu,” tulis akun Instagram @indocarstuff, (27/11).

Pada video yang kemudian viral ini terekam sebuah Toyota Sienta berwarna putih tertusuk besi pada bagian belakangnya. Besi-besi tersebut menembus kaca mobil belakangnya. 

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Sienta 2023

Tampak jelas Toyota Sienta berwarna putih sedang berhenti di lajur kanan, dan di belakangnya ada sebuah mobil pick up berwarna hitam yang mengangkut puluhan batang besi. 

Kronologi viral Toyota Sienta tertancap besi

kredit mobil toyota

Sebagian besi menusuk Toyota Sienta yang ujung-ujungnya sampai melewati kursi baris ketiga. Sementara sebagian lagi berjatuhan di sisi kiri Toyota Sienta dan berserakan sampai ke lajur tengah. 

Seorang perempuan mengenakan dress coklat yang diduga pengemudi Toyota Sienta terlihat sudah berada di luar dan sedang berbicara dengan sopir pick up.  

Baca juga: Ada Banyak Indikator di Speedometer Mobil, Ini Penjelasan Ridwan Hanif

Beberapa warganet mengomentari, peristiwa pada video itu mirip dengan adegan yang ada di film “Final Destination” yang disutradarai James Wong.       

Sejauh ini belum diketahui bagaimana kronologi insiden dari video viral yang diunggah @indocarstuff tersebut. Tapi diduga peristiwa dalam video viral ini terjadi di dalam jalan tol

Beruntung penumpang yang berada di dalamnya –tidak diketahui berapa jumlahnya– masih selamat dan tidak ada yang cedera.

Kejadian yang sama juga pernah terjadi di tahun 2019, di lintasan proyek tol wilayah Citra Grand arah Cileungsi. Dan korbannya sama-sama mobil Toyota Sienta. Bedanya besi jatuh tepat di depan Toyota Sienta dan menancap hampir tegak lurus di kaca mobil depan. 

Baca juga: 12 Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas dari Laporan Pusiknas Polri

Menyoal kejadian seperti ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, memang sangat sulit bagi orang awam mendeteksi potensi kecelakaan seperti yang terjadi di atas.

Pentingnya selalu waspada

so kool driving

“Ada mobil mengangkut pipa-pipa besi, risiko paling bahaya adalah kalau mengerem, maka muatannya akan terlempar ke depan,” ujar Sony seperti melansir dari Kompas.com, (29/11). 

Ini tips dari Sony agar kamu terhindar dari kecelakaan kendaraan tertusuk besi di jalan. 

Baca juga: Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas

Pertama, selalu waspada dengan memerhatikan situasi di sekitar jalan. Jika kamu melihat di dekatmu ada kendaraan yang membawa muatan besar atau besi (seperti kasus di atas), sebaiknya segera menjauhi kendaraan tersebut. “Jangan merasa aman saja,” kata Sony.

Meski kamu melihat besi-besi tersebut terikat, tetap jangan menanggapinya dengan santai, karena tidak ada jaminan juga apakah besi-besinya terikat dengan kuat. 

Seperti kata Sony, rata-rata (sopir) angkutan seperti itu seringkali mengikat barangnya tidak ada yang benar. Jadi Sony menyarankan, agar kamu melakukan tindakan preventif dengan menghindar.

Baca juga: Kecelakaan Tol Cipali Jadi yang Tertinggi di Dunia, Apa Sebabnya?

“Kalau mengantisipasi dengan mengandalkan reaktif, kemungkinan selamatnya kecil. Tapi, kalau melakukan tindakan preventif dengan cara segera menghindar sebelum kejadian itu lebih baik,” katanya lagi.

jalan berlubang

Kedua, sebisa mungkin menghindari jalan yang sedang ada proyek pembangunan jalan atau gedung. Pihak proyek mungkin akan memasang pembatas jalan, tapi masih banyak pembatas jalan proyek yang tidak memenuhi syarat. Jadi, kalau masih mungkin dihindari, hindari saja jalan tersebut. 

Ketiga, perhatikan kecepatan kendaraan. Ada beberapa pembatas jalan yang permukaannya terbuat dari aluminium. Pada permukaan seperti ini jangan menggunakan kecepatan tinggi bisa berdampak alumunium terangkat cepat dan menusuk bagian bawah mobil. 

Baca juga: Asuransi Jalan Tol Bila Mengalami Kecelakaan dan Cara Klaimnya

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat berkendara agar terhindari dari potensi kecelakaan mobil tertusuk besi. Tetap waspada, ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.