Search Cars

Editor's Pick

Kecelakaan Tol Cipali Jadi yang Tertinggi di Dunia, Apa Sebabnya?

Angka kecelakaan tol Cipali disebut menjadi yang tertinggi di seluruh dunia. Mengapa bisa demikian mengerikan? Ini faktanya.

kecelakaan tol cipali

Kecelakaan tol Cipali disebut memiliki angka paling tinggi di seluruh dunia. Hal ini disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hendro Sugiatno.

Jalan tol Cipali atau disingkat dari Cikopo-Palimanan memiliki panjang 116 kilometer, menghubungan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon. Seringnya kecelakaan di jalan tol Cipali disebut rata-rata merenggut satu korban jiwa per kilometer.  

“Kecelakaan di jalan tol itu terus meningkat. Jalan tol Cipali adalah jalan tol yang nomor satu di dunia menjadi jalan tol yang fatalitas kecelakaannya paling tinggi, itu ada hitung-hitungannya,” kata Hendro dikutip Detik.com.

Sejarah tol Cipali

kecelakaan tol cipali

Tol Cipali diresmikan pada 13 Juni 2015 dengan PT Lintas Marga Sedaya sebagai pemegang konsesi (Cipali) di Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Mengenal Golongan Kendaraan di Tol dan Tarifnya

Jalan tol dengan panjang 116,5 kilometer ini membentang dari daerah Cikopo di KM 72 sampai dengan Palimanan di KM 188. Ruasnya melewati lima kabupaten yakni Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan berakhir di Kabupaten Cirebon.

Terdapat enam gerbang tol yakni gerbang tol Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Sumberjaya, dan Palimanan. Total jumlah gardu mencapai 44 unit, ditambah enam interchange dan 99 unit jembatan.

Jalan bebas hambatan ini juga dilengkapi dengan 47 kamera pantau (CCTV), 12 unit kendaraan patroli, 12 unit mobil derek, dan 12 unit kendaraan rescue

Baca juga: Tips Menyalip Truk dan Kendaraan Besar yang Aman

Dikutip dari Kompas, sepanjang periode tahun 2019 hingga 2021 telah terjadi 1.000 kasus kecelakaan lalu lintas di ruas Tol Cipali dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 223 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 862 atau 86,1 persen penyebab kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia, seperti kurang antisipasi, mengantuk, dan berkendara melebihi batas kecepatan.

Sementara penyebab kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pecah ban sebanyak 127 kasus, dan gangguan roda sebanyak tujuh kasus atau total 13,6 persen.

Faktor utama kecelakaan tol Cipali 

tips aman berkendara

Menurut Ahmad Wildan, Investigator Senior dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), kondisi jalan tol Cipali yang cenderung lurus dan nyaman bisa membuat pengemudi terlena dan kehilangan konsentrasi.

Baca juga: Kenali Ciri Rem Truk Blong untuk Cegah Kecelakaan

Ditambah dengan kondisi tubuh yang lelah saat mengemudi jarak jauh semakin memperburuk keadaan sehingga dapat menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas fatal di sana.

rest area tol

Untuk itu Wildan menyarankan pengemudi yang bepergian jarak jauh untuk memanfaatkan rest area sebagai tempat beristirahat agar terhindar dari kecelakaan di jalan tol.

Jalan tol Cipali dilengkapi banyak tempat beristirahat, baik bertipe A atau besar, tipe B berukuran sedang sampai tipe C berukuran kecil. Selain itu, ruas tol yang diresmikan tahun 2015 ini juga punya area parking bay atau tempat khusus parkir dengan fasilitas toilet.

Baca juga: Jangan Paksakan Diri Mengemudi, Nih Daftar Rest Area Tol Cipali

Catat ya, parking bay ruas tol Cipali arah ke Jakarta tersedia di KM 155, sementara yang mengarah ke Cirebon dapat kamu jumpai di KM 153. Jangan paksakan diri mengemudi jika mengantuk dan kelelahan, gunakan lokasi-lokasi tersebut untuk beristirahat.

Tips berkendara nyaman dan aman

defensive driving

Meningkatnya arus lalu lintas di jalan tol Cipali utamanya saat libur Nataru akan membuat risiko kecelakaan juga meningkat. Agar dapat meminimalisir risiko tersebut, ikuti beberapa tips sebelum berkendara jarak jauh.

  • Jaga kesehatan dengan cukup tidur, makan dan konsumsi air putih sebelum berkendara. Hindari makan saat sedang mengemudi karena dapat ganggu konsentrasi.
  • Periksa kondisi kendaraan utamanya adalah alur tapak ban, oli mesin, air radiator serta kondisi mesin. Jika ada masalah, segera perbaiki ke bengkel resmi. 
  • Batasi muatan kendaraan. Jangan membawa beban melebihi dimensi dan kemampuan kendaraan.
  • Berkendaralah dengan waspada, patuhi rambu dan markah jalan tol.
  • Peganglah prinsip defensive driving selama mengemudi, utamakan keselamatan diri dan sesama pemakai jalan.

Baca juga: Kabin Mobil Bocor Saat Hujan, Cek Yuk Titik Penyebabnya!

Selain tips tersebut, di saat musim hujan maka genangan air di jalan tol juga harus diwaspadai. Hindari melindas area tergenang dengan kecepatan tinggi karena berpotensi terkena risiko aquaplaning.

Ingat ya, sebaiknya kamu juga mengikuti asuransi jiwa dan kendaraan, demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat berkendara dengan aman dan nyaman.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.