Search Cars

Review Otomotif

Komparasi Kendaraan Elektrifikasi Toyota Innova Zenix dan Toyota bZ4X

Toyota Innova Zenix dan Toyota bZ4X merupakan kendaraan elektrifikasi yang baru diluncurkan. Bagaimana komparasi keduanya?

toyota innova zenix

Toyota Innova Zenix dan Toyota bZ4X menjadi kendaraan elektrifikasi dari Toyota yang baru-baru ini diluncurkan. Kedua mobil ini memiliki keunggulan tersendiri yang membuat banyak orang tertarik ingin memilikinya. 

Sebagai mobil listrik pertama dari pabrikan otomotif asal Jepang ini, Toyota bZ4X hadir dengan berbagai teknologi yang canggih serta modern. Meskipun belum menggunakan full listrik, Toyota All New Kijang Innova Zenix pun tidak kalah canggih serta modern. 

Bahkan, Toyota Innova Zenix menjadi mobil hybrid pertama dari Toyota Indonesia yang diproduksi langsung di pabrik Karawang. 

Komparasi Toyota Innova Zenix dan Toyota bZ4X

Lantas, bagaimana komparasi antara Toyota Innova Zenix dan Toyota bZ4X? Apa saja teknologi-teknologi canggih yang diusung kedua mobil ini?

Eksterior

Toyota Innova Zenix mengalami perubahan yang total dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Meskipun memang pada bagian lampu depannya masih sedikit mirip dengan Toyota Innova generasi sebelumnya tapi lebih membulat dan terlihat lebih gagah. 

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Selain itu, kendaraan elektrifikasi dari Toyota yang satu ini juga sudah menggunakan LED headlamp yang disematkan pada seluruh variannya. 

Pada varian hybrid sudah menggunakan velg alloy wheel berukuran 18 inci, sedangkan untuk varian bensin menggunakan velg yang sama berukuran 16 inci. 

Sedangkan pada Toyota bZ4X, bentuknya bisa dibilang memiliki kemiripan dengan Subaru Solterra yang dilengkapi dengan ban yang cukup mumpuni yaitu dengan ukuran 18 inci. 

Pada bagian samping, terdapat kamera 360 derajat yang memudahkan pengemudi saat berkendara atau parkir. Di area depan, terlihat ada side square serta roof rail

Baca juga: Standar Emisi Euro 4 Mulai Berlaku, Apa Bedanya?

Kedua hal tersebut semakin mempertegas tampilan sebuah crossover yang bisa diandalkan untuk segala kondisi jalanan. Salah satu pembeda yang menandakan Toyota bZ4X merupakan mobil listrik terdapat pada logo atau emblem. 

Pada mobil-mobil hybrid sebelumnya, logo Toyota yang digunakan berwarna biru tetapi untuk mobil listrik kali ini logo Toyota tetap berwarna hitam. Perbedaan terlihat pada emblem nama mobil, yaitu bZ yang diberi warna biru yang menandakan bahwa itu merupakan mobil listrik. 

Interior

Dari segi interior, mobil hybrid terbaru ini lebih mengutamakan rasa nyaman dari baris pertama sampai baris ketiga. Bahkan bisa dibilang bagian row kedua dan ketiga mobil ini hadir dengan kabin yang lebih lega. 

Baca juga: Cara Menentukan dan Menghitung DP Mobil Sesuai Budget

Pada bagian jok mobil, didominasi warna hitam dengan bahan kulit yang menambah kesan mewah dan nyaman pada setiap baris. 

Kesan lapang juga dipertegas lagi dengan adanya New Panoramic Retractable Roof yang tersedia pada tipe Q dan V untuk varian hybrid. AC mobil ini juga terlihat lebih modern dengan tampilan digital serta adanya air purifier agar pengalaman berkendara lebih nyaman. 

Tidak jauh berbeda, interior Toyota bZ4X juga bisa dibilang cukup nyaman. Salah satunya pada bagian door trim yang sudah menggunakan soft touch serta penyangganya yang cukup landai sehingga pengemudi merasa nyaman ketika harus menyetir dengan satu tangan. 

Baca juga: Perbedaan SUV Ladder Frame dan Monocoque

Pada bagian jok mobil listrik pertama dari Toyota ini, sudah menggunakan bahan kulit yang berkelas dan cukup empuk. Hal ini membuat pengemudi atau penumpang tidak akan merasa kelelahan jika harus berjalan dengan jarak yang jauh.

Fitur

fitur toyota innova zenix

Kendaraan-kendaraan elektrifikasi ini juga sudah dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi yang canggih. Pada Toyota Innova Zenix varian Q dan V hybrid sudah memiliki New Panoramic Retractable Roof yang membuat kabin terasa lebih lega. 

Pada varian Q hybrid juga sudah dilengkapi dengan New Captain Seat with Ottoman, New 10 inci Head Unit with Smartphone Connectivity pada varian Q dan V hybrid, teknologi berbasis telematika T Intouch, hingga fitur Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Pada Toyota bZ4X, salah satu fitur yang bisa dibilang terbaru adalah fitur Advanced Park yang baru pertama kali dihadirkan pada mobil listrik di Indonesia.

Advanced Park atau autonomous parking feature ini dapat membantu pengemudi ketika akan melakukan parkir tanpa harus memegang setir sama sekali. Lalu ketika ada objek di belakangnya, mobil akan berhenti seketika. 

Dari fitur keselamatannya, kedua mobil ini sudah menggunakan fitur yang paling canggih. Kedua mobil ini sudah menggunakan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang sebelumnya sudah digunakan juga pada Toyota All New Voxy

Mesin 

mesin bZ4X

Pada varian mesin bensin, Toyota All New Kijang Innova Zenix ini menggunakan mesin TNGA berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine yang tentunya lebih powerful

Baca juga: Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada Saat Ini

Kapasitas mesin yang digunakan adalah 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 171 daya kuda pada 6.600 RPM dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 RPM. 

Sedangkan untuk mesin hybrid menggunakan mesin TNGA dengan kode M20A-FXS generasi kelima yang digunakan pada Toyota Prius terbaru. Mesin hybrid ini menghasilkan tenaga 149 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 RPM. 

Klaim dari Toyota, mesin hybrid ini sangat irit dengan konsumsi bahan bakar 20 kilometer per liter. Keunggulan lain dari penggunaan platform TNGA terbaru ini dapat merendahkan bagian Center of Gravity sehingga jadi menghasilkan bantingan yang nyaman tapi tetap stabil. 

Baca juga: Mobil Ground Clearance Tinggi, Ga Takut Mentok!

Sedangkan dari segi dapur pacunya, Toyota bZ4X menggunakan motor listrik yang cukup besar yaitu 71,4 kWh yg mampu. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 204 daya kuda dan torsi 266 Nm.

Dalam satu kali pengisian daya, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 500 kilometer. Mobil ini butuh waktu selama 30 menit untuk bisa mencapai daya 80 persen melalui sistem fast charging 150kW menggunakan sistem charging DC output CCS2.

Harga

spesifikasi bZ4X

Harga Toyota Innova Zenix sendiri berbeda, tergantung hari varian mesin bensin ataupun mesin hybrid. Berapa lengkapnya?

Mesin bensin

Mesin hybrid

Untuk harga Toyota bZ4X ini hanya satu saja, yaitu Rp1,19 miliar on the road (OTR) Jakarta.  Namun untuk mengetahui harga Toyota bZ4X dengan lebih pasti, bisa langsung cek aja di SEVA ya. 

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Innova Zenix Lengkap, Berapa Cicilannya?

Selain mengetahui harga Toyota bZ4X, pastikan juga untuk menggunakan berbagai fitur unggulan yang dihadirkan. 

Mulai dari fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Setelah menemukan mobil yang paling cocok untuk kamu, fitur Loan Calculator dapat memberikan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Kemudian ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas.

Beli mobil baru, ya di SEVA yang  #JelasDariAwal

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.