Search Cars

Berita Utama Otomotif

Review Toyota bZ4x, Tampilan Crossover dengan Mesin Full Listrik

Cek review Toyota bZ4X terlebih dulu yuk sebelum membeli mobil listrik yang satu ini. Bagaimana kira-kira sensasi mengendarainya?

review Toyota bZ4X

SEVA berkesempatan melakukan review Toyota bZ4X secara langsung. Crossover bertenaga listrik ini mendapatkan sambutan yang cukup positif dari masyarakat Indonesia yang memang sudah penasaran sejak diperkenalkan di acara GIIAS 2022 bulan Agustus lalu. 

bZ4X sendiri merupakan singkatan dari beyond zero yang menandakan mobil listrik dari Toyota. Untuk angka 4 nya memiliki arti bahwa mobil ini memiliki varian 4 wheel drive sedangkan X merupakan karakter ataupun penamaan dari crossover.  

Review Toyota bZ4X

bZ4X

Untuk mendapatkan referensi, baca review Toyota bZ4X berikut ini sebelum membelinya agar bisa mendapatkan gambaran dalam mengendarainya.  

Tampilan crossover 

Pada bagian eksterior Toyota bZ4X terlihat desain yang cukup menarik dengan LED yang cukup terang dan memiliki desain-desain garis yang cukup tegas. Sebagai sebuah crossover mobil ini juga dilengkapi dengan ban yang cukup proper yaitu dengan ukuran velg 18 inci. 

Baca juga: Kelebihan dan Fitur Toyota bZ4X yang Memudahkan Penggunanya

Kemudian pada bagian sampingnya terdapat kamera yang menandakan bahwa mobil ini sudah dilengkapi dengan kamera 360 derajat. Selain itu terdapat juga side square serta roof rail untuk mempertegas tampilan sebuah crossover yang bisa digunakan untuk segala kondisi jalanan. 

Eksterior Toyota bZ4X pada bagian belakang juga terlihat mewah dengan adanya bar LED yang mirip dengan model-model Lexus terbaru.

Penggunaan bahan kulit premium

interior bZ4X

Untuk interior Toyota bZ4X pada bagian door trim sudah menggunakan soft touch yang yang cukup nyaman. Bagian penyangganya juga sudah cukup landai sehingga cukup nyaman jika harus menyetir hanya dengan satu tangan. 

Baca juga: 5 Mobil LCGC Terlaris di Indonesia hingga November 2022

Kemudian pada bagian dashboard sudah menggunakan bahan tekstil yang bisa memberikan kesan premium. Interior Toyota bZ4X yang didominasi oleh kulit ini membuat tampilan mobil cukup berkelas dan jok nya juga cukup empuk jika harus digunakan untuk perjalanan jauh. 

Bergeser pada bagian kabin belakang, terdapat 2 cup holder yang terdapat di setiap bagian door trim. Serta terdapat armrest yang juga dilengkapi dengan 2 cup holder serta ruang penyimpanan untuk koin. 

Interior Toyota bZ4X juga terlihat lebih lapang dan lega dengan adanya panoramic sunroof. Panoramic sunroof ini ada 2 buah yang disematkan pada bagian kabin depan tetapi juga pada bagian belakang. 

Spesifikasi Toyota bZ4X

spesifikasi bZ4X

Dari segi spesifikasi Toyota bZ4X, menggunakan platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture). Platform ini selain memiliki bobot yang lebih ringan dan struktur yang lebih rigid, bisa mengakomodasi kapasitas baterai yang lebih besar. 

Baca juga: Deretan Mobil Toyota yang Mengaspal di Tahun 2022, Apa Saja?

Dengan begitu, pengalaman berkendara juga akan menjadi smooth sesuai dengan ciri khas mobil-mobil SUV premium. Ground clearance mobil ini juga tergolong tinggi yaitu 210 milimeter yang bisa diandalkan untuk jalanan di Indonesia. 

Mesin Toyota bZ4X

mesin bZ4X

Untuk mesin Toyota bZ4X sendiri menggunakan motor listrik yang cukup besar yaitu 71,4 kWh yg mampu. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 204 daya kuda dan torsi 266 Nm.

Dalam satu kali pengisian daya, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 500 kilometer. Mobil ini butuh waktu selama 30 menit untuk bisa mencapai daya 80 persen melalui sistem fast charging 150kW menggunakan sistem charging DC output CCS2.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Irit BBM Biar Gak Menguras Kantong

Sedangkan pengisian penuh menggunakan AC output dengan suplai 230V/32A akan memakan waktu 9-10 jam. 

Fitur Toyota bZ4X

fitur bZ4X

Mengenai fitur Toyota bZ4X sendiri, tentunya ada banyak kecanggihan yang ditawarkan. Salah satunya adalah fitur Advanced Park yang baru pertama kali dihadirkan pada mobil listrik yang ada di Indonesia.

Advanced Park atau autonomous parking feature ini dapat membantu pengemudi ketika akan melakukan parkir paralel atau parkir tanpa harus memegang setir sama sekali. Lalu ketika ada objek di belakangnya, mobil akan berhenti seketika. 

Baca juga: Tembus 4.000 unit, Benarkah Inden Innova Zenix hingga 2023?

Untuk mengaktifkan fitur ini juga sangat mudah, hanya tinggal menyentuh tombol Advanced Park yang tertera di layar sentuh berukuran 12,3 inci pada mobil. Setelah itu, secara otomatis mobil ini akan langsung mencari ruang atau tempat parkir yang aman.

Harga Toyota bZ4X

harga bZ4X

Harga Toyota bZ4X yang baru beberapa waktu lalu diluncurkan adalah Rp1,19 miliar on the road (OTR) Jakarta. 

Sebagai perbandingan, beberapa mobil listrik yang saat ini sudah dijual di Indonesia ada BMW i4 seharga Rp2,06 miliar, BMW iX Rp2,33 miliar, Lexus UX 300e Rp 1,4 miliar, dan MINI Electric Rp1,05 miliar yang berada di kisaran Rp1-2 miliar. 

Sensasi berkendara secara langsung 

test drive bZ4X

Untuk mengetahui sensasi berkendara secara langsung, Andre Prasetyo yang berprofesi sebagai pengusaha membagikan ceritanya. “Impresi pertama pada saat melihat mobil ini cukup mewah dan ternyata setelah masuk ke bagian dalam jok nya cukup nyaman,” ujarnya. 

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Innova Zenix Lengkap, Berapa Cicilannya?

“Pada saat mengendarai mobilnya secara langsung, terasa sangat senyap karena sudah tidak ada suara mesin seperti pada mobil-mobil konvensional. Suspensi mobil ini juga cukup nyaman dan tidak perlu diragukan lagi,” jelas Andre. 

Ada juga Dhana Irawan yang berprofesi sebagai karyawan swasta menceritakan pengalaman yang dirasakan ketika mengendarai Toyota bZ4X secara langsung. “Mobil ini dari tampilannya memang terlihat berkelas ya dan ketika dikendarai juga tidak mengecewakan,” kata Dhana. 

test drive bZ4X

“Ketika saya berada di dalam mobil, cukup kedap suara sehingga tidak mengganggu bagi pengendara. Fokus pengendara juga tidak akan terbagi dengan suara-suara yang menggangu di sekitarnya,” tutur Dhana. 

Baca juga: Kaleidoskop 2022: BMW Indonesia Luncurkan 26 Model Mobil

Nah, jika ingin memiliki langsung Toyota bZ4X ini bisa langsung cek aja di SEVA ya. Jangan lupa untuk menggunakan berbagai fitur unggulan yang dihadirkan.  

Salah satunya adalah Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas.

Kemudian ada juga fitur Loan Calculator dimana kamu bisa mendapatkan informasi detail perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Awas Kena Gocek karena salah beli mobil. Biar SatSet pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA, yuk cek sekarang. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.