Search Cars

Tips & Rekomendasi

Perbedaan SUV Ladder Frame dan Monocoque

Apa sih perbedaan antara SUV ladder frame dan monocoque dan pengaruhnya terhadap performa mobil SUV? Cari tahu selengkapnya di sini.

SUV ladder frame

Sudah tahu belum kalau mobil SUV memiliki dua jenis, yaitu SUV ladder frame dan SUV monocoque. Jenis ini dikategorikan berdasarkan sasisnya.

Sasis sendiri merupakan komponen yang berfungsi menopang mesin, sistem rem, transmisi, kopling, dan komponen lainnya. Jenis sasis terbagi jadi dua, yakni monocoque dan ladder frame.

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Penggunaan kedua sasis tersebut disesuaikan dengan spesifikasi mobil yang ingin didapatkan. Mobil SUV umumnya dirancang untuk bisa melaju di segala medan jalan, mulai dari yang mulus hingga berbatu dan berlumpur.

Lantas seperti apa sih perbedaan SUV ladder frame dan SUV yang menggunakan sasis monocoque?

SUV ladder frame

SUV ladder frame

Sasis pada SUV ladder frame tidak dibuat menyatu antara rangka dan bodi. Disebut sebagai ladder frame lantaran bentuknya yang seperti anak tangga.

Baca juga: Kelebihan Penggerak Roda Depan pada MPV Masa Kini

Bodi mobil pada jenis sasis ini diletakkan di atas rangka yang lalu disambungkan. Bisa dikatakan sasis menjadi penopang dari bodi dan mesin mobil.

Ladder frame sendiri merupakan jenis sasis pertama yang diterapkan pada mobil, yakni sejak awal abad ke-19.

Kelebihan SUV ladder frame biasanya punya kaki-kaki yang kuat, tahan lama dan punya ground clearance tinggi yang dapat diandalkan untuk melaju di medan off road.

Baca juga: Budget Modifikasi Mobil yang Nyaman Dipakai Harian

Contoh mobil SUV yang menggunakan sasis ladder frame adalah Toyota Fortuner.

SUV ladder frame

SUV monocoque

Istilah monocoque berasal dari Bahasa Perancis yang artinya rangka tunggal. Makanya, sasis dan bodi pada SUV monocoque dirancang menjadi satu bagian.

SUV dengan sasis monocoque punya handling yang baik serta bantingan yang lebih nyaman karena memiliki titik pusat gravitasi yang rendah. Selain itu, rangkanya yang lebih ringan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar yang lebih irit. 

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Namun, karena memiliki ground clearance yang lebih rendah, SUV ini lebih cocok digunakan di perkotaan. 

Lalu, jika terjadi tabrakan dan menyebabkan kerusakan pada sasis ini, sulit untuk diperbaiki lantaran sasis dan bodi yang menyatu. 

Contoh SUV yang menggunakan sasis monocoque adalah BMW X5. Sasis monocoque memang lebih umum digunakan untuk mobil sedan, hatchback, dan MPV.

SUV ladder frame

Pilih SUV mana?

Dari perbedaan antara sasis ladder frame dan monocoque pada mobil SUV, terlihat bahwa pemasangan rangka tersebut memberikan dampak terhadap output performa dari sebuah mobil.

Baca juga: Macam-macam Filter Mobil dan Kapan Harus Menggantinya

Apabila kamu mencari SUV dengan bisa diajak berpetualang alias punya performa tangguh di berbagai medan jalan termasuk di medan off road, maka SUV ladder frame seperti Toyota Fortuner bisa jadi pilihan tepat.

Sementara bagi yang ingin memiliki SUV yang mudah dikendalikan, lebih irit bahan bakar dan lebih banyak digunakan di jalanan perkotaan, bisa memilih SUV monocoque seperti BMW X5.

Setelah mengetahui bedanya SUV ladder frame dan SUV monocoque, kamu lebih paham dalam memilih mana mobil SUV yang tepat sesuai kebutuhan.

Baca juga: Harga Coating Mobil Sesuai Jenis dan Kelebihannya

Nah, beli mobilnya di SEVA aja! Kamu bisa memanfaatkan fitur Instant Approval yang dapat memberikan simulasi kredit serta peluang persetujuan kredit.

Apabila peluang persetujuan kredit sulit, kamu akan langsung mendapat rekomendasi mobil lain dengan persetujuan kredit yang lebih mudah. 

Yuk, beli SUV impian kamu di SEVA!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.