Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kelebihan Penggerak Roda Depan pada MPV Masa Kini

Penasaran kelebihan penggerak roda depan atau FWD (Front Wheel Drive) yang banyak digunakan mobil MPV terkini? Selengkapnya ada di sini.

kelebihan penggerak roda depan

Kelebihan penggerak roda depan membuat banyak mobil keluaran terbaru khususnya MPV (Multi Purpose Vehicle) mulai mengadopsi sistem penggerak roda ini. Contohnya pada generasi terbaru dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang dirilis November 2021 lalu.

Sistem penggerak roda menentukan bagaimana performa semua mobil. Mulai dari pengendalian, kemampuan jelajah mobil, sampai efisiensi tenaganya.

Adanya sistem penggerak tersebut berperan untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Biasanya, sistem penggerak roda akan mengikuti jenis bodi yang digunakan.

Baca juga: Jenis-jenis Sistem Penggerak Mobil dan Kelebihannya

Terdapat empat jenis sistem penggerak yang digunakan pada mobil. Di antara penggerak front wheel drive (FWD), rear wheel drive (RWD), four wheel drive (4WD), dan all wheel drive (AWD).

Seperti apa sih kelebihan penggerak roda depan atau FWD yang ada pada mobil keluaran baru? Simak penjelasannya berikut.

kelebihan penggerak roda depan

Biaya produksi lebih murah

Secara produksi, mobil dengan penggerak roda depan punya biaya produksi yang lebih murah. Sebab, mobil FWD tidak memerlukan komponen banyak dan drivetrain lebih mudah dipasang.

Baca juga: Mengenal Transmisi CVT Mobil dan Kelebihannya

Drivetrain atau komponen penyalur tenaga mesin ke roda pada penggerak FWD tidak memerlukan gardan seperti pada penggerak roda belakang

Tata letak mesin pada mobil FWD dirancang secara melintang yang membuat ruang mesin lebih kompak dan kabin mobil jadi lebih luas. 

Dengan konstruksinya yang lebih sederhana, bobot keseluruhan mobil menjadi lebih ringan. Tak heran penggerak FWD banyak digunakan pada city car dan low MPV yang biasanya punya bobot ringan. 

Bahan bakar lebih hemat

Bobot mobil FWD yang lebih ringan memberikan dampak ke sejumlah hal seperti konsumsi bahan bakar yang jadi lebih hemat. 

Baca juga: Keuntungan Beli Mobil Baru Varian Tertinggi

Cara kerja sistem penggerak FWD adalah menyalurkan tenaga dari mesin ke dua roda di depan sehingga roda mengalami perputaran dan menggerakkan mobil.

Penyaluran tenaga dari mesin ke roda depan tidak melewati banyak komponen, yang membuat sistem kerjanya jadi lebih efisien. Hal ini juga dipengaruhi dengan posisi gearbox yang juga berada di depan.

Sistem kerja yang menyalurkan tenaga dengan efisien dan optimal ini menjadikan mobil dengan penggerak depan mengeluarkan bahan bakar yang lebih irit dan emisi gas buangnya lebih kecil.

kelebihan penggerak roda depan

Kemampuan traksi dan akselerasi yang baik

Kelebihan penggerak roda depan lainnya adalah kemampuan traksinya yang baik pada saat melewati jalanan licin khususnya saat hujan.

Baca juga: Biaya Detailing Mobil, Apa Saja yang Dikerjakan?

Hal itu dikarenakan roda depan yang menarik roda belakang. Selain itu, berat mesin mobil yang ada di depan juga membantu traksi lebih aman.

Lalu dari segi akselerasi pun termasuk dalam kelebihan mobil FWD. Tenaga mesin yang berada di depan langsung disalurkan ke roda depan tanpa perlu repot mendistribusikan dari depan ke belakang.

Beberapa kelebihan penggerak roda depan tersebut bisa dikatakan adalah alasan kenapa sistem penggerak ini digunakan untuk berbagai jenis mobil baru.

Baca juga: Biaya Servis All New Avanza sampai 60.000 Kilometer

Apalagi mobil baru saat ini dirancang untuk lebih hemat bahan bakar dan mengeluarkan emisi gas buang sekecil mungkin, sehingga sistem penggerak FWD lah yang paling cocok untuk disematkan.

Apakah mobil kamu adalah salah satu yang menggunakan penggerak roda depan?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.