Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jenis-jenis Sistem Penggerak Mobil dan Kelebihannya

Sudah tahu belum mobil kamu menggunakan jenis penggerak apa? Sebelum lebih jauh, yuk kenali jenis penggerak mobil dan kelebihannya.

jenis penggerak mobil

Tidak sembarangan, sistem penggerak mobil ditentukan berdasarkan kebutuhan mobil serta berpengaruh kepada handling, daya jelajah medan, penyaluran tenaga, dan sebagainya.

Jadi, bukan hal yang mengherankan bila tiap mobil memiliki jenis penggerak yang berbeda-beda. Secara umum, ada empat jenis sistem penggerak mobil seperti FWD, RWD, 4WD, dan AWD.

Baca juga: Hal yang Menyebabkan Setir Mobil Berbunyi Saat Belok

Yap, sistem penggerak mobil merupakan komponen yang menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke roda. Lantas apa perbedaan dari jenis penggerak mobil tersebut dan kelebihannya?

jenis penggerak mobil

jenis penggerak mobil

jenis penggerak mobil

Sistem penggerak mobil jenis FWD bisa dibilang saat ini menjadi salah satu yang populer dan banyak digunakan pada mobil-mobil kompak seperti jenis sedan, hatchback, dan beberapa MPV.

Traksi yang dimilikinya lebih aman untuk digunakan pada jalanan licin, hal ini disebabkan karena roda depan yang menarik roda belakang. Berat mesin mobil yang berada di depan dapat membantu traksi lebih aman.

Sementara jenis RWD umumnya digunakan pada mobil jenis MPV, SUV kompak, dan komersial yang berbobot berat atau yang mengangkut beban banyak.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Berpotensi Merusak Transmisi Otomatis

Untuk kekurangan, ban mobil bagian belakang biasanya akan lebih cepat aus atau botak karena menanggung beban lebih banyak untuk menggerakkan mobil. Hal yang sama biasanya terjadi pada motor.

4WD atau 4×4 merupakan istilah yang dipakai untuk mobil berpenggerak empat roda.

Sistem ini digunakan oleh mobil berjenis SUV atau double cabin, yang memang memerlukan tenaga lebih untuk menerobos medan berat, termasuk di jalanan tanah (off-road).

Sejarah Toyota Land Cruiser

Sesuai dengan kegunaannya, sistem 4WD dibagi menjadi part time 4WD dan full time 4WD.

4WD part time adalah sistem yang bisa diatkifkan atau dinonaktifkan. Jadi, mobil bisa berjalan dengan sistem 4×2 dan 4×4. Artinya, sistem 4WD bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Cara Beli Mobil Baru dengan Cicilan Ringan, Gak Ribet!

Terakhir, jenis penggerak AWD. Dengan jenis ini, secara otomatis sistem akan membaca medan jalan yang dilalui mobil, sehingga komputer dapat memberikan torsi dan traksi pada roda yang lebih membutuhkan.

Namun, AWD tidak bisa mengubah modenya menjadi 2WD, 4H, atau 4L seperti penggerak 4WD. Contoh aplikasi AWD bisa dilihat pada teknologi xDrive yang dibenamkan pada mobil-mobil BMW.

Semua jenis sistem penggerak mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, penggunaannya tergantung dari kebutuhan pengendara.

Nah kalau kamu, jenis penggerak mobil yang mana yang jadi favorit?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.