Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza Bekas dengan Keluaran Terbaru

Mobil Toyota Avanza bekas masih banyak dicari konsumen. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari kendaraan MPV favorit ini?

toyota avanza bekas

Penasaran kenapa Toyota Avanza bekas masih laris dicari oleh konsumen? Hal utama yang menjadi perbedaan Avanza baru dan lama adalah soal varian Toyota Avanza. 

Seperti diketahui, Toyota Avanza lama hadir dalam varian yang lebih sedikit daripada generasi terbarunya. Memiliki varian Toyota Avanza lawas, apalagi mobil generasi pertama dengan kondisi terawat dapat membuat pemiliknya merasa bangga.

Selain itu, apalagi faktor yang layak diperhitungkan dari mobil ini? Berikut sejumlah hal yang menjadi kelebihan dan kekurangannya jika dibandingkan versi terbaru.

Kelebihan Toyota Avanza bekas

Ada sejumlah hal yang menjadi nilai lebih dari mobil Toyota Avanza bekas. Selain variannya setidaknya ada 3 faktor lain yang disukai konsumen. Apa sajakah itu?.

Baca juga: Deretan Merek Mobil Peserta IIMS 2023 yang Bakal Digelar Februari Mendatang

Mesin Toyota Avanza bandel

Faktor pertama yang menjadi perbedaan Avanza baru dan lama adalah kode dan teknologi  mesin mobil. Mesin Avanza generasi pertama tahun 2003 berkode K3DE, volume 1.300 cc hingga mesin generasi ketiga tahun 2015 berkode 1NR-FE dan 2NR-FE cukup bandel. 

Performa mesin-mesin tersebut didukung pula oleh melimpahnya suku cadang hingga seluruh pelosok daerah. Hal ini menjadi salah satu kelebihan dari varian Toyota Avanza lawas yang memikat hati konsumen. 

Irit BBM

toyota avanza bekas

Varian Toyota Avanza generasi pertama tergolong irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Untuk varian mesin 1.300 cc di jalanan dalam kota, konsumsi BBM rata-rata mencapai 14 kilometer per liter.

Baca juga: Ada SIM Palsu, Bagaimana Cara Membedakannya dengan yang Asli?

Untuk generasi ketiga bermesin 1.300 cc, konsumsi BBM di dalam kota mencapai rata-rata 14,6 kilometer per liter di dalam kota. Lalu untuk konsumsi BBM mesin 1.500 cc tercatat sejauh 13 kilometer per liter. Sangat ekonomis. 

Perbedaan Avanza baru dan lama lainnya adalah dari sisi jenis BBM yang digunakan. Mobil lawas keluaran di bawah tahun 2010 masih bisa memakai oktan 90 atau setara dengan Pertalite. Sedangkan mobil keluaran terbaru tentunya disarankan memakai oktan 92 ke atas.

Penggerak roda belakang

Perbedaan Avanza baru dan lama lainnya ada di sistem penggerak roda. Mobil terbaru menggunakan penggerak roda depan (FWD) sementara Avanza lama menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD).

Baca juga: Macet di Tanjakan dan Tercium Bau Kopling, Apa yang Harus Dilakukan?

RWD membuat pembagian berat mobil merata.Selain itu penggerak RWD memiliki traksi besar saat melahap jalan tanjakan membuatnya tidak mudah kehilangan tenaga saat mendaki.

Meski demikian RWD juga punya kekurangan yaitu sedikit lebih boros BBM. Apa penyebabnya? Bobot mobil lebih berat akibat adanya komponen penyalur tenaga dari mesin depan ke roda belakang. 

Mobil RWD juga kurang memiliki traksi pada jalanan berpasir ataupun berkontur licin. Jika dipacu pada kecepatan tertentu maka potensi tergelincir cukup besar. Ini karena traksi pada roda bagian depan kurang besar.

Desain tidak ketinggalan zaman

toyota avanza bekas

Satu lagi yang menjadi kelebihan Toyota Avanza bekas adalah desainnya yang tidak lekang dimakan waktu. Sejak awal kemunculan pada tahun 2003 lalu sampai edisi facelift tahun 2019, model mobil ini tidak banyak alami perubahan.

Baca juga: Sukses Raih Rekor Penjualan pada 2022, Ini Mobil BMW Terlaris di Indonesia

Ini kemudian menjadi ciri khas mobil yang membuat konsumen semakin jatuh cinta dan mengidolakannya. Sampai tahun 2019 perubahan mendasar terjadi pada bentuk grill depan, bentuk lampu utama serta bentuk lampu belakang.

Faktor kekurangannya

toyota avanza bekas

Setelah melihat sejumlah kelebihannya, kamu juga perlu mengetahui poin yang dianggap sebagai kekurangan dari Avanza lama. Apa saja?

Minim fitur keselamatan dan hiburan

Lazimnya mobil lawas, fitur keselamatan yang tersemat di dalamnya belum selengkap mobil-mobil keluaran terbaru. Sebut saja tidak adanya airbag, sabuk keselamatan untuk seluruh penumpang, pengait ISOFIX ataupun sistem pengereman ABS

Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Dana dengan Mudah, Aman, dan Nyaman

Selain keselamatan, fitur di dalam kabin sebagai pelengkap hiburan juga masih terbatas. Misalnya pada generasi pertama sistem hiburannya hanya radio dengan pemutar kaset. Pemutar CD (compact disc), koneksi bluetooth dan USB belum tersedia.

Kabin Toyota Avanza kurang senyap

Kekurangan lainnya adalah kurang senyapnya ruang kabin dari suara-suara di luar mobil. Ini disebabkan sistem pelapis karet kedap suara pada Toyota Avanza bekas belum memiliki kualitas sebaik mobil terbarunya.

Kekurangan lainnya adalah kurang senyapnya ruang kabin dari suara-suara di luar mobil. Ini disebabkan sistem pelapis karet kedap suara pada Toyota Avanza bekas belum memiliki kualitas sebaik mobil terbarunya.

Tidak stabil di kecepatan tinggi

mobil toyota avanza

Faktor lain yang dianggap jadi kekurangan Toyota Avanza bekas adalah terasa limbung saat dipacu pada kecepatan tinggi. Berbeda saat melaju di bawah kecepatan 60 kilometer per jam, mobil stabil dan memiliki bantingan yang empuk.

Baca juga: Berlaku Tahun Ini, Bagaimana Aturan dan Cara Bayar Tol Nirsentuh?

Mengapa hal itu bisa terjadi? Ini karena mobil memiliki pegas spiral yang lebar sehingga tidak seimbang dengan dimensi shock absorber nya.

Harga Toyota Avanza baru

warna tren

Sejumlah kelebihan juga kekurangan yang menjadi perbedaan Avanza baru dan lama itu dapat menjadi pertimbangan sebelum kamu membelinya. Jika ingin memiliki kualitas mobil terbaik maka kamu sebaiknya membeli mobil terbaru ya.

Saat ini harga Toyota Avanza terbaru cukup terjangkau loh. Selain itu tersedia banyak varian sehingga memberikan banyak pilihan pada konsumen sesuai budget dan keperluannya. 

Baca juga: Abis Healing Anti Pusing, Begini Tips Atur Keuangan Usai Liburan

Harga Toyota Avanza terbaru paling murah adalah Toyota All New Avanza 1.3 E M/T yaitu Rp233.100.000. Kamu bisa membayarkan DP sejumlah Rp58,3 juta dan mencicil Rp5,4 juta per bulan selama 5 tahun.

Mencari Avanza bermesin 1.500 cc? Pilih varian Toyota All New Avanza 1.5 G M/T seharga Rp255.100.000. Bayar DP sejumlah Rp61,2 juta maka cicilanmu per bulan hanya Rp6 juta untuk tenor 5 tahun. 

Selain dapat dibeli dengan cara mencicil, harga Toyota Avanza baru di SEVA juga membuatmu dapat memiliki unitnya dengan cepat. Semua cicilanmu akan dihitung rasional dan sesuai kemampuan dengan fitur Loan Calculator

Manfaatkan saja fitur Instant Approval untuk persetujuan kredit paling kilat hanya hitungan menit. Dijamin harga Toyota Avanza baru idamanmu tidak akan memberatkan! Semuanya #JelasDariAwal.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.