Search Cars

Keuangan

Abis Healing Anti Pusing, Begini Tips Atur Keuangan Usai Liburan

Ketahui tips atur uang setelah liburan agar kondisi keuangan tetap stabil dan tidak bikin pusing. Apa saja yang bisa dilakukan?

tips atur uang

Pahami tips atur uang setelah berlibur agar keuangan tetap terkontrol dan tidak sampai mengganggu dana untuk kebutuhan lain. Jangan sampai seluruh uang yang dimiliki dihabiskan dan tidak disiapkan untuk pengeluaran setelah liburan. 

Bahkan terkadang pengeluaran bisa semakin membengkak, terutama jika tidak mempersiapkan atau membuat estimasi biaya saat liburan. Terkadang juga melakukan belanja secara impulsif menjadi penyebab kondisi keuangan yang terganggu. 

Tips atur uang setelah liburan

Untuk itu, cari tahu apa saja tips atur uang setelah melakukan liburan. Apa saja cara-cara yang perlu dilakukan? 

Membuat anggaran

uang pesangon

Agar uang yang dimiliki tidak habis begitu saja, cobalah untuk melakukan tips keuangan seperti mencatat pengeluaran saat berlibur. Misalnya saja  biaya transportasi untuk liburan ke luar kota atau luar negeri, penginapan, budget makan, hiburan, belanja, dan lainnya.

Baca juga: Rekomendasi Mobil 4×4 dan AWD yang Bisa Offroad Tipis-Tipis

Dengan membuat anggaran pengeluaran dana, kamu bisa mengetahui tujuan alokasi dana yang dimiliki. Selain itu, dengan membuat anggaran ini juga bisa membuatmu lebih teratur dalam mengeluarkan uang terutama ketika sedang belanja sehingga tidak berlebihan. 

Jangan sampai menggunakan dana darurat

mengatur uang thr

Dari setiap pendapatan yang dimiliki setiap bulan ataupun uang THR yang didapatkan,  sebaiknya menabung untuk dana darurat. Untuk mengumpulkan dana darurat, terdapat hitungan khusus dan tentunya berbeda antara yang sudah menikah dan belum. 

Beberapa perencana keuangan mensyaratkan besar dana darurat sebesar enam kali pengeluaran bulanan untuk yang masih lajang. Untuk yang sudah menikah adalah 9 kali dan 12 kali pengeluaran bulanan untuk yang sudah menikah dan memiliki anak.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru, Jangan Sampai Salah Ya!

Pada saat liburan, usahakan tidak menggunakan dana darurat yang dimiliki ini. Gunakan dana darurat hanya untuk berbagai kebutuhan yang memang mendesak saja. 

Catat dengan detail setiap pengeluaran

tips keuangan karyawan

Tidak hanya menuliskan anggaran yang dibutuhkan, jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran. Catat secara detail pengeluaran tersebut untuk apa saja, serta berapa nominal yang dikeluarkan. 

Hal ini dapat membantumu untuk memantau budget yang ada. Selain itu juga bisa membantu lebih berhemat karena bisa mencegah terjadinya over budget. 

Menunda pengeluaran yang tidak dibutuhkan

Mengembalikan uang yang dipakai pada saat berlibur memang tidaklah gampang, terutama bagi para karyawan yang penghasilan utamanya hanya dari gaji saja. Untuk itu, kamu bisa menunda pengeluaran yang tidak terlalu penting. 

Baca juga: Biar Healing Makin Asyik, Cek Jadwal Ganjil Genap Puncak!

Pada situasi seperti ini, belajar untuk menahan diri agar tidak boros setelah liburan harus dilakukan. Usahakan untuk fokus pada mempertahankan uang yang tersisa setelah liburan setidaknya sampai menerima gaji selanjutnya. 

Gunakan uang yang tersisa itu untuk memenuhi kebutuhan yang memang menjadi prioritas saja. 

Bergabung dengan Teman SEVA

aplikasi SEVA

Agar tidak pusing setelah healing, kamu bisa mencari uang tambahan dengan cara investasi atau menabung. 

Atau bisa juga bergabung dengan Teman SEVA.  Ini merupakan sebuah program insentif dari SEVA agar bisa dapat uang tambahan mulai dari Rp1 Juta hingga Rp2,5 juta per mobil yang berhasil dijual. 

Untuk bisa mendaftar jadi Teman SEVA, ternyata tidak sulit dan pastinya mudah. Bagaimana caranya? 

  • Kunjung bit.ly/Daftar-TemanSEVA   ​
  • Registrasi menjadi user SEVA​
  • Gunakan nomor telepon yang aktif di WhatsApp dan sudah melakukan registrasi di aplikasi AstraPay ya! Ini berguna untuk pengiriman insentif yang akan diberikan

Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut maupun terdapat keluhan sehubungan dengan layanan yang ada, bisa langsung menghubungi infotemanseva@seva.id

Jadi, bagaimana apakah kamu tertarik mendapatkan penghasilan tambahan buat liburan? Tinggal SatSet aja yuk langsung daftar!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.