Search Cars

Keuangan

Tips Kelola Bonus Akhir Tahun Biar Bisa Beli Mobil Baru, Awas Kena Gocek!

Mendapatkan bonus akhir tahun sebaiknya jangan disia-siakan begitu saja. Bagaimana tips mengelolanya jika ingin beli mobil baru?

bonus akhir tahun

Bonus akhir tahun seringkali menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para karyawan kantoran. Jumlahnya pun sangat beragam tergantung dari kebijakan perusahaan dari masing-masing karyawan.

Pada saat mendapatkannya, seringkali para karyawan kantoran menghabiskannya begitu saja sehingga bonus akhir tahun pun habis begitu saja tanpa arti. Padahal jika dikelola dengan baik, uang tersebut bisa digunakan untuk membeli beberapa keperluan misalnya beli mobil baru. 

Tips kelola bonus akhir tahun

Agar bonus akhir tahun bisa lebih bermanfaat, bisa lakukan beberapa tips ini ya. Apa saja itu?

Melunasi utang atau tagihan

tidak memiliki hutang

Jika mendapatkan bonus akhir tahun, sebaiknya prioritaskan untuk membayar utang atau tagihan yang dimiliki. Terutama jika beban tagihan tersebut lebih dari 30 persen total penghasilan bulanan karena itu menandakan kondisi keuangan yang sudah tidak sehat.

Baca juga: Rupiah Digital, Apa Kelebihannya dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Secara umum, semakin cepat utang lunas maka akan semakin ringan juga beban bunga yang harus dibayarkan. Namun jika tidak bisa melunasinya dengan bonus yang didapat, setidaknya bisa dibayarkan sebagian agar beban tagihannya tidak lebih dari 30 persen pendapatan. 

Simpan untuk dana darurat

dana darurat

Manfaat bonus akhir tahun yang didapatkan bisa digunakan untuk mengumpulkan dana darurat. Dana darurat ini bisa digunakan ketika sewaktu-waktu terjadi situasi yang tidak diinginkan sehingga tidak harus berhutang. 

Untuk besaran dana darurat sendiri, akan berbeda-beda pada setiap orang tergantung dari status perkawinan ataupun jumlah tanggungan yang ada. 

Baca juga: 9 Dampak yang Bakal Terjadi Jika Indonesia Resesi

Beberapa perencana keuangan menyarankan untuk memiliki dana darurat sebesar 6 kali pengeluaran bulanan untuk mereka yang belum menikah. Sedangkan untuk yang sudah berkeluarga, disarankan untuk memiliki dana darurat 9 kali pengeluaran bulanan. 

Atau jika sudah menikah dan memiliki anak, jumlah dana darurat yang disarankan adalah 12 kali dari pengeluaran setiap bulannya. 

Beberapa perencana keuangan mensyaratkan besar dana darurat sebesar enam kali pengeluaran bulanan untuk yang masih lajang, sembilan kali pengeluaran bulanan untuk yang sudah menikah dan 12 kali pengeluaran bulanan untuk yang sudah menikah dan memiliki anak.

Melakukan investasi

tujuan investasi

Berapa bonus akhir tahun yang didapatkan, pastinya akan berbeda pada setiap orang tetapi jika ingin bisa memberikan keuntungan bisa memilih investasi. Pada saat memilih instrumen investasi, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan tujuan keuangan yang dimiliki. 

Baca juga: Strategi Investasi Bila Resesi 2023 Benar Terjadi

Bisa pilih investasi saham dengan jangka waktu sekitar 5-10 tahun jika ingin mendapatkan hasil dalam jangka panjang. Namun jika memiliki tujuan keuangan dalam jangka waktu 3-5 tahun bisa memilih reksadana. 

Atau untuk tujuan jangka pendek misalnya dalam kurun waktu 1-3 tahun bisa memilih investasi emas, deposito, atau surat utang negara. Meskipun menguntungkan, risiko kerugian tetap ada sehingga penting sekali untuk mempelajari lebih dulu sebelum memilih investasinya. 

Dijadikan modal usaha

modal usaha

Manfaat bonus akhir tahun lainnya adalah bisa menggunakannya sebagai tambahan modal usaha. Agar tetap bisa menguntungkan, pastikan sudah membuat rencana bisnis yang sudah matang sebelumnya. 

Baca juga: Marak Badai PHK, Begini Cara Kelola Uang Pesangon saat Isu Resesi

Selain untuk modal usaha, manfaat bonus akhir tahun juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis yang saat ini sudah dijalani. Misalnya saja untuk merenovasi toko, membeli barang-barang untuk usaha, atau memberikan hadiah kepada pelanggan.

Memberi hadiah untuk diri sendiri

mengatur uang thr

Penggunaan bonus akhir tahun lainnya adalah bisa digunakan untuk memberi hadiah pada diri sendiri atau sebagai self reward. Dengan memberikan self reward tentu semangat dalam bekerja juga bisa bertambah dan pastinya akan berpengaruh pada bonus yang didapat. 

Salah satu hadiah yang mungkin bisa diberikan pada diri sendiri adalah dengan membeli mobil baru. Dengan membeli mobil baru, rasa kepuasan pada diri sendiri juga nantinya akan semakin meningkat. 

Baca juga: Suku Bunga BI Naik, Apa Investasi yang Tepat?

Agar bonus akhir tahun tidak sia-sia ketika membeli mobil, pastikan memilih tempat yang tepat dan terpercaya. Salah satunya adalah di SEVA yang menyediakan berbagai merek mobil beserta harganya dan juga cicilan yang sesuai dengan kemampuan finansial. 

SEVA hadir dengan sejumlah fitur andalan seperti Instant Approval, Car Recommendation, dan Loan Calculator. Melalui fitur Instant Approval, kamu dapat membeli mobil baru dengan pengajuan kredit yang lebih mudah dan prosesnya jelas.

leasing mobil

Sedangkan untuk fitur Car Recommendation dan Loan Calculator kamu bisa mendapatkan informasi detail perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Baca juga: Menghitung Kekayaan Cristiano Ronaldo, Gaji dan Investasi itu Penting

Sebagai tambahan beli mobil, kamu juga bisa menjadi Teman SEVA. Program ini dapat membantu kamu yang ingin dapat tambahan uang bulanan mulai dari 1 Juta hingga 2,5 Juta per mobil yang berhasil dijual.

Banyak ya keuntungan kalau beli mbbil di SEVA? Awas Kena Gocek deh beli mobil di tempat yang tidak terpercaya. Untuk itu, pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.