Search Cars

Keuangan

9 Dampak yang Bakal Terjadi Jika Indonesia Resesi

Jika Indonesia resesi, kira-kira dampak apa saja yang bakal terjadi? Kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

indonesia resesi

Prediksi Indonesia resesi di tahun 2023 mendatang tentunya membuat masyarakat banyak yang merasa khawatir. Tidak hanya pada bidang ekonomi saja, tetapi dampak yang ditimbulkan bisa terjadi juga pada sektor-sektor lainnya. 

Bahkan negara Rusia sudah dilaporkan secara resmi mengalami resesi. Penyebabnya adalah karena produk domestik bruto (PDB) yang dihasilkan negara tersebut mengalami penurunan sebesar 4 persen pada kuartal ketiga tahun ini, dilansir dari The Moscow Times. 

Data tersebut merupakan estimasi yang diterbitkan oleh badan statistik nasional, Rosstat, pada Rabu, 16 November 2022. Penurunan PDB ini serupa dengan kontraksi 4% pada kuartal kedua yang terjadi akibat sanksi Barat karena adanya serangan Moskow ke Ukraina.

Baca juga: Ekonomi Indonesia Tumbuh, Benarkah Aman dari Resesi 2023?
Resesi sendiri ditandai dengan adanya pelemahan ekonomi global yang pada akhirnya berpengaruh juga terhadap ekonomi pada negara-negara di seluruh dunia. Jika sampai terjadi, apa saja dampak yang ditimbulkannya?

Indonesia resesi

Cara mengatasi ancaman Indonesia resesi

Agar tidak panik menghadapi ancaman Indonesia resesi, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara-cara tersebut adalah: 

Mencari penghasilan tambahan

indonesia resesi

Di tengah ancaman Indonesia resesi, cara yang bisa dilakukan agar tetap tenang adalah mencoba untuk cari penghasilan tambahan. Bisa dengan memanfaatkan hobi yang disukai seperti memasak atau berkebun lalu menjualnya. 

Baca juga: Strategi Investasi Bila Resesi 2023 Benar Terjadi

Platform untuk menjual barang-barang juga saat ini sudah sangat beragam. Terutama dengan adanya media sosial atau bisa juga memasarkannya melalui e-commerce yang saat ini sudah ada banyak pilihannya. 

Menyiapkan dana darurat

indonesia resesi

Dana darurat dihitung dari 3-6 kali pengeluaran bulanan, tetapi jika ada risiko terjadinya resesi seperti sekarang ini maka harus menyiapkan uang yang lebih besar. Misalnya bisa 10-12 kali dari pengeluaran bulanan. 

Dalam mempersiapkannya, bisa mengambil sekitar 20 persen dari dana yang memang disiapkan untuk investasi. Dengan kata lain, jika sudah memiliki alokasi dana untuk investasi maka sebaiknya sekitar 20 persennya dialihkan untuk mengumpulkan dana darurat.

Cari keahlian baru jika Indonesia resesi

resesi

Agar tetap tenang menghadapi ancaman Indonesia resesi, bisa dengan mencoba berbagai keahlian baru yang mungkin bisa menambah penghasilan. Misalnya saja dengan mempelajari dunia fotografi atau bercocok tanam.

Baca juga: Indonesia Resesi, Benarkah Tidak Akan Terjadi?

Dengan terus melakukan pengembangan diri, keahlian baru yang didapatkan tersebut bisa membantu jika suatu saat terjadi kondisi yang tidak terduga.

Hindari hutang konsumtif

kartu kredit

Di tengah ancaman Indonesia resesi cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari hutang yang bersifat konsumtif atau jangka panjang. Pada saat terjadi resesi, biasanya suku bunga bank juga akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan dan pada akhirnya berpengaruh pada besarnya cicilan. 

Akan tetapi, jika sudah memiliki hutang konsumtif maka sebaiknya pikirkan strategi untuk mengatur ulang hutang-hutang tersebut. Jika kondisinya memungkinkan, maka sebaiknya langsung melunasinya. 

Mencairkan aset yang dimiliki

beli emas

Bisa juga mempertimbangkan untuk menjual aset yang dimiliki dan memegang uang cash saja untuk sementara waktu. Dengan memegang uang cash, kamu akan lebih mudah jika sewaktu-waktu membutuhkan uang saat itu juga. 

Baca juga: Waspada, Yuk Persiapan Menghadapi Resesi Ekonomi dari Sekarang!

Nah, itu tadi adalah berbagai dampak yang terjadi jika Indonesia resesi benar-benar terjadi. Tapi, tidak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya tadi ya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.