Kriteria dan Jenis Mobil Investasi di Masa Depan

Sebelum memulainya, yuk kenali dulu jenis mobil investasi di masa depan dan apa saja kriterianya supaya harganya terus naik.

mobil investasi

Ada berbagai jenis mobil investasi yang bisa jadi menambah pemasukan untuk kehidupan di masa depan. Ya, bagi penggemar otomotif, investasi mobil bisa jadi adalah bentuk instrumen yang tepat. 

Meski investasi mobil kini digandrungi berbagai kalangan baik yang tua maupun yang muda, namun tidak semua orang mampu untuk melakukannya.

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Tidak semuanya bisa untuk dijadikan investasi. Untuk itu, kamu perlu tahu apa saja kriteria serta jenis mobil investasi. Berikut penjelasan selengkapnya.

mobil investasi

Saat ini memang investasi mobil lebih banyak diarahkan ke mobil klasik yang kondisinya bekas namun terawat seperti baru, seperti Toyota Land Cruiser atau BMW Seri 3 keluaran tahun 90an awal.

Tapi buat kamu yang mau mulai, ada loh mobil yang masih baru. Mobil-mobil tersebut umumnya limited edition atau unitnya terbatas saja, baik di Indonesia atau dunia.

Baca juga: Perbedaan SUV Ladder Frame dan Monocoque

Mobil tersebut misalnya Toyota GR Yaris. Mobil ini dijual kurang dari 200 unit di Indonesia dengan harga mencapai Rp 850 juta. 

Namun setelah ludes terjual, harga bekas Toyota GR Yaris kini sudah tembus di atas Rp 1,2 milyar. Bahkan di importir umum yang menjual dalam keadaan baru harga Toyota GR Yaris baru bisa tembus di atas Rp 1,3 milyar.

Toyota GR Yaris

Semakin langka, tentunya mobil investasi akan jadi buruan kolektor pecinta otomotif. Selain Toyota GR Yaris di Indonesia ada BMW M4 Competition x KITH, BMW M4 Competition yang berkolaborasi dengan KITH, brand street wear asal New York.

Baca juga: Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Memilih Kredit Mobil Terbaik

Untuk mendapatkan mobil ini tergolong sulit karena hanya ada 150 unit di seluruh dunia dan 1 unit di Asia Tenggara, yaitu Indonesia. 

Saat diluncurkan dalam ajang GIIAS 2021 lalu, BMW M4 Competition x KITH dijual dengan harga Rp 2,9 miliar. Tentu nilainya akan semakin bertambah mengingat kelangkaan unit BMW M4 Competition x KITH.

Tidak semua investasi mobil harus dimulai dari unit-unit global. Toyota Astra Motor pun pernah menjual 50 unit Toyota Kijang Innova 50th Anniversary Edition. Namun pernah tidak kamu melihat mobil ini di jalan raya?

Baca juga: Komponen Mobil yang Wajib Dicek Jelang Ramadan 2022

Ciri khas mobil ini adalah kelir White Pearl dibalut dengan stiker berwarna emas yang melambangkan 50 tahun hadirnya Toyota Indonesia dengan perjalanan Toyota Kijang dari generasi ke generasi.

Dari beberapa jenis mobil untuk investasi, kira-kira jenis mobil mana yang akan kamu pilih?