Search Cars

Tips & Rekomendasi

Komponen Mobil yang Wajib Dicek Jelang Ramadan 2022

Jelang bulan Ramadan 2022, yuk cek komponen mobil berikut ini biar mobil tetap melaju tanpa hambatan ke mana pun mobilitasmu.

Ramadan 2022

Tak terasa kita akan memasuki bulan Ramadan 2022. Urusan performa mobil harus tetap terjaga supaya kamu tetap bisa menjalani aktivitas sehari-hari di bulan suci tanpa hambatan.

Cara menjaga agar performa mobil tetap prima adalah melakukan pengecekan komponen mobil secara rutin. Apalagi bagi kamu yang nantinya akan melakukan perjalanan mudik di akhir bulan Ramadan 2022, tentu kondisi mobil harus dipastikan prima.

Tujuan melakukan pengecekan adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi komponen yang menggerakkan mobil. Apakah sudah harus diganti atau masih bisa berfungsi dalam kurun waktu tertentu.

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Sebab, kalau tidak segera diganti akan mempengaruhi performa mobil bahkan bisa merusak komponen mobil lainnya.

Nah, komponen apa saja sih yang wajib dicek menjelang bulan Ramadan? 

Ramadan 2022

Oli mesin

Kalau komponen yang satu ini bisa dibilang wajib dicek secara rutin mengingat perannya sebagai penunjang kinerja mesin agar bekerja dengan optimal. 

Baca juga: Macam-macam Filter Mobil dan Kapan Harus Menggantinya

Kamu bisa cek dengan dipstick untuk mengetahui kualitas dan volume oli dari luar mesin.

Kalau volume oli di bawah batas minimal, langsung tambahkan oli sejenis karena jika didiamkan bisa menyebabkan kebocoran saat berkendara.

Kelistrikan

Sistem kelistrikan mobil juga tak kalah penting untuk dilakukan pengecekan agar komponen yang butuh daya listrik seperti lampu, wiper, dan head unit beroperasi dengan baik. 

Biasanya dimulai dengan pengecekan kondisi aki yang dapat diketahui dari sejumlah indikator. Jika indikator menunjukkan warna biru artinya aki masih prima, warna putih berarti aki harus diisi dayanya, sedangkan warna merah tandanya aki harus diganti.

Baca juga: Harga Coating Mobil Sesuai Jenis dan Kelebihannya

Setelah kondisi aki sudah kembali normal, coba nyalakan lampu sein, lampu utama, lampu hazard, dan wiper untuk memastikan bahwa seluruh komponen kelistrikan berfungsi dengan baik.

Seluruh komponen tersebut harus berfungsi untuk membantu pengemudi berkendara di malam hari, memberi tanda ketika ingin belok, dan juga berkendara saat hujan.

Ramadan 2022

Ban mobil

Jika memiliki mobilitas tinggi saat bulan Ramadan 2022, maka ban mobil wajib sering-sering dicek karena komponen ini bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. 

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Tentunya kalau ban ada masalah, mobil tidak dapat berjalan dengan mulus dan tidak mampu menahan bobot kendaraan serta penumpang.

Lakukan pengecekan mulai dari tekanan angin ban yang tidak boleh lebih atau kurang, cek kondisi dinding dan telapak ban, dan juga velg mobil. Jika terlihat retak atau ada kerusakan, segera lakukan penggantian.

Radiator

Selanjutnya, komponen yang harus dicek adalah radiator, yang fungsinya untuk mendinginkan panas pada saat mesin bekerja selama mobil dijalankan. Radiator penting untuk mencegah mesin mobil mengalami overheat.

Baca juga: Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada Saat Ini

Periksalah radiator dengan cara melihat cairan radiator. Apabila cairannya sudah berkurang, segera ditambahkan, kemudian pastikan cairan radiator tidak bocor di bagian bawah mobil.

Ramadan 2022

Rem dan kopling

Terakhir, yang wajib dicek adalah kondisi rem dan kopling yang fungsinya mengatur laju mobil. Biasanya yang perlu dicek dari kedua komponen ini adalah kampasnya.

Kampas rem mobil perlu diganti ketika terdengar suara decit pada saat mengerem dan injakan rem terasa lebih dalam dari biasanya.

Sedangkan untuk kampas kopling biasanya harus diganti kalau sudah terdapat bau menyengat saat sedang mengerem di tanjakan.

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Dengan mengecek beberapa komponen mobil ini menjelang Ramadan 2022 merupakan hal penting yang wajib dilakukan. Namun, apabila secara keseluruhan performa mobil sudah menurun, bisa jadi sudah waktunya beli mobil baru.

Beli mobil baru paling enak di SEVA, soalnya lagi banyak promo! Nikmati promo bunga mulai dari 0 persen atau DP mulai dari 15 persen, benefit Garda Health Tech dengan perlindungan hingga Rp 3,2 juta, sampai cashback saat angsuran.

Jangan lupa gunakan fitur Instant Approval untuk mengetahui peluang pengajuan kredit mobil. Kalau pun kredit mobil sulit, kamu bisa dapat rekomendasi mobil yang pengajuan kreditnya lebih mudah.Beli mobil impian yang Jelas Dari Awal, udah pasti di SEVA!

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.