Tips Menabung Buat Liburan Akhir Tahun Biar Tidak Bangkrut

Lakukan tips-tips menabung agar di akhir tahun bisa liburan dengan aman dan tidak bikin bangkrut. Apa saja yang bisa dilakukan?

tips menabung

Menerapkan tips menabung yang tepat perlu dilakukan jika ingin melakukan liburan di akhir tahun tanpa membuat kondisi keuangan terganggu. Memang pada akhir tahun sering menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga seperti berlibur. 

Pada saat ini memang berlibur sudah menjadi salah satu kebutuhan dan gaya hidup, terutama bagi para pekerja kantoran yang rentan mengalami stres. Dengan berlibur, pikiran pun bisa menjadi lebih segar kembali dan siap menghadapi tahun yang baru. 

Baca juga: Rest Area Arah Jakarta, Mana Saja yang Paling Nyaman

Namun, pastikan untuk menabung uang yang akan digunakan untuk berlibur nanti ya. Jangan sampai uang yang digunakan untuk berlibur itu mengganggu kebutuhan setiap bulannya. 

Tips menabung untuk libur akhir tahun

uang lama

Tips menabung uang yang bisa kamu lakukan agar bisa berlibur di akhir tahun dan kondisi finansial tetap aman, yaitu: 

Membuat perencanaan sejak lama

Salah satu tips menabung yang perlu diperhatikan adalah dengan melakukan perencanaan sejak lama. Buat rencana keuangan mengenai apa saja yang akan dibutuhkan pada saat liburan nanti. 

Baca juga: Wisata Jawa Tengah, Siapkan e-Money Tarif Tol Jakarta Semarang

Tentukan tanggal yang cocok dan susun kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Dengan membuat perencanaan, akan menghasilkan biaya kasar yang harus dipenuhi untuk bisa berlibur nanti. 

Mulai menabung

menabung beli mobil

Setelah mengetahui biaya kasar yang akan dibutuhkan untuk berlibur, kamu bisa mulai menabung tiap bulan. Agar liburan akhir tahun bisa aman, bisa mulai menabung pada awal tahun sehingga pada akhir tahun dana untuk berlibur sudah terkumpul. 

Simpan uang yang tepat juga bisa dilakukan dengan memisahkan setiap kebutuhan serta pengeluaran rutin per bulannya. Dengan begitu, uang untuk liburan akan tetap aman dan tidak mengganggu kebutuhan setiap bulan. 

Susun dana yang akan digunakan

Mulailah untuk memprediksi biaya apa saja yang dibutuhkan saat berlibur, seperti transportasi, penginapan, makan, ataupun untuk belanja dan oleh-oleh. Tentukan apa saja yang menjadi prioritas misalnya lebih suka untuk wisata kuliner daripada pantai atau pegunungan.

Baca juga: Biar Healing Makin Asyik, Cek Jadwal Ganjil Genap Puncak!

Lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui berapa besaran biaya yang akan dihabiskan saat berlibur nanti. Dengan mengetahui susunan dana liburan yang akan digunakan nantinya, pengeluaran tidak akan membengkak dan bisa lebih teratur.

Berburu tiket promo

tiket promo

Jika kamu sudah merencanakan liburan sejak jauh hari, bisa berburu tiket promo untuk transportasi yang akan digunakan. Misalnya saja tiket pesawat atau kereta api biasanya menyediakan banyak promo jika jadwal keberangkatannya masih cukup lama. 

Tiket-tiket promo yang tersedia ini biasanya memiliki harga yang lebih murah sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran ketika berlibur. Untuk itu, rajin mengecek website aplikasi travel yang banyak tersedia saat ini.

Siapkan anggaran tak terduga

Hal yang tidak boleh dilupakan ketika akan melakukan liburan adalah menyiapkan anggaran tak terduga. Pada saat liburan, seringkali ada hal-hal tidak terduga yang bisa saja terjadi sehingga mengharuskan untuk mengeluarkan uang lebih. 

Baca juga: Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru, Jangan Sampai Salah Ya!

Dengan menyiapkan anggaran untuk kejadian-kejadian tidak terduga ini, perjalanan liburan akan menjadi lebih aman dan nyaman. Selain itu, rasa khawatir pun akan sedikit lebih berkurang karena ada dana cadangan yang memang sudah disiapkan. 

hari libur 2023

Agar liburanmu semakin nyaman, salah satu transportasi yang cukup sering dipilih adalah mobil karena lebih fleksibel jika dibandingkan transportasi umum lainnya. Nah, kalau mau beli mobil Awas Kena Gocek kalau beli di tempat yang salah. 

Pilih SEVA untuk membeli mobil impianmu dan gunakan berbagai fitur unggulan yang sudah disediakan. Fitur unggulan tersebut adalah Loan Calculator untuk mengetahui cicilan kredit yang sesuai dengan kemampuan finansial. 

Ada juga fitur unggulan lainnya yaitu Instant Approval yang akan membuat persetujuan kredit lebih mudah dan cepat. Jadi, kalau mau beli mobil pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA.