Search Cars

Travel & Lifestyle

Menghitung Budget Liburan Akhir Tahun untuk Trip ke Bali

Menghitung budget liburan ke Pulau Dewata, gimana caranya ya? Lebih murah jalur darat atau naik pesawat? Yuk, intip caranya.

menghitung budget liburan

Mau liburan ke Bali tapi bingung menghitung budget liburan ke sana? Wisata apa yang dapat dikunjungi di sana? Berapa besar biaya jika menempuh perjalanan liburan via darat dan udara?

Jangan khawatir, menghitung budget liburan akhir tahun ke Bali tidaklah susah. Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah menentukan lamanya durasi berlibur dan tujuan wisata yang akan dikunjungi. 

Berikut adalah contoh perhitungan budget liburan akhir tahun ke Bali, via jalur udara ataupun menempuh perjalanan darat via tol Trans Jawa dan menyeberang melalui pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Menghitung budget liburan

investasi untuk pasangan muda

Sebagai ilustrasi, kamu dan keluarga akan berlibur melalui jalur udara ke Pulau Dewata selama 4 hari dan 3 malam. Kira-kira akan seperti ini rincian biaya dan tempat wisata yang bisa dikunjungi. 

Baca juga: Servis Mobil Rutin Sebelum Liburan, Apa Saja yang Dicek?

Saat ini banyak biro jasa pariwisata yang memberikan paket berlibur ke Bali dengan harga per orang kira-kira Rp2 juta. Harga tersebut berlaku untuk minimal 4 orang anggota. Semakin banyak anggotanya, biasanya semakin murah. Apa saja yang kamu dapatkan?

liburan ke bali
  • Hari 1: Penjemputan di bandara + Pantai Pandawa + makan malam di Pantai Jimbaran
  • Hari 2: Tur ke Nusa Penida (Pantai Kelingking + Broken Beach + Angel Billabong)
  • Hari 3: Tur ke Pantai Seminyak dan Canggu
  • Hari 4: Tur ke Tanah Lot + belanja ke Toko Krisna

Biaya tersebut tidak termasuk tiket pesawat ke Bali dan biaya makan. Tetapi sudah mencakup biaya-biaya seperti:

  • Hotel bintang 3
  • Sarapan
  • Transportasi privat
  • Tiket masuk tempat wisata
  • Penjemputan ke bandara
  • Tiket Fast boat ke Nusa Penida

Jika ingin menghitung biaya makan, tinggal dikalikan jumlah anggota dengan biaya Rp100 ribu untuk sekali makan. Untuk itu diperlukan biaya sekitar Rp3,2 juta. Jadi total biaya liburan ke Bali selama 4 hari 3 malam via udara habiskan sekitar Rp11,2 juta.

Budget liburan via jalur darat

Menghitung budget liburan

Dengan rencana berlibur yang sama seperti di atas, kamu dapat lebih hemat jika menghitung budget liburan akhir tahun melalui jalur darat. 

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Biaya tol Trans Jawa untuk sekali perjalanan sekitar Rp800 ribu. Kebutuhan bensin mobil Toyota All New Rush jenis Pertamax dengan harga Rp13.900 per liter kurang lebih membutuhkan 2 kali full tank sebesar Rp1,25 juta.

Biaya penyeberangan kapal fery dari pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, untuk mobil dan penumpang sebesar Rp216 ribu. Lama penyeberangan sekitar 45 menit.  

uang rupiah

Total akomodasi perjalanan darat dengan mobil untuk sekali perjalanan pergi berlibur ke Bali membutuhkan biaya Rp2.266.000 untuk 4 orang.

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Biaya ini belum termasuk penginapan dan makan. Sebagai informasi, penginapan vila atau hotel berbintang 3 di Pulau Dewata rata-rata Rp400 ribu per kamar per malam. Sehingga jika ditotal kamu butuh Rp3,2 juta untuk penginapan.

Untuk sarapan biasanya sudah disediakan di hotel atau penginapan, sehingga kamu tinggal menghitung uang makan siang dan malam saja. Untuk durasi liburan 4 hari dan 3 malam dibutuhkan uang makan sekitar Rp3,2 juta. 

Sehingga dengan menghitung biaya budget liburan akhir tahun dengan jalur darat dibutuhkan dana kurang lebih Rp8,6 juta saja. Jauh lebih terjangkau bukan?

Tips liburan hemat

Menghitung budget liburan

Bagaimana cara menghemat pengeluaran saat menghitung budget liburan akhir tahun? Berikut tips liburan hemat dan tips mengatur keuangan yang dapat kamu aplikasikan.

Baca juga: Pentingnya Istirahat Saat Mengemudi di Tol Trans Jawa

  • Tanggal menginap. Untuk menekan biaya, kamu dapat memilih penginapan jauh hari sebelum tanggal berlibur. Biasanya dengan memesan jauh hari kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah.
  • Penginapan. Tips liburan hemat berikut adalah memilih penginapan yang tepat. Utamakan melihat rating dan ulasan dari tempat penginapan tersebut. Banyak loh tempat menginap seperti villa yang bagus dengan harga terjangkau di Bali.
  • Tips mengatur keuangan lain adalah menekan budget makan. Untuk sekali makan, cukup banyak resto di sana yang berharga di bawah Rp50 ribu. Jadi, pilihlah tempat makan yang tepat sebagai tips liburan hemat kamu dan keluarga.
  • Aktivitas. Mengunjungi tempat wisata rata-rata membutuhkan biaya akomodasi tambahan. Tips liburan hemat berikutnya adalah mengunjungi tempat-tempat wisata yang gratis seperti pantai, air terjun atau wisata terjangkau lain.
  • Tips mengatur keuangan lain yang bisa diterapkan adalah membeli paket wisata. Selain tidak repot mencari tempat melancong, biaya yang dikeluarkan biasanya sudah termasuk akomodasi masuk ke sana.

Jangan lupa untuk menyiapkan kondisi kendaraan sebelum menempuh perjalanan darat ya. Jika mengantuk dan lelah, usahakan segera beristirahat di rest area. Jangan memaksakan diri mengemudi demi keselamatan selama perjalanan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.