Search Cars

Keuangan

Biar Budget Ga Offside, Ini Tips Hitung Biaya Liburan Akhir Tahun

Cari tahu tips hitung biaya liburan, apalagi buat yang ingin menghabiskan cuti akhir tahun nanti. Apa saja yang bisa dilakukan?

tips hitung biaya liburan

Mengetahui tips hitung biaya liburan bisa mencegah pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Jangan sampai ketika liburan selesai, bukannya membuat pikiran menjadi lebih santai tetapi malah menyebabkan stres tambahan karena kondisi keuangan yang menipis. 

Saat ini liburan terutama liburan akhir tahun sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang. Untuk itu, agar tidak sampai mengalami offside sebaiknya lakukan perencanaan biaya yang matang sejak jauh-jauh hari. 

Baca juga: Wisata Jawa Tengah, Siapkan e-Money Tarif Tol Jakarta Semarang

Dengan menentukan budget yang akan digunakan tersebut, liburan akan menjadi lebih efisien dan tertata. 

Tips hitung biaya liburan

tips hitung biaya liburan

Melakukan beberapa tips hitung biaya liburan di bawah ini bisa membantu buat yang ingin healing tanpa khawatir kondisi finansial terganggu. Bagaimana caranya?

Menentukan tujuan berlibur

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan tujuan atau destinasi liburan. Ini menjadi penentu utama yang akan berpengaruh terhadap biaya liburan yang dibutuhkan, terutama ketika menghitung budget yang harus disediakan. 

Dari tujuan ini, nantinya akan diketahui juga biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan transportasi, akomodasi, dan keperluan lainnya. Jika sudah mengetahui tujuannya, pastikan untuk konsisten dalam pilihan tersebut.

Baca juga: Rest Area Arah Jakarta, Mana Saja yang Paling Nyaman

Melakukan perencanaan liburan sejak jauh-jauh hari akan membuat biaya yang terkumpul tentunya semakin banyak juga. Persiapan juga pastinya akan lebih matang dan baik. 

Pastikan tanggal dan durasi berlibur

tanggal liburan

Buat kamu yang ingin berlibur, pastikan terlebih dulu kapan tanggal keberangkatan dan pastikan pada tanggal tersebut tidak ada lagi pekerjaan ataupun urusan yang harus dilakukan. Selain itu, tentukan juga durasi yang akan dihabiskan pada saat berlibur. 

Perlu diingat bahwa perjalanan yang dilakukan, baik itu pada saat berangkat atau pulang dari tempat berlibur akan berpengaruh juga pada durasi berlibur. Tentunya durasi ini juga akan berpengaruh pada biaya yang akan dikeluarkan nantinya. 

Membuat estimasi anggaran liburan

hari libur 2023

Sebelum berlibur, pastikan dulu untuk membuat estimasi anggaran liburan. Agar tidak bingung, kamu bisa menuliskannya dalam bentuk poin-poin seperti ini:

  • Biaya konsumsi selama liburan
  • Biaya transportasi lokal
  • Tiket masuk tempat wisata
  • Uang saku selama bepergian
  • Pulsa telepon atau Internet
  • Oleh-oleh untuk keluarga atau teman

Selain menyiapkan estimasi anggaran liburan, jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat yang mungkin diperlukan pada saat berlibur nantinya. Dengan menyiapkan dana darurat, perjalanan pun akan lebih aman dan nyaman. 

Segera menabung

menabung beli mobil

Buat yang ingin melakukan liburan hemat, jangan lupa untuk menabung. Cobalah untuk membandingkan antara jumlah penghasilan dengan estimasi budget liburan yang akan dibutuhkan untuk mengetahui berapa dana yang harus dikumpulkan setiap bulannya.

Baca juga: Biar Healing Makin Asyik, Cek Jadwal Ganjil Genap Puncak!

Pada saat menabung, usahakan untuk memiliki komitmen yang kuat dan menghindari sifat boros atau membeli keperluan yang tidak dilakukan. Dengan begitu, biaya yang dibutuhkan untuk berlibur bisa cepat terkumpul.

Mendapatkan dana tambahan

mengatur uang thr

Terkadang meskipun sudah dilakukan perencanaan secara matang, ada kondisi saat kamu harus menggunakan uang tabungan yang sudah disiapkan. Biasanya ini terjadi karena ada kondisi-kondisi yang bersifat mendadak. 

Misalnya saja ketika ada keluarga yang sakit atau harus mengeluarkan biaya untuk kendaraan yang dipakai setiap harinya. Untuk itu, cobalah dengan mencari dana tambahan salah satunya adalah dengan mendaftar jadi Teman SEVA

Apa itu Teman SEVA?

Teman SEVA

Teman SEVA bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin berlibur tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Ini merupakan sebuah program insentif dari SEVA agar bisa dapat uang tambahan mulai dari Rp1 Juta hingga Rp2,5 juta per mobil yang berhasil dijual. 

Baca juga: Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru, Jangan Sampai Salah Ya!

Untuk bisa mendaftar jadi Teman SEVA, ternyata tidak sulit dan pastinya mudah. Bagaimana caranya? 

  • Kunjung bit.ly/Daftar-TemanSEVA   ​
  • Registrasi menjadi user SEVA​
  • Gunakan nomor telepon yang aktif di WhatsApp dan sudah melakukan registrasi di aplikasi AstraPay ya! Ini berguna untuk pengiriman insentif yang akan diberikan

Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut maupun terdapat keluhan sehubungan dengan layanan yang ada, bisa langsung menghubungi infotemanseva@seva.id

Jadi, bagaimana apakah kamu tertarik mendapatkan penghasilan tambahan buat liburan? Tinggal SatSet aja yuk langsung daftar!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.