Berita Utama Otomotif

Berlaku Tahun Ini, Bagaimana Aturan dan Cara Bayar Tol Nirsentuh?

Tol nirsentuh rencanananya akan mulai diberlakukan pada tahun ini secara bertahap. Bagaimana aturan dan cara pembayarannya?

tol nirsentuh

Sistem pembayaran tol nirsentuh atau atau pembayaran tol tanpa sentuh rencananya akan mulai diberlakukan pada tahun ini oleh pemerintah. Pada sistem ini, pengemudi kendaraan bisa menggunakan tol tanpa harus berhenti dan membuka kaca untuk melakukan pembayaran. 

Nantinya pembayaran akan dilakukan secara otomatis lewat aplikasi yang ada di smartphone dengan pengenalan data kendaraan lewat satelit. Lebih tepatnya, sistem yang akan digunakan adalah sistem server berbasis teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS).

Apa itu nirsentuh? 

bayar tol tanpa setop

Buat yang belum tahu apa itu nirsentuh pada sistem tol yang akan diberlakukan, sistem ini berkaitan dengan Multi Lane Free Flow (MLFF). MLFF sendiri merupakan transaksi pembayaran tol tanpa sentuh yang bisa dilakukan dalam kecepatan normal. 

Baca juga: Malas Isi BBM, Apa Efek Tangki Bensin Sering Kosong?

Dengan adanya pembayaran tol nirsentuh ini diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi pengendara. Serta menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan, dan kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran jalan tol di Indonesia.

Cara kerja pembayaran tol tanpa sentuh ini tentunya berbeda dengan sistem pembayaran tol konvensional. Dengan adanya sistem tol nirsentuh, pengendara tidak perlu lagi membayar karena saldo akan langsung terpotong dari uang elektronik yang terdapat di aplikasi.

Penggunaan uang elektronik ini, bisa mengurangi waktu transaksi menjadi hanya 4 detik dibandingkan dengan transaksi konvensional 10 detik. Jadi sudah tahukan apa itu nirsentuh?

Aturan tol nirsentuh

tarif tol trans jawa

Aturan tol nirsentuh ini berdasarkan pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 16/PRT/M/2017 tentang Transaksi Tol Non Tunai di Jalan Tol. Sebagai upaya menerapkan inovasi sistem transaksi yang cepat dan efisien bagi pengguna jalan tol

Baca juga: Benarkah Mobil Parkir Mundur Lebih Aman?

Meskipun aturan tol nirsentuh sudah ada, namun untuk implementasinya sampai saat ini masih dalam tahap sosialisasi. 

“Kami implementasikan secara bertahap pada Desember 2022. Kemudian akhir tahun 2023 mendatang akan diimplementasikan secara keseluruhan di seluruh jalan tol di Indonesia,” kata Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, dikutip dari Kompas.com. 

Apa itu aplikasi Cantas?

tarif tol trans jawa

Untuk cara bayar tol nirsentuh, pengendara bisa menggunakan aplikasi Cantas. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi dengan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS). 

Baca juga: Tips Membedakan Jok Mobil Kulit Asli dan Sintetis

Penggunaan teknologi ini bisa memudahkan cara bayar tol nirsentuh karena bisa dilakukan hanya melalui smartphone saja. 

Nantinya, pengguna yang sudah mengunduh aplikasi Cantas bisa langsung mendaftarkan kendaraannya ke dalam aplikasi tersebut. Setelah melakukan pendaftaran, data kendaraan seperti pelat nomor kendaraan akan terhubung dan sistem satelit. 

Data-data kendaraan yang terhubung itu, nantinya akan dikenali oleh sistem GNSS tersebut melalui ponsel yang digunakan oleh pengguna. Setelah itu, GPS akan menentukan lokasi berdasarkan satelit dan proses tap-matching akan berjalan di sistem pusat. 

Baca juga: Penghapusan Pajak Progresif Kendaraan, Apa sih Untungnya?

Saat kendaraan keluar tol dan proses tap-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif. Pengendara pun bisa langsung melakukan cara bayar tol nirsentuh tanpa harus menghentikan mobilnya saat melewati gerbang tol

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai tol tanpa sentuh tadi, apakah kalian sudah siap ketika sistem ini mulai diberlakukan? 

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi