Search Cars

Berita Utama Otomotif

Foto Perodua Axia Bocor, Benarkah Calon Pengganti LCGC Toyota dan Daihatsu?

Perodua Axia digadang-gadang sebagai penerus generasi terbaru mobil LCGC Agya dan Ayla di Indonesia. Intip spesifikasinya di sini.

Perodua Axia

Generasi terbaru Perodua Axia sudah diperkenalkan oleh media-media di Malaysia. Mobil yang dianggap sebagai kembaran Toyota New Agya dan Daihatsu New Ayla di Indonesia ini tampil berbeda dengan sejumlah pembaruan desain serta fitur.

Sebagai informasi, All New Toyota Agya dan All New Daihatsu Ayla akan segera diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat. Keduanya juga akan tampil dalam ajang IIMS 2023, 15-26 Februari mendatang.

All New Toyota Agya diperkirakan bakal diperkenalkan pada tanggal 13 Februari 2023. Sedangkan All New Daihatsu Ayla akan resmi dikenalkan pada tanggal 15 Februari 2023.  

Baca juga: Transaksi Nirsentuh Bakal Hilangkan Gerbang Tol, Uji Cobanya Tahun Ini

Apa saja fitur Perodua Axia yang membuatnya hadir lebih canggih dan kekinian? Dikutip dari paultan.org, ini foto serta spesifikasi Perodua Axia yang dipastikan menjadi basis All New Toyota Agya dan All New Daihatsu Ayla. 

Spesifikasi Perodua Axia

mesin perodua axia

Mobil asal Malaysia ini hadir dengan teknologi platform Daihatsu New Global Architechture (DNGA) berkode D74A. Dimensi kendaraan diperkirakan tidak terlalu jauh berbeda dengan LCGC Toyota Agya dan LCGC Daihatsu Ayla saat ini. 

Mobil dibekali mesin 1.000 cc dengan transmisi D-CVT. Total memiliki empat varian yaitu G, X, SE, dan varian paling tinggi AV. Kedua varian terakhir sudah disematkan tambahan fitur Eco Idle dan Power untuk efisiensi bahan bakar. 

Baca juga: 3 Modifikasi Mobil dan 10 Pelanggaran Lalu Lintas yang Dendanya Paling Besar

Konsumsi bahan bakar mobil asal Malaysia ini disebut cukup irit. Untuk tipe G dan X konsumsi rata-rata BBM diklaim sampai 25,3 kilometer per liter. Sedangkan pada tipe SE dan AV konsumsinya sampai 27,4 kilometer per liter.

Ukuran ban mobil 175/85 R14, dengan sistem rem ABS, EBD (Electric Brake Distribution) dan BA (Brake Assistant). Fitur Perodua Axia lain diperkirakan adalah HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), dan TRC (Traction Control).

All New Daihatsu Ayla

Bocoran lain soal fitur keselamatan calon mobil baru LCGC Daihatsu dan Toyota ini akan disematkan fitur Lane Keeping Assist, Blind Spot Monitoring, dan Adaptive Cruise Control pada varian tertingginya.

Baca juga: Tips Pasang Jalur Kabel Audio Mobil agar Tetap Aman

Spesifikasi Perodua Axia terbaru juga menyentuh desain lampu utama dengan teknologi LED, serta Daytime Running Light (DRL). Desain lampu depan tersebut dibuat menyambung dengan gril warna hitam yang dipermanis dengan emblem logo warna krom. 

Pilihan warna yang akan menjadi model terbaru LCGC Toyota dan LCGC Daihatsu ini tersedia dalam 5 pilihan. Coral Blue, Granite Grey, Lava Red. Ivory White, dan Glittering Silver. 

Fitur mobil

Melihat ke dalam kabin, pada dasbor, pintu, dan joknya dilapisi warna hitam, sedangkan pilar dan atapnya disematkan warna putih. Sekilas bagian interiornya mirip dengan Daihatsu New Sirion. Namun, belum diketahui apakah fitur Perodua Axia telah dilengkapi Long Sofa Mode pada joknya.

Baca juga: Fitur Baru Sirion yang Bikin Mobil Daihatsu ini Wajib Dimiliki

Joknya terlihat sudah menggunakan model semi bucket dan dilapisi dengan paduan material kulit dan kain, serta sedikit aksen garis merah. Terdapat tuas pengait di samping jok untuk menggantung barang.

Bagian setir sudah dilengkapi dengan tombol multifungsi. Terlihat juga terdapat tombol PWR, seperti yang disematkan juga pada Daihatsu Rocky. Pada bagian tengah dasbor tersemat head unit yang cukup lebar, kemungkinan berukuran  9 inci. 

perodua axia

Panel layar instrumen di bagian speedometer desainnya telah menggunakan layar TFT 7 inci. Pengaturan AC juga sudah digital dan di sampingnya terdapat tombol Engine Start Stop. 

Baca juga: Berapa Sih Harga Airbag Mobil Bila Harus Diganti?

Fitur Perodua Axia lain adalah pembaruan di sisi airbag dengan menyematkan 6 titik kantong udara pada bagian depan, samping dan tirai. Tersemat juga fitur Key Free Entry untuk akses keluar masuk mobil tanpa kunci.

bagian handle pintu menggunakan warna senada dengan bodi mobil. Untuk varian tertinggi, spion sudah dapat terlipat otomatis. Penasaran dengan harga Perodua Axia yang bakal dipamerkan di ajang IIMS 2023 nanti?

Harga Perodua Axia

all new toyota agya

Saat dirilis di Malaysia, mobil yang di Indonesia akan menjadi All New Daihatsu Ayla dan All New Toyota Agya ini dijual mulai Rp135 jutaan untuk varian terendah yaitu G. Sedangkan untuk varian X dijual Rp 140 jutaan.

Baca juga: Deretan Merek Mobil Peserta IIMS 2023 yang Bakal Digelar Februari Mendatang

Pada varian SE, harga Perodua Axia di Negeri Jiran adalah 44.000 RM atau sekitar Rp154 jutaan. Varian tertinggi yaitu AV dihargai 49.500 RM atau sekitar Rp173 jutaan.

Namun belum dapat dipastikan, berapa harga resmi OTR mobil-mobil tersebut saat dipamerkan pada ajang IIMS 2023 mendatang. Jangan lupa, siapkan waktu untuk hadir ke sana agar mendapatkan info lebih lengkap mengenai mobil LCGC Daihatsu dan Toyota terbaru ini.

Ingat untuk menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan saat berkunjung ke IIMS 2023. Sebaiknya gunakan transportasi umum untuk menuju lokasi sebagai upaya mengurangi efek gas buang kendaraan yang dapat mencemari lingkungan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.