Search Cars

Tips & Rekomendasi

Manfaat Anti Karat Mobil dalam Melindungi Bodi dan Cat

Lapisan anti karat mobil punya lima fungsi utama yang penting. Apa saja kelebihannya dalam perlindungan bodi dan cat kendaraan?

anti karat mobil

Memberikan lapisan anti karat mobil menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan agar bodi dan cat kendaraan semakin terlindungi. Lapisan ini tidak hanya diperlukan di mobil berusia lama, tetapi juga pada mobil berusia baru. Mengapa demikian?

Lapisan anti karat akan memberikan perlindungan ekstra pada bodi mobil dan juga lapisan cat mobil. Sehingga kendaraan kesayangan akan selalu terlihat baru dan bebas dari korosi utamanya di musim hujan seperti sekarang. 

Utamanya, pemberian lapisan ini dilakukan di bagian bawah kendaraan, rumah ban, sistem pembuangan, ruang mesin dan tangki BBM. Sebabnya, bagian-bagian tersebut rentan terserang karat dan berisiko alami kerusakan.

Baca juga: 3 Modifikasi Mobil dan 10 Pelanggaran Lalu Lintas yang Dendanya Paling Besar

Yuk, simak apa yang menjadi kelebihan anti karat mobil lainnya? Mengapa perlu melapisi bodi dan cat kendaraan dan berapa biaya anti karat mobil?

Kelebihan anti karat mobil

anti karat mobil

Setidaknya ada enam hal yang menjadi keuntungan saat kamu memberikan lapisan pelindung ini pada kendaraan.

  1. Melindungi dari bodi keropos

Sesuai dengan namanya, lapisan anti karat mobil akan memberikan perlindungan pada kendaraan dari serangan karat yang dapat membuat bodi mobil keropos. Serangan karat pada bodi mobil tidak boleh dianggap remeh karena membahayakan.

Baca juga: Transaksi Nirsentuh Bakal Hilangkan Gerbang Tol, Uji Cobanya Tahun Ini

Jika karat menyerang bagian kaki-kaki mobil, ruang mesin atau sistem pembuangan maka tentu dapat menimbulkan risiko kecelakaan dan turunnya performa kendaraan. 

  1. Mencegah kerusakan parah

Karat mampu menyebar dengan cepat. Jika ada satu bagian mobil yang berkarat dan tidak segera ditangani, maka dipastikan bagian mobil lainnya akan terkontaminasi dan berpotensi alami hal serupa. Lapisan ini membuat kejadian tersebut dapat diminimalisir.

  1. Usia mobil lebih panjang

Dengan perawatan bebas karat, maka usia pakai mobil kamu akan lebih panjang. Ini karena setiap komponen utamanya di bagian kaki-kaki mobil, ruang mesin dan lainnya tetap terjaga dari serangan karat.

  1. Bebas biaya perawatan tambahan
servis mobil

Melapisi secara berkala mampu membuat kamu terhindar dari kerusakan dan biaya perbaikan tambahan. Misalnya melakukan servis tangki BBM atau servis radiator yang bolong karena karat.

  1. Menambah efek kedap suara

Selain itu, kelebihan anti karat mobil lainnya ada yang bisa memberi efek kedap suara pada kabin. Pengaplikasiannya terutama di bagian sela-sela pintu mobil, jendela dan pada ruang mesin. 

  1. Menjaga nilai jual kembali

Bodi dan cat mobil yang terawat tentu akan membuat nilai jual kembali tetap tinggi. Selain itu dengan menjaga kendaraan bebas dari karat akan membuat kesan yang baik bagi calon pembeli mobilmu.

Durasi dan biaya anti karat mobil

uang rupiah

Idealnya, memberikan lapisan anti karat mobil dilakukan setiap 3 tahun sekali. Tentu saja daya tahannya bergantung pada kualitas bahan yang digunakan. 

Baca juga: Apa Itu Paint Protection Film, Apa Fungsinya pada Mobil?

Jika ingin melapisi cat mobil dan bodinya dengan anti karat, lakukan di bengkel spesialis yang telah memiliki rekam jejak bagus. Jangan melakukan pelapisan secara mandiri untuk menghindari dari kesalahan yang justru dapat merugikan.

Beberapa bengkel spesialis juga bisa menerima jasa pelapisan. Kamu tinggal menyiapkan cat anti karat yang banyak dijual di toko online. Harga 1 kaleng cat anti karat ukuran 1 liter berkisar Rp50 ribuan dan ukuran 5 liter seharga Rp350 ribuan. 

Untuk jasa biaya anti karat mobil cukup beragam, bergantung dengan ukuran mobil. Rata-rata biayanya sekitar Rp2-3 juta untuk mobil LCGC, city car dan hatchback. Mobil menengah seperti MPV dan SUV berkisar Rp4 jutaan dan mobil besar Rp5-6 jutaan.

Lama pengerjaan

anti karat mobil

Durasi pengerjaan pada proses pelapisan sebenarnya tidak memakan waktu lama. Beberapa bahan pelapis tersebut ada yang memiliki kelebihan anti karat lebih cepat kering hanya dalam hitungan 15 menit. 

Baca juga: Kabin Mobil Bocor Saat Hujan, Cek Yuk Titik Penyebabnya!

Rata-rata, proses pengerjaan dan sampai lapisan tersebut mengering tidak sampai 2 jam. Kamu bisa menunggu dan melihat proses tersebut langsung di bengkelnya.

Jadi, sudah terpikir kapan bakal memberi lapisan pelindung ini? Mengingat saat ini musim hujan, segera jadwalkan waktunya agar bodi mobil dan cat terlindung dari serangan karat.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.