Search Cars

Modifikasi

Wire Tuck Mobil Bisa Bikin Ruang Mesin Lebih Rapih

Wire tuck adalah salah satu jenis modifikasi pada bagian mesin mobil. Sudah tau dan pernah melihatnya? Yuk, kepoin di sini.

wire tuck

Pernahkah kalian melihat dalam mesin mobil terlihat rapih tanpa banyak kabel? Ternyata itu adalah salah satu teknik modifikasi mobil yang dinamai wire tuck.

Jika dicermati dan kalau kita lihat mesin mobilnya sekilas dia kayak mesin mobil biasa, cuma lebih rapih dan kabel-kabel itu menghilang. Teman-teman otomotif SEVA juga mungkin ada yang belum tahu ya apa itu wire tuck.

Jadi dari namanya, keahlian modifikasi kabel mesin ini terdiri dari dua kata, wire itu kabel dan tuck itu diselipkan. Jadi sebisa mungkin kabel seakan dihilangkan, dalam artian bukan dibuang.

Semua fungsi kabel dalam mesin masih normal, tapi bagaimana agar kabel-kabel itu terlihat ngumpet dan tidak kelihatan semrawut di dalam kap mesin. Itulah seni dari wire tuck.

Tapi semua teknik yang dipakai dalam jenis modifikasi kelistrikan ini harus tetap mengutamakan keselamatan dari suatu mobil, salah satunya jangan sampai membuat kelistrikan mobil jadi korslet.

kap mesin mobil

Kelemahan Modifikasi Wire Tuck

Di samping kelebihan dari teknik yang membuat komponen kabel di dalam kap mobil terlihat rapih, pengaturan modifikasi ini juga memiliki kekurangan.

Kelemahan yang bisa dirasakan adalah terjadi pada orang awam. Mereka akan bingung cari kabel, apalagi saat mobil dalam kondisi bermasalah di tengah jalan.

Baca juga: Kelistrikan Mobil Bermasalah? Bukan Cuma Aki Penyebabnya

Ada satu hal yang perlu dilakukan saat akan mengubah mesin pake teknik wire tuck.  Sebaiknya tetap mengutamakan keaslian bagian kelistrikannya, misalnya box sekring tetep pakai asli atau bawaan mobil tersebut.

Langkah selanjutnya adalah harus memperpanjang kabel, dan semua sambungan harus di solder dengan baik. Tidak boleh cuman asal, tetap ada standarisasinya.

Dengan mempertahankan sekring aslinya, maka misalnya ada kerusakan, mekanik tinggal mengurut kabel mana yang menjadi masalah atau masih bisa dibaca pada kotak sekring mobil tersebut.

Wire Tuck

Mobil yang Cocok Diaplikasikan

Terus untuk penerapannya sendiri, apakah wire tuck bisa di semua mobil? Atau hanya mobil-mobil tertentu?

Sebenarnya teknik wire tuck bisa dilakukan di semua mobil. Tapi untuk di Indonesia, masih banyak melakukan teknik modifikasi ini untuk mobil merek Jepang. Karena memang sejatinya modifikasi jenis ini dipakai untuk aliran modifikasi JDM.

Untuk mobil Eropa, karena biasanya kabel di dalam kap mesin banyak banget, jadi belum ada yang sanggup terapkan menyelipkan kabel secara rapih di sini.

Bagi kalian yang ingin membuat mesin mobil jadi wire tuck, sebaiknya dilakukan dengan teliti dan benar. Karena menyembunyikan kabel itu sebenarnya gampang, tapi caranya harus benar dan teliti.

Kayak misalnya kalian sambung-sambung kabel, itu tetap wajib disolder dan dengan pembungkus yang baik.  Jangan cuma asal dililit saja, karena itu akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Untuk pengerjaan modifikasi biasanya memakan waktu hingga sebulan. Alasannya, biar terlihat rapi mesin juga di overhaul dan bodi mesin juga dicat.

Wire Tuck

Cara Wire Tuck yang Biasa Dikerjakan

Sesuai dengan tujuannya modifikasi ini dikerjakan agar mesin mobil terlihat rapih. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh mekanik atau spesialis teknik modifikasi ini.  

  • Biasanya dibuatkan jalur lain atau khusus untuk kabel mesin, lampu, AC hingga klakson.
  • Jalur kabel khusus itu melewati bagian sasis mobil atau bikin lobang di tembok dalam mesin mobil.
  • Kemudian, pindahkan komponen seperti aki dari bagian dalam kap mesin ke kabin mobil.
  • Kabel-kabel itu biasanya disolder, agar lebih aman, kabel dibungkus ulang dengan pelindung.

Baca juga: Budget Modifikasi Mobil yang Nyaman Dipakai Harian

Tapi, wire tuck harus dilakukan ekstra hati-hati loh, karena masalah perkabelan tidak hanya memiliki jalur yang rumit, tapi juga bisa berbahaya apalagi sampai terjadi korslet di mobil.

Terakhir, buat kalian yang mau coba, hal yang penting lainnya, adalah kalian sebagai pemilik mobil juga mesti tahu jalur-jalur baru sistem kelistrikan ala wire tuck ini. Itu buat jaga-jaga aja, kalau suatu saat nanti ada masalah sama kelistrikan mobil kalian.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.