Search Cars

Tips & Rekomendasi

Apa Itu LCGC? Nih Rekomendasi Terbaiknya dengan Harga Rp150 Jutaan

Apa itu LCGC yang sering disebut mobil murah dan ramah lingkungan? Berikut adalah rekomendasi harganya di kisaran Rp150 jutaan.

apa itu lcgc

Apa itu LCGC? Secara arti kata, mobil LCGC (Low Cost Green Car) dapat disebut sebagai mobil yang berbiaya murah namun sekaligus ramah lingkungan.

Dengan statusnya sebagai mobil ramah lingkungan, apakah mobil LCGC juga otomatis menjadi mobil irit bensin

Agar lebih paham, kamu wajib mengetahui apa itu LCGC dan mengapa diberi label mobil murah serta ramah lingkungan?

Apa itu LCGC?

apa itu lcgc

Pertanyaan pertama yang muncul di benak masyarakat adalah, apa yang dimaksud dengan mobil murah pada mobil-mobil LCGC tersebut? 

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Murah artinya mobil tersebut memang dijual dengan harga terjangkau. Pada saat pertama diluncurkan tahun 2013 lalu, mobil ini memang dijual dengan harga di bawah Rp100 juta!

Selain itu, syarat lain dalam aturan LCGC saat itu adalah mobil harus dapat menempuh jarak 20 kilometer per liter bensin. Kedua syarat inilah yang lantas menjadikan mobil LCGC dikenal sebagai mobil hemat bensin dan harga terjangkau.

Selain itu, untuk mendukung arti kata ramah lingkungan, maka pada mobil LCGC dilengkapi dengan mode berkendara ECO friendly

Baca juga: Salah Modifikasi dan Aksesoris Bisa Bikin Mobil Boros Bensin, Benarkah?

Teknologi mesinnya membuat apa itu LCGC dapat mengonsumsi bahan bakar secara efisien sehingga tidak mencemari lingkungan.

Nah, setelah mengetahui apa itu LCGC, berikut rekomendasi pilihan SEVA untuk mobil LCGC murah dengan harga di kisaran Rp150 jutaan!

Mobil LCGC Daihatsu

new daihatsu sigra

Deretan mobil irit bensin dari Daihatsu adalah Daihatsu New Ayla dan Daihatsu New Sigra. Keduanya menjadi mobil LCGC dengan harga paling terjangkau.

Baca juga: 9 Penyebab Mesin Mobil Hilang Tenaga Saat di Gas

Selain irit bensin, mobil-mobil ini juga dikenal karena punya bagasi yang cukup luas di kelasnya. Yuk lihat spesifikasi singkat mobil LCGC hemat bensin ini.

Daihatsu New Ayla

apa itu lcgc

Mobil ini hadir dalam dua pilihan mesin, 1.000cc, berkode 1KR-DE, 3 silinder segaris dengan teknologi DOHC. Tenaga puncak yang dihasilkan mencapai 65 daya kuda pada 6.000RPM. Sementara torsi puncaknya mencapai 86Nm pada 3.600RPM.  

Mesin kedua berkapasitas 1.200cc berkode 3NR-VE, 4 silinder segaris, DOHC dan Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan maksimal sampai 88 daya kuda pada 6.000RPM. Torsi puncaknya menyentuh 108Nm pada 4.200RPM. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Buat Kamu yang Doyan Berburu Tempat Hidden Gems

Konsumsi bensin pada mesin 1.000cc pada jarak dalam kota menyentuh 16,5 kilometer per liter BBM. Sementara untuk jarak luar kota mencapai 20 kilometer per liternya.

Pada mesin 1.200cc, konsumsi bensin di dalam kota mencapai 15,2 kilometer per liter BBM. Saat dipakai melahap jarak jauh, konsumsinya tercatat sampai 20,1 kilometer per liter. Mantap.

Baca juga: 10 Cara Mencicil Kredit Mobil Baru

Tertarik meminang mobil irit bensin ini? Berikut harga OTR DKI Jakarta di SEVA.

Daihatsu New Sigra

Penjualan Daihatsu Sigra

Mobil LCGC berikutnya adalah Daihatsu New Sigra. Mobil yang menyandang sebagai mobil irit bensin terlaris dari Daihatsu ini mengalami facelift pada 7 Juli 2022 lalu.

Mesin tersedia dalam dua pilihan, performa mesin 1.000cc, berkode 1KR-VE, 3 silinder segaris, DOHC, VVT-i dapat menghasilkan tenaga puncak 67 daya kuda pada 6.000RPM. Torsi puncaknya 88Nm pada 4.400RPM.

Baca juga: Apa Saja Kelebihan Mesin 4 Silinder Pada Mobil?

Untuk mesin 1.200cc, berkode 3NR-VE, 4 silinder segaris, DOHC, Dual VVT-i dapat menyuplai tenaga maksimal 88 daya kuda pada 6.000RPM. Torsi atasnya ada di 108Nm pada 4.200RPM.

Urusan konsumsi BBM, Daihatsu New Sigra juga dikenal sebagai mobil irit bensin. Untuk mesin 1.000cc dalam jarak dalam kota, catatannya menyentuh 14 kilometer per liter. Saat dipakai ke luar kota, konsumsinya mencapai 18 kilometer per liter.

Pada mesin 1.200cc, konsumsi BBM saat dikendarai di rute dalam kota mencatat 14 kilometer per liter. Di rute jarak jauh, catatannya mencapai 17,2 kilometer per liter.

Baca juga: Fungsi Talang Air Mobil di Musim Hujan, Bukan Cuma Aksesori

Buat kamu yang tertarik meminang mobil LCGC murah Daihatsu New Sigra, simak harga OTR DKI Jakarta di bawah ini.

Harga Daihatsu New Sigra

Mobil LCGC Toyota

Toyota Agya

Pabrikan Toyota juga punya deretan mobil irit bensin dalam Toyota New Agya dan Toyota New Calya. Namun untuk harga, keduanya dijual mulai di kisaran Rp160 jutaan.

Sebagai referensi, berikut harga kedua mobil hemat bensin tersebut, untuk kondisi OTR di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Untuk kamu yang tertarik memiliki mobil-mobil hemat bensin dan ramah lingkungan, langsung aja cek di SEVAAwas Kena Gocek! Pastikan kamu mendapat skema cicilan yang Jelas dari Awal dengan memakai fitur Instant Approval dengan Loan Calculator!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.