paint protection film

Apa Itu Paint Protection Film, Apa Fungsinya pada Mobil?

paint protection film

Paint protection film (PPF) merupakan sebuah lapisan tambahan yang berfungsi untuk melindungi bodi mobil. Dengan begitu, tampilan mobil kesayanganmu tetap awet meskipun tanpa harus melakukan pengecatan ulang

Awalnya penggunaan PPF ini dirancang untuk kebutuhan militer pada saat Perang Vietnam. PPF ini pada masa itu digunakan untuk pelindung baling-baling helikopter yang mudah rusak karena berbagai kebutuhan di masa perang. 

Namun pada masa sekarang, penggunaan PPF ini sudah cukup meluas dan digunakan untuk pelindung bodi kendaraan. Meskipun memang untuk penggunaan PPF ini paling banyak untuk mobil, tetapi motor juga bisa menggunakan PPF. 

Apa itu PPF?

paint protection film

Penjelasan mengenai apa itu PPF, sesuai dengan namanya yaitu menggunakan lapisan film. Dalam melakukan pemasangan, lapisan film yang elastis ini dilaminasi ke bodi mobil agar cat mobil bisa terlindungi serta warna cat terlihat lebih mengilap dan tidak mudah tergores. 

Baca juga: Shockbreaker Mobil Bocor, Apa Dampak dan Bahayanya?

PPF ini memiliki sifat hidrophobik sehingga bisa melindungi cat mobil dari air dan kotoran yang menempel. Selain itu, sifat hidrophobik membuat lapisan cat mobil seperti daun talas sehingga air atau kotoran yang menempel akan lebih mudah untuk dibersihkan. 

Fungsi Paint Protection Film

Ada berbagai fungsi paint protection film yang berguna bagi mobil. Apa saja itu?

Bisa melindungi bodi mobil

mobil paling laris

Paint protection film terbuat dari lapisan film yang kuat dan tebal sehingga bisa mencegah mobil dari kerusakan fisik. Mulai dari goresan hingga benturan yang bisa merusak keaslian cat mobil kesayanganmu. 

Baca juga: Biaya Servis Mobil Toyota Raize, dari Jasa hingga Spare Part

Tidak hanya itu saja, terdapat manfaat lain dari penggunaan PPF pada mobil. Misalnya saja untuk memberikan perlindungan pada cat mobil dari cuaca, baik itu pada saat cuaca hujan maupun cuaca panas. 

Selain itu, cat mobil juga tidak akan mudah kusam karena PPF mampu melindungi dari air hujan dan sinar UV. Dengan begitu, warna cat asli mobil akan lebih awet dan tampilan mobil akan selalu maksimal. 

Tampilan mobil lebih mengilap

cat mobil

Penggunaan PPF juga bisa memberikan fungsi lain pada mobil, yaitu tampilan mobil yang lebih mengilap. Tampilan mobil yang lebih mengilap ini disebabkan karena adanya lapisan film yang melindungi bodi mobil itu sendiri. 

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Namun memang itu semua tergantung dari kualitas lapisan film yang digunakan. Lapisan film dengan kualitas standar bisa melindungi sampai 2 tahun, tetapi kualitas lapisan film yang paling bagus bisa melindungi mobil hingga 10 tahun lamanya. 

Tidak perlu sering-sering memoles mobil

poles mobil

Mengingat fungsi utama PPF adalah memberikan perlindungan bagi mobil, maka pemilik tidak harus sering-sering memoles cat mobil. Tentunya hal ini menguntungkan bagi pemilik mobil karena bisa lebih menghemat pengeluaran.

Mobil-mobil yang tidak dilapisi PPF biasanya membutuhkan pemolesan setiap beberapa bulan sekali. Hal ini dilakukan agar tampilan mobil bisa tetap mengilap dan terlihat seperti baru atau menjaga keaslian warna mobil. 

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Perbedaan PPF dengan coating mobil

Memang sekilas terlihat mirip, tetapi PPF berbeda dengan coating mobil. Pada coating mobil, biasanya yang digunakan pada bodi mobil adalah bahan kimia seperti waxing dan sifatnya yang sementara. 

Berbeda dengan PPF yang bisa berfungsi untuk melindungi cat mobil dalam jangka waktu yang lama. Hal ini karena penggunaan lapisan tebalnya yang berwarna transparan pada bodi mobil tersebut. 

Harga pasang PPF

PPF

Untuk harga pasang PPF sendiri memang bervariasi, tergantung dari ukuran mobil dan ketebalan lapisan film serta kualitasnya. Biasanya semakin besar ukuran mobil maka harga pasang PPF juga akan semakin mahal. 

Baca juga: Macam-macam Filter Mobil dan Kapan Harus Menggantinya

Harga pasang PPF sendiri berkisar antara Rp17,5 juta-Rp25 juta. Bahkan untuk penggunaan lapisan film yang terbaik bisa mencapai Rp50juta-Rp60 juta.

Dengan harga tersebut, biasanya pihak bengkel yang memasangnya akan memberikan garansi PPF. Pemberian garansi PPF biasanya cukup bervariasi, yaitu 5-10 tahun tergantung dari ketentuan yang diberikan. 

Bisa disimpulkan bahwa untuk pemasangan PPF memang lebih mahal dan pemilik harus menyiapkan budget khusus. Akan tetapi, hasilnya memang sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan tersebut. 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk memasang PPF pada mobilmu?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *