Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Pasang Jalur Kabel Audio Mobil agar Tetap Aman

Memasang kabel audio mobil perlu trik khusus saat dipasang agar tidak membebani kinerja aki. Ikuti tips lengkapnya di sini.

kabel audio mobil

Pemasangan kabel audio mobil saat ingin melakukan modifikasi sound system, memegang peranan penting. Pasalnya, kesalahan kecil bisa mengakibatkan kinerja aki mobil menjadi berat atau bisa berujung korsleting.

Upgrade audio mobil lazim dilakukan oleh pemiliknya. Biasanya karena tidak puas dengan kualitas audio standar bawaan pabrik. Modifikasi audio yang dilakukan pun beragam misalnya penggantian head unit, power amplifier, subwoofer, dan sebagainya.

Saat melakukan upgrade audio mobil, harap perhatikan pemasangan kabel audio mobil. Berikut tips yang harus kamu pahami sebelum melakukannya.

Tips memasang kabel audio

kabel audio mobil

Hal pertama sebelum memasang kabel audio mobil adalah mengingat prinsip efisien. Ukur kebutuhan dan pasanglah kabel seefisien mungkin, jangan biarkan kabel berlebihan atau terlalu panjang. 

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Modifikasi Audio Mobil

Semakin panjang kabel akan makin besar pula hambatannya. Selain menyulitkan dalam pemasangan, kabel terlalu panjang juga berpotensi mudah getas dan berujung performa sound system tidak maksimal. Berikut tips pemasangannya.

  1. Ganti alternator aki

Setiap pabrikan tentu memasang aki mobil sesuai dengan kebutuhan standar dari mobil yang diproduksi. Sehingga kamu perlu mengganti alternatornya agar proses upgrade audio mobil lancar. 

Alternator berfungsi untuk menggantikan kinerja aki mobil ketika mesin hidup. Energi listrik yang dihasilkan oleh komponen tersebut selanjutnya akan didistribusikan ke komponen lain yang membutuhkan.

  1. Perhatikan kualitas kabel

Saat memasang kabel dan sebelum meletakkannya di bawah karpet mobil, periksa kondisinya dan pastikan tidak ada yang terkelupas. Boleh juga membungkus kabel dengan selotip tahan panas agar lebih terlindungi. 

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Kabel audio yang bagus terbuat dari tembaga murni dan berjenis kabel serabut. Ini karena kabel serabut lebih lentur dan lebih sempurna dalam menghasilkan suara.

  1. Rapikan sambungan kabel
audio mobil

Cara memasang kabel audio mobil supaya aki tidak tekor selanjutnya adalah memastikan sambungan kabel dari perangkat audio menuju kepala aki terpasang dengan rapih.

Susun kabel-kabel tersebut satu per satu agar tidak terlihat berantakan. Apabila ada ujung kabel yang harus dipotong, tutuplah ujung kabel tersebut dengan selotip khusus untuk cegah arus pendek yang bisa membahayakan.

  1. Tambah power amplifier

Memasang power amplifier juga menjadi siasat instalasi kabel audio mobil supaya aki tidak tekor. Pilihlah kabel sesuai dengan daya yang dibutuhkan. Saat dipasang jauhkan kabel untuk power supply dengan kabel sinyal.

  1. Pasang sekring khusus

Agar terhindar dari risiko arus pendek, pasanglah sekring khusus pada sistem audio mobil. Ini juga dapat menjaga usia pakai komponen audio mobil terjaga.

Aliran audio mobil

modifikasi audio

Dalam dunia modifikasi sound system mobil, terdapat beberapa aliran audio mobil. Apa saja itu?

Baca juga: Aturan Pembatasan Pertalite dan Solar Segera Berlaku, Perlukah MyPertamina?

Pertama, aliran audio mobil SQ (Sound Quality). Jenis modifikasi ini mengutamakan kualitas dan kejernihan suara yang prima. Komponen yang biasanya dimodifikasi pada aliran ini meliputi head unit, prosesor dan speaker. Biaya modifikasi audio jenis ini mulai Rp1-5 juta.

Kedua, aliran modifikasi SQL (Sound Quality Loud) yang mengutamakan kerasnya suara. Perangkat yang umum dimodifikasi adalah power monoblock, speaker dan subwoofer. Biaya modifikasi audio jenis ini mulai Rp10-25 jutaan.

Terakhir adalah aliran modifikasi SPL (Sound Pressure Level) yang mengutamakan dentuman suara bass. Umumnya tingkat kebisingan suara di modifikasi ini mencapai 20 sampai 120 desibel. Biaya modifikasi audio ini berkisar Rp15 jutaan.

Baca juga: Cari Modal Usaha Jelang Ramadan dan Lebaran 2023? Begini Cara Mudahnya!

Untuk mendapatkan hasil modifikasi audio mobil terbaik, kamu sebaiknya melakukan pada bengkel spesialis berpengalaman. Jangan lupa untuk terlebih dahulu menghitung dana agar proses modifikasi audio tidak terkendala.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.