Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kap Mesin Mobil Rusak, Berapa Sih Biaya Perbaikannya?

Jangan panik jika kap mesin mobil rusak. Selain perbaikannya tidak rumit, biayanya pun tidak sampai menguras dompet. Berapa ya?

kap mesin mobil

Kondisi kap mesin mobil rusak, biasanya terjadi akibat kecelakaan. Kondisi umum yang menyebabkan bagian tersebut rusak misalnya penyok akibat tabrakan atau tertimpa material berat.

Proses perbaikan kap mesin mobil sebenarnya tidaklah rumit. Bengkel biasanya akan melihat tingkat kerusakan sebelum memperbaiki. Jika kap hanya mengalami penyok dalam skala kecil, tentu biayanya tidak besar.

Namun jika kap mesin mobil mengalami kerusakan parah, maka penggantian harus dilakukan. Sistem harga perbaikan di bengkel resmi biasanya menggunakan sistem harga per panel.

Baca juga: Rincian Perbaikan Mobil Bekas Tabrakan, Semahal Apa?

Istilah panel merujuk pada salah satu bagian dari kendaraan. Misal, panel pintu sebelah kiri, panel kap mesin, panel pintu belakang kanan, dan lain-lain. 

Harga satu panel kap mesin mobil beragam, tergantung jenis dan merek kendaraan. Sebelum membahas biaya perbaikan dan harga panel, kenali dulu beberapa jenis kerusakan kap mobil ini.

kap mesin mobil

Jenis kerusakan kap mobil

  • Warna kap memudar. Ini masalah umum yang sering terjadi. Karena selain terkena panas matahari, kap mesin mobil juga menerima panas dari ruang mesin. 
  • Engsel macet. Masalah ini timbul karena bagian engsel kap mobil mengalami karat atau kurang dilumasi. Jika tidak diperbaiki, karat dapat merambat ke seluruh bagian kap lainnya.
  • Cat menggelembung. Kerusakan ini juga disebabkan pada korosi karat.
  • Baret dan retak rambut. Kerusakan ini bisa diakibatkan oleh kesalahan saat mencuci dan mengeringkan area kap mesin. Bisa juga karena sering terpapar panas dan kualitas lapisan pelindung cat yang buruk. 
  • Penyok. Kerusakan biasanya akibat menabrak material keras, atau tertimpa material dari atas, samping dan depan kendaraan.   

Baca juga: Tips Membersihkan & Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Setelah memahami jenis-jenis kerusakan pada bagian tersebut, berikut informasi mengenai harga panel kap mobil.

refinancing kredit mobil

Harga panel kap mesin mobil

Di toko daring, harga satu panel kap mesin untuk mobil Toyota All New Avanza berkisar Rp 1,4 jutaan. Panel kap mobil Toyota New Agya berkisar harga Rp 1,2 juta. 

Untuk mobil Toyota All New Yaris, harga panelnya di kisaran Rp 4 juta, kemudian Toyota New Sienta di harga Rp 1,2 jutaan. Untuk Toyota New Calya, harga panelnya Rp 1,4 juta. 

Baca juga: Tips Aman Berkendara Malam Hari Bagi Wanita

Bagaimana dengan panel mobil Daihatsu? Harga panel kap mobil Daihatsu All New Xenia di kisaran Rp 1,3 juta. Untuk panel kap Daihatsu New Sirion di harga Rp 1,5 juta.

Mobil LCGC Daihatsu New Ayla, harga panel kap mesinnya berada di kisaran Rp 1,8 jutaan. Kemudian, untuk mobil Daihatsu Luxio harga panelnya di kisaran Rp 1,2 juta.

toyota vios

Perbaikan kap mesin mobil

Untuk biaya perbaikan kap mobil rusak tersebut, biasanya berbeda antara bengkel resmi dan bengkel variasi.

Baca juga: Benarkah Mobil Parkir Mundur Lebih Aman?

Kisaran harga jasa perbaikan panel tersebut di angka Rp 1 jutaan, sementara di bengkel resmi angkanya sekitar Rp 1,5 jutaan.

Besarnya biaya jasa perbaikan itu, dimanfaatkan oleh bengkel jasa ketok magic. Dengan selisih harga yang lebih murah, perbaikan aneka panel mobil pada bengkel ini memang tetap diminati hingga sekarang.

Selain harga murah, bengkel ini biasanya memberikan waktu pengerjaan yang lebih cepat. Berbeda dengan bengkel resmi atau variasi yang waktu pengerjaan bergantung pada ketersediaan komponen dan tingkat kerusakan.

kap mesin mobil

Perbaikan di bengkel body repair

Jika ragu pada kualitas bengkel ketok magic, kamu dapat memilih bengkel khusus body repair. Biasanya, biaya pengerjaan perbaikan panel pada bengkel ini lebih murah ketimbang bengkel resmi dan variasi.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi SEVA di Android dan iOS

Kisaran harga perbaikan panel kendaraan di bengkel ini mulai Rp 800 ribuan. Namun, demi mendapatkan hasil dan jaminan pekerjaan terbaik, sebaiknya kamu tetap melakukan perbaikan pada bengkel-bengkel resmi ya.

Selain itu, bengkel resmi biasanya memberikan garansi pekerjaan untuk kepuasan konsumen. Jadi, meski membayar sedikit lebih mahal, namun kualitas kerja lebih baik dan hati pun menjadi lebih tenang.

Jadi, jangan ragu untuk mengerjakan perbaikan kap mesin mobil yang rusak di bengkel resmi ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.