Search Cars

Keuangan

Buka Bisnis Car Wash, Apa Saja yang Dibutuhkan dan Berapa Modalnya?

Apakah bisnis cuci mobil alias car wash cukup menguntungkan? Berapa besaran biaya untuk memulai usaha ini? Benarkah cukup besar?

car wash

Bisnis car wash atau cuci mobil cukup menjamur di Indonesia. Pilihan usaha ini cukup menguntungkan mengingat banyaknya jumlah mobil yang dimiliki masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Dari modelnya, jenis tempat cuci mobil terbagi menjadi dua. Pertama, tempat cuci mobil manual biasanya dikerjakan oleh sejumlah karyawan yang mencuci mobil. Kedua, model otomatis. Jenis ini menggunakan teknologi robot dan minim campur tangan karyawan.

Kedua jenis car wash tersebut jelas memiliki harga layanan yang berbeda. Umumnya untuk model manual dikenakan biaya mulai Rp40 ribu per mobil. Sementara untuk model otomatis tarifnya mulai Rp50-80 ribu.

Baca juga: 5 Kerugian Bila Terlalu Sering Cuci Mobil di Car Wash

Alhasil, pilihan jenis usaha ini dapat menjadi salah satu cara berinvestasi dalam jangka panjang. Tertarik memulainya? Berapa modal usaha untuk bisnis car wash? Yuk cari tahu selengkapnya. 

Modal usaha car wash dan estimasi biaya

Raih Untung di Masa Depan dengan Investasi Mobil Klasik

Sebelum memulai bisnis car wash manual, ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan dihitung sebagai modal usaha. Apa saja?

  • Kompresor sebagai alat utama mengalirkan air dan busa pencuci ke seluruh bodi mobil. Harganya mulai Rp2,5 juta per alat.
  • Mesin steam yang berfungsi untuk memperkuat aliran air dari kompresor. Mesin ini dapat merontokkan debu dan kotoran yang melekat utamanya di bagian kolong mobil. Harganya mulai Rp600 ribuan.
  • Sampo dan sabun mobil, dapat dibeli dengan ukuran literan agar lebih terjangkau, Biayanya sekitar Rp60 ribu per 5 liter sampo.
  • Semir ban, bisa juga dibeli dengan ukuran liter seharga mulai Rp70 ribuan.
  • Kain lap chamois dan lap microfiber, harganya sekitar Rp50 ribuan per buah.

Baca juga: Mau Usaha Mobil Travel? Ini Rekomendasinya dari SEVA

Selain alat-alat tersebut, kamu juga perlu memperhitungkan sewa lahan minimal 10×7 meter persegi. Sebagai perkiraan, harga sewa lahan dengan luas itu sekitar Rp2 juta per bulan. Kemudian perhitungkan juga honor untuk tenaga pencuci per orang Rp1 juta per bulan.

tujuan investasi

Modal usaha bisnis car wash manual untuk memulainya jika ditotal membutuhkan dana sebesar Rp7 jutaan. Jangan lupa masukkan biaya tak terduga Rp3 juta sehingga total dana awal yang dibutuhkan sekitar Rp10 juta. 

Perkiraan modal usaha tersebut tentu dapat berubah, tergantung perkembangan harga dan kebutuhan lain di lapangan yang diperlukan sebelum memulai bisnis car wash.

Baca juga: Cuci Steam Mobil, Apa Kelebihannya dengan Cuci Sendiri?

Sedangkan jika kamu berniat membuka usaha tempat cuci mobil model otomatis dengan tenaga robot, tentu harus persiapkan modal usaha lebih mahal. Setidaknya untuk alat dan instalasinya membutuhkan dana sedikitnya Rp50 juta. 

Keuntungan bisnis cuci mobil

resesi 2023

Lalu berapa sih jumlah keuntungan bisnis car wash ini? Biasanya keuntungan bersih dari usaha ini berkisar 30 persen dari tarif cuci per mobil. Jika tarif sekali pencucian adalah Rp50 ribu, maka keuntungan bersih adalah Rp15 ribu. 

Meski keuntungan ini tidak terlalu besar, namun dalam jangka waktu yang panjang bisnis cuci mobil ini bisa menjadi ladang investasi yang menguntungkan. Bagaimana, tertarik untuk mengembangkan usaha bidang jasa ini?

Baca juga: Tunjangan dan Gaji Pegawai Kemenkeu, Bisa Beli Mobil Apa Saja Sih?

Jika kamu terkendala dalam hal modal usaha, sebaiknya tidak perlu cemas. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana segar secara cepat, aman dan terpercaya. Salah satunya adalah dengan menjadi Teman SEVA.

Teman SEVA

teman seva

Apa maksudnya Teman SEVA? Ini adalah program insentif yang akan memberimu uang tambahan hingga Rp2,5 juta per penjualan mobil. Dengan semakin banyaknya mobil terjual, maka komisi yang kamu terima juga akan semakin besar. Bagaimana cara daftarnya?

  • Kunjung bit.ly/Daftar-TemanSEVA  ​
  • Registrasi menjadi user SEVA.​
  • Gunakan nomor telepon yang aktif di WhatsApp dan sudah melakukan registrasi di aplikasi AstraPay. Ini berguna untuk pengiriman insentif yang akan diberikan kepadamu.

Setelah terdaftar, kamu dapat mulai membagikan link rekomendasi mobil kepada siapapun yang ingin membeli kendaraan baru. Mudah kan?

Baca juga: Suku Bunga BI Naik, Apa Investasi yang Tepat?

Selain Teman SEVA, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan dari fasilitas dana SEVA. Apa yang dimaksud dengan fasilitas dana SEVA? Ini adalah program gadai BPKB mobil untuk mendapatkan dana segar hingga ratusan juta Rupiah.

Fasilitas dana SEVA menjamin keamanan data dan dana yang akan disalurkan, karena SEVA merupakan bagian dari ekosistem Astra Group yang terpercaya. 

Yuk, ajukan pinjaman dana untuk beragam kebutuhan usaha atau keperluan pribadi yang aman, mudah dan #JelasDariAwal hanya di SEVA.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.