Search Cars

Tips & Rekomendasi

Usai Beli Mobil Bekas Bukan Cuma Ganti Oli, Ini Biaya dan Perawatannya

Ganti oli mobil memang diperlukan usai beli mobil bekas. Namun, ada sejumlah pengecekan lain yang juga tidak boleh dilewatkan.

ganti oli

Melakukan ganti oli setelah beli mobil bekas memang lumrah dilakukan. Selain untuk menjaga performa mesin tetap prima, hal ini juga dilakukan sebagai langkah antisipasi agar terhindar dari kualitas oli yang buruk akibat terlalu lama di dalam mesin.

Seperti diketahui, para penjual mobil bekas memang umumnya tidak melakukan penggantian oli kendaraan kecuali ada permintaan dari calon pembeli. Dengan membiarkan oli mengendap lama di dalam mesin, tentu kualitasnya akan menurun.

Namun selain melakukan ganti oli, ada sejumlah hal lain yang perlu dilakukan calon pembeli. Misalnya cek kaki-kaki, cek aki dan sistem kelistrikan, kondisi radiator dan lainnya. Berikut sejumlah hal dalam perawatan mobil bekas yang perlu diperhatikan.

Cek mesin mobil bekas

beli mobil bekas

Hal pertama usai beli mobil bekas adalah segera cek mesinnya. Hal ini untuk memastikan kondisinya dalam keadaan baik dan siap pakai. Jika kamu tidak yakin bagaimana cara cek mesin kendaraan lama, ajaklah montir atau teknisi untuk membantu melakukannya.

Baca juga: Detailing Mobil, Apa Saja yang Dikerjakan dan Berapa Biayanya?

Cek mesin mobil bekas dapat juga kamu lakukan dengan menyewa jasa inspeksi yang saat ini mudah ditemukan via smartphone. Cukup ketik kata kunci jasa inspeksi maka kamu akan mendapatkan banyak rekomendasinya dari mesin pencarian.

Ganti oli dan minyak rem

beli mobil bekas

Setelah cek mesinnya, maka pastikan kamu juga melakukan penggantian oli dan minyak lainnya. Misal mengganti oli transmisi dan oli gardan serta minyak rem

Penggantian ini sebaiknya dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan. Pastikan jenis dan jumlahnya tepat, sehingga sistem di dalam mobil dapat berfungsi optimal.

Cek kaki-kaki

beli mobil bekas

Hal yang tidak kalah penting adalah dengan memeriksa komponen kaki-kaki, seperti shockbreaker, ball joint, tie rod, rack steer, stabilizer, bushing arm dan sebagainya. Mengapa ini penting dilakukan?

Baca juga: Kain Lap Mobil, Pilih Chamois atau Microfiber, Bagus Mana Ya?

Mobil bekas tentu telah melewati berbagai medan jalan, baik yang beraspal mulus hingga jalan berlubang. Dengan melakukan cek kaki-kaki mobil bekas ini maka kamu sebagai pembeli dapat mengetahui masalah apa yang terdapat di sana.

Umumnya kendaraan lama akan memiliki masalah pada kaki-kakinya, misal timbul suara berderit atau suara berisik saat melewati jalan berlubang. Bisa juga timbul masalah roda kemudi susah dikendalikan, atau shockbreaker yang sudah tidak nyaman.

Masalah ini selain ganggu kenyamanan berkendara juga tentunya membahayakan jika tidak segera dilakukan perbaikan.

Biaya ganti oli dan perawatan mobil bekas

beli mobil bekas

Selain sejumlah hal di atas, perawatan mobil bekas lainnya meliputi cek fungsi radiator, cek freon AC mobil, cek sekring mobil agar terhindar dari bahaya kebakaran serta cek atau ganti aki mobil.

Baca juga: Elegan tapi Gampang Baret Halus, Begini Perawatan Mobil Warna Hitam

Untuk hasil yang maksimal, lakukan semua pemeriksaan ini pada bengkel mobil resmi. Berapa biaya perawatan mobil bekas tersebut?

Sebagai perkiraan, berikut biaya perawatan mobil bekas untuk kendaraan keluaran Toyota dan Daihatsu. Misalnya mobil Toyota New Calya dan Daihatsu Sigra ini kisaran biayanya.

  • Ganti oli mobil Rp600 ribu termasuk filter oli dan jasa.
  • Komponen minyak rem mobil Rp50 ribu.
  • Ganti set kampas rem depan Rp350 ribu.
  • Servis kaki-kaki mobil depan sekitar Rp4-5 juta termasuk jasa.
  • Cek dan servis radiator mobil Rp300 ribu.
  • Paket isi freon AC mobil berkisar Rp300 ribu.
  • Aki mobil baru sekitar Rp800 ribu termasuk biaya pasang.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Hindari Pencurian Mobil

Jika terkendala biaya, lakukan proses perbaikan dengan mengganti oli mobil dan minyak rem terlebih dahulu. Selanjutnya ganti aki, kampas rem, servis radiator, freon AC dan terakhir melakukan servis kaki-kaki mobil. 

Bila kamu tidak ingin mengeluarkan uang tambahan untuk biaya perawatan mobil bekas, sebaiknya beli kendaraan baru saja. Di SEVA, pembelianmu akan lebih ringan karena ada Loan Calculator yang menghitung cicilan kredit paling sesuai dengan kemampuan.

Ada juga fitur Instant Approval, yang membantu proses pengajuan kredit mobil baru kamu disetujui dalam hitungan menit. Keren kan? Dijamin deh semua hitungan dan prosesnya tanpa berbelit serta #JelasDariAwal.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.