Ciri-Ciri AC Mobil Kurang Freon dan Cara Mengatasinya

AC mobil kurang freon bisa membuat kabin mobil menjadi tidak dingin seperti biasanya. Agar tidak mengalaminya, apa ciri-cirinya?

ac mobil kurang freon

AC mobil kurang freon bisa membuat kenyamanan pengendara dan penumpang menjadi berkurang. Hal ini karena bisa menyebabkan kondisi di kabin mobil menjadi lebih panas karena performa AC yang tidak maksimal tersebut. 

Buat yang belum tahu, freon merupakan gas yang berfungsi untuk menghasilkan udara dingin pada AC. Ketika ada tekanan, maka gas freon ini akan berubah menjadi cair.

Pada saat kandungan freon tidak cukup, bisa membuat ventilasi AC menjadi tidak bisa menghasilkan udara dingin. 

Baca juga: Tidak Cuma SIM, BPJS Sekarang Jadi Syarat Urus STNK

Memang, apa saja ciri-ciri AC mobil kurang freon? Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan: 

ac mobil tidak dingin

AC tidak dingin

Saat dinyalakan, biasanya udara dingin akan langsung keluar dari ventilasi udara. Namun, terkadang ada kondisi dimana udara yang berhembus itu tidaklah dingin meskipun sudah mengatur suhu AC pada tingkat yang paling dingin. 

Bukannya membuat kabin mobil menjadi dingin, justru yang keluar hanyalah hembusan angin. Ini bisa menjadi ciri-ciri AC mobil kurang freon atau bahkan freon sudah dalam kondisi yang habis. 

Baca juga: Radiator Mobil Bocor Mendadak, Apa Sebabnya?

Akan tetapi, hal ini sebaiknya dilakukan pengecekan lebih lanjut karena biasanya AC mobil yang tidak dingin bisa juga disebabkan karena beberapa faktor lainnya. Mulai dari kipas pendingin mati, kompresor rusak atau magnetic clutch yang rusak.

freon

Tidak ada freon pada sight glass

Ciri-ciri lain AC mobil kurang freon adalah tidak adanya cairan freon pada sight glass. Untuk mengeceknya bisa langsung buka kap mesin mobil. Sight glass adalah kaca berbentuk bulat yang berfungsi untuk melihat sirkulasi freon dan biasanya terletak di filter freon atau dryer. 

Jika pada saat dicek tidak cairan di dalamnya, maka bisa dipastikan bahwa freon yang ada di dalamnya sudah habis. 

Baca juga: Urus Ganti Warna Mobil, Bagaimana Cara dan Berapa Biayanya?

Jadi, jika dirasa AC mobil Anda tidak sedingin biasanya, jangan lupa juga untuk memeriksa komponen yang satu ini. Apabila tidak ada cairan di dalamnya, maka hampir dipastikan freon sudah hampir habis. 

kompresor AC

Kompresor terus menyala

Pada saat AC mobil kurang freon, magnetic clutch akan terus tersambung ketika AC dalam keadaan hidup. Padahal normalnya magnetic clutch akan terlepas ketika tekanan freon sudah berada dalam keadaan maksimal. 

Ketika freon habis yang biasanya disebabkan karena adanya kebocoran, selang AC akan dipenuhi udara. Ini bisa membuat kompresor AC hanya memompa udara biasa yang pada akhirnya tekanan pada udara selang high pressure menjadi tidak maksimal. 

selang AC

Selang low pressure AC tidak muncul embun

Komponen yang ada dalam sistem AC mobil salah satunya adalah selang kompresor yang terbagi menjadi 2 bagian, yaitu selang high pressure dan selang low pressure. Pada saat AC dihidupkan, biasanya akan muncul embun pada selang low pressure. 

Baca juga: Ban Eco, Benarkah Cepat Aus dan Bikin Irit BBM?

Embun ini terjadi karena adanya perbedaan antara suhu yang ada di dalam selang yang dingin dan suhu di luar selang yang panas. Jadi, ketika tidak muncul embun pada selang low pressure maka bisa menjadi ciri-ciri AC mobil kurang freon. 

cara mengatasi

Cara mengatasinya AC mobil kurang freon

Untuk mengatasi AC mobil kurang freon hal pertama yang dilakukan adalah periksa apakah ada kebocoran pada selang atau tidak. Setelah itu, lakukan beberapa cara berikut ini: 

  • Hidupkan AC lalu oleskan air sabun pada selang. Jika ada kebocoran, biasanya akan ada gelembung pada selang
  • Gunakan leak detector, yaitu dengan memasukkan tinta khusus ke dalam saluran AC lalu nyalakan AC selama beberapa menit. Setelah itu, soroti saluran AC dengan senter. Nantinya, akan terlihat bagian selang yang bocor.

Nah, itulah cara awal yang bisa dilakukan untuk mengatasi langkah awal kebocoran pada selang AC. Akan tetapi, disarankan untuk memeriksakan kendaraan di bengkel untuk memastikan kondisi sekaligus melakukan perbaikan. 

Baca juga: Fakta Ban Mobil Listrik, Benarkah Teknologinya Berbeda?

Jadi, buat pemilik mobil harus perhatikan ya kalau AC mobil kurang freon dan jangan lupa selalu lakukan perawatan mobil secara berkala agar risiko bisa berkurang ya!