Search Cars

Tips & Rekomendasi

Urus Ganti Warna Mobil, Bagaimana Cara dan Berapa Biayanya?

Ganti warna mobil tidak bisa sembarang dilakukan karena ternyata ada aturan khususnya. Bagaimana caranya dan berapa biayanya?

ganti warna mobil

Ganti warna mobil bisa menjadi pilihan jika sedang merasa bosan tanpa harus mengeluarkan biaya lebih besar dengan menggantinya. Akan tetapi, proses ini sebenarnya tidak bisa dilakukan begitu saja karena ada aturannya. 

Bukan hanya biaya untuk mengecat tetapi juga ada biaya administrasi yang harus dikeluarkan untuk penggantian BPKB dan STNK. seperti diketahui, warna kendaraan menjadi salah satu identitas kendaraan yang ada di surat-surat resmi. 

Jika melakukan penggantian warna kendaraan tanpa melapor pada pihak kepolisian, maka kendaraan bisa dianggap ilegal. Untuk itu, ketahui bagaimana cara mengurusnya dan berapa sih biayanya?

syarat ganti warna

Syarat ganti warna mobil

Untuk STNK yang ingin melakukan ganti warna mobil akan dilakukan di kantor Samsat pusat masing-masing kota atau kabupaten di mana kendaraan tersebut terdaftar. Penyebabnya adalah karena akan ada proses pemeriksaan cek fisik yang akan dilakukan petugas. 

Baca juga: Fakta Ban Mobil Listrik, Benarkah Teknologinya Berbeda?

Pada saat akan melapor, usahakan untuk melengkapi semua persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa dokumen persyaratan tersebut antara lain: 

  • Kartu tanda penduduk (KTP) atau surat tinggal bagi WNA yang tinggal sementara.
  • STNK asli.
  • BPKB asli. 
  • Surat kuasa bermaterai (apabila diwakilkan).
  • Surat keterangan dari bengkel yang melaksanakan perubahan warna disertai TDP (Tanda Daftar Perusahaan) atau NIB (Nomor Induk Berusaha), SIUP, NPWP, dan surat keterangan domisili.
  • Hasil cek fisik kendaraan bermotor
biaya urus stnk

Biaya mengurus STNK untuk ganti warna mobil

Selain mengetahui persyaratan untuk ganti warna mobil, hal lain yang perlu diketahui adalah mengenai biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini karena faktor biaya kerap menjadi salah satu kendala bagi masyarakat ketika harus mengurus surat-surat kendaraan semacam ini. 

Banyak masyarakat yang mungkin takut akan biaya yang dikeluarkan akan terlalu besar. Padahal, kenyataannya biayanya tidak jauh berbeda dengan membuat STNK atau BPKB yang baru. 

Baca juga: Baru Bisa Mengemudi, Ini Cara dan Syarat Bikin SIM Baru

Besaran biaya tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Berdasarkan aturan tersebut berarti penerbitan STNK kendaraan bermotor roda empat atau lebih akan dikenakan biaya Rp 200 ribu. Biaya yang harus dikeluarkan tersebut lebih murah dibandingkan untuk kendaraan bermotor roda dua atau tiga yang tarifnya Rp 100 ribu.

Sedangkan biaya penerbitan BPKB baru kendaraan bermotor roda empat atau lebih tarifnya adalah Rp 375 ribu. Angka tersebut lebih besar dibandingkan biaya penerbitan BPKB untuk kendaraan bermotor roda dua atau tiga yaitu Rp 225 ribu.

dana lebih

Siapkan dana lebih

Akan tetapi, bagi masyarakat yang ingin mengurus ganti warna mobil ini sebaiknya tetaplah harus menyiapkan dana lebih. Hal ini karena biaya yang disebutkan tadi belum termasuk biaya untuk melakukan cek fisik kendaraan atau adanya kemungkinan biaya administrasi tambahan.

Baca juga:  Ketahui Batas Maksimal Usia Mengemudi, Berapa Idealnya?

Biaya itu juga kemungkinan bisa akan lebih tinggi lagi jika pemilik kendaraan menggunakan layanan biro jasa. Layanan biro jasa ini menjadi salah satu pilihan bagi para pemilik kendaraan yang memang ingin mengurus surat-surat kendaraannya. 

Penggunaan layanan biro jasa ini bisa sangat membantu bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu banyak. Pasalnya, proses mengurus STNK ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan lebih lama dari melakukan proses perpanjangan STNK pada umumnya. 

Jadi, beberapa hal yang perlu disiapkan oleh pemilik kendaraan ketika akan mengurus ganti warna mobil selain dari menyiapkan persyaratannya tadi adalah waktu yang memang harus disiapkan. Jangan lupa juga untuk selalu siapkan dana tambahan, ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.