Tips & Rekomendasi

Apa itu Mekanik? Apa itu Montir? Apa Perbedaan Keduanya

Perbedaan apa itu mekanik dan montir mungkin banyak yang belum tahu. Ternyata keduanya punya peran masing-masing yang berlainan.

apa itu mekanik

Di dalam bengkel apa itu mekanik kadang dianggap punya tugas yang sama dengan montir. Bahkan tidak jarang dianggap keduanya sebenarnya adalah orang yang sama, hanya beda penyebutan saja.

Padahal, kedua peran itu jelas berbeda. Hal yang menjadi persamaan dari keduanya adalah sama-sama menjadi orang yang memahami mesin kendaraan.  

Namun agar lebih jelas dan lebih mudah dipahami, yuk cari tahu apa itu mekanik? Apa bedanya dengan montir? Bagaimana tugas dan perannya dalam sebuah bengkel? 

Apa itu mekanik?

apa itu mekanik

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata mekanik diartikan sebagai orang yang ahli di bidang mesin. Dalam sebuah bengkel, posisi mekanik biasanya memiliki tugas yang berbeda dengan montir.

Baca juga: Tips Agar Biaya Perawatan Mobil Tidak Membengkak

Secara umum seorang mekanik akan bertugas mengecek seluruh kondisi kendaraan, mulai dari mesin hingga sistem kelistrikan sebelum memetakan bagian-bagian yang rusak dan butuh perbaikan. 

Selain itu, apa saja yang jadi tugas seorang mekanik?

  • Melakukan pemeriksaan pada kendaraan untuk menentukan tingkat kerusakan.
  • Melakukan uji kendaraan untuk memastikan semua sistem berfungsi normal.
  • Mengikuti daftar periksa (check list) untuk memastikan semua langkah perbaikan sudah berjalan sesuai prosedur.
  • Memiliki keahlian untuk mengoperasikan sejumlah perawatan untuk pemeriksaan kondisi mesin kendaraaan.
  • Mengikuti perkembangan teknologi terbaru dari mesin mobil.
  • Memahami jenis-jenis suku cadang serta cara pemasangannya.
  • Paham karakteristik setiap jenis mesin mobil. 

Baca juga: Kamera Parkir Mobil Rusak, Berapa Biaya Perbaikannya?

Dapat disimpulkan apa itu mekanik adalah orang yang bertanggung jawab untuk memeriksa dan merawat performa kendaraan sesuai standar yang berlaku. Hal ini membedakan perannya dengan seorang montir.

Tugas Seorang Mekanik

Setelah memahami apa itu mekanik , mari cari tahu tugas – tugas yang mereka kerjakan. Pekerjaan seorang mekanik sangat luas. Seorang Mekanik memiliki tanggung jawab untuk membangun, merawat, juga mereparasi mesin menggunakan peralatan khusus.

Pekerjaan seorang mekanik juga memiliki spesifik pada bidang tertentu, sesuai dengan bidang yang ingin difokuskan seperti mesin berat, mesin kendaraan, dan lainnya. Namun, semua mekanik memiliki ilmu dasar yang sama.

Mekanik bukan montir

apa itu mekanik

Dalam KBBI, arti kata montir adalah orang yang pekerjaannya memasang, memperbaiki, dan sebagainya pada mesin kendaraan bermotor yang alami kerusakan. Dari definisi ini jelas terlihat perbedaan apa itu mekanik dan seorang montir.

Secara umum, tugas-tugas montir dan tanggung jawabnya meliputi hal-hal berikut:

  • Membongkar, memasang dan memperbaiki onderdil kendaraan yang membutuhkan perbaikan atau penggantian.
  • Berkonsultasi dengan mekanik mengenai perbaikan kendaraan yang harus dikerjakan.
  • Memastikan semua onderdil kendaraan yang diganti telah terpasang dengan tepat.
  • Memberikan rekomendasi lainnya kepada mekanik terkait kerusakan atau penggantian onderdil yang diperlukan.

Baca juga: Pengertian Sparepart Mobil Fast Moving dan Slow Moving

Dapat disimpulkan seorang montir adalah orang yang bertanggung jawab untuk melakukan penggantian suku cadang, perawatan dan rekomendasi perbaikan lain kepada mekanik. Sudah jelas ya perbedaan apa itu mekanik dan montir?

Pentingnya rawat mesin kendaraan

apa itu mekanik

Bagi kamu yang memiliki kendaraan, harap ingat untuk rutin melakukan servis berkala pada bengkel resmi. Selain menjaga performa mesin, merawat mesin kendaraan dapat mengurangi risiko kerusakan parah.

Namun jika kamu lebih suka merawat kendaraan sendiri, sebaiknya periksa tiga komponen penting ini sebagai perawatan paling mudah dan sederhana. Apa saja itu?

Baca juga: DIY Kuras Radiator Mobil, Mudah dan Hemat!

  1. Memeriksa dan ganti oli mesin teratur. Kualitas oli yang terjaga membuat kinerja mesin tetap prima. Sesuaikan jenis oli dengan rekomendasi pabrik.
  2. Membersihkan filter udara, filter bensin, dan periksa berkala air radiator. Ketiga komponen ini turut mendukung performa mesin bertenaga, tidak mudah panas dan hemat BBM.
  3. Memeriksa busi dan menggantinya setiap 20 ribu kilometer. Komponen penting yang kadang terluput dari perawatan. Busi menjadi komponen utama dalam pembakaran BBM, performanya yang jelek akibatkan mesin bekerja lebih berat.

Ingat ya, melakukan perawatan kendaraan pada bengkel resmi dengan bantuan mekanik dan montir berpengalaman, tentu lebih terjamin hasilnya ketimbang melakukannya sendiri di rumah.

Yuk, jangan tunda lagi untuk merawat kendaraan!

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi