Search Cars

Tips & Rekomendasi

DIY Kuras Radiator Mobil, Mudah dan Hemat!

Kuras radiator mobil sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya ternyata sangatlah mudah dan tentunya lebih hemat lho!

kuras radiator mobil

Kuras radiator mobil sendiri di rumah ternyata bukanlah hal yang sulit dan bisa dilakukan sendiri. Selain bisa lebih detail, ini juga bisa membuat pengeluaran menjadi lebih hemat karena gratis alias tidak perlu keluar biaya.

Radiator sendiri menjadi komponen yang cukup vital dalam mobil karena berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Suhu mesin yang terlalu panas bisa menyebabkan bahaya atau bahkan bisa meledak. 

Baca juga: Radiator Mobil Bocor Mendadak, Apa Sebabnya?

Itulah mengapa, pemilik mobil harus secara rutin memerhatikan komponen mobil yang satu ini. Perawatannya juga tidak hanya dengan mengisi air atau coolant saja tetapi juga dengan menguras isi radiator secara keseluruhan. 

Cara kuras radiator mobil 

Untuk kuras radiator mobil sendiri di rumah, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

1. Buka tutup radiator di bawah

tutup radiator bawah

Pada bagian bawah radiator, terdapat tutup yang berguna jika ingin mengurasnya. Pemilik mobil bisa membuka tutup tersebut lalu kosongkan air atau coolant yang ada di dalam radiator tersebut. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Salah Oli Mesin Bikin Boros BBM?

Kemudian setelah tutupnya dibuka, pemilik mobil harus menunggu beberapa waktu untuk memastikan bahwa seluruh air yang ada di dalam radiator tersebut sudah keluar semua dan tidak ada yang tersisa. 

2. Tutup dipasang kembali

pasang tutup radiator

Langkah selanjutnya jika ingin kuras radiator mobil sendiri adalah dengan memasang kembali tutup pada bagian bawah komponen. Saat air di dalam radiator dipastikan sudah habis, pasang kembali tutup tersebut. 

Saat memasang kembali tutup, pemilik mobil harus memastikan kondisinya sudah lurus dengan lubangnya. Hal ini dilakukan agar air atau coolant yang ada di dalam radiator tidak mengalami kebocoran. 

3. Isi kembali radiator

radiator mobil bocor

Jika dua cara sebelumnya sudah dilakukan, selanjutnya adalah dengan melakukan pengisian ulang radiator. Saat mengisi kembali, pemilik mobil bisa menyiapkan 10 liter air untuk memenuhi radiator. 

Baca juga: Alasan Lampu Rem Belakang Mobil Menggunakan Warna Merah

Pada saat radiator sudah penuh, tutup radiator bisa dipasang kembali dan radiator pun sudah bisa langsung digunakan kembali. 

Biaya kuras radiator mobil

biaya kuras radiator

Namun jika pemilik mobil tidak memiliki waktu untuk kuras radiator mobil sendiri di rumah, bisa juga dengan menggunakan jasa bengkel. Sebagai informasi, menguras radiator sebaiknya dilakukan setiap jarak tempuh sudah mencapai 5.000 kilometer atau 2 bulan sekali. 

Jika mobil sudah sering mengalami overheating mungkin sudah sebaiknya mengecek ke bengkel untuk mengetahui penyebabnya karena hal ini tentunya harus ditangani oleh ahlinya. Tentunya tidak bisa dilakukan sendiri di rumah. 

Baca juga: Sejarah Airbag Mobil Beserta Fakta-faktanya

Mobil yang sering mengalami overheating, kemungkinan besar air radiatornya harus sudah sudah dilakukan penggantian dengan air khusus. Misalnya saja dengan air coolant radiator, radiator super coolant, atau antifreeze coolant protector. 

Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan kuras radiator mobil biasanya tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu untuk air biasa. Sedangkan jika menggunakan air radiator khusus harganya berkisar antara Rp 50 ribu sampai dengan Rp 85 ribu. 

Nah, masih cukup murah bukan jika memang harus melakukan penggantian di bengkel? Akan tetapi, meskipun biayanya cukup murah bukan berarti kondisi radiator mobil bisa diabaikan begitu saja ya. 

Tetap harus mengecek kondisi radiator mobil kesayanganmu secara rutin dan berkala!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.