toyota alphard

Toyota Alphard Laris Diborong di GIIAS Meski Inden, Begini Responnya

toyota alphard

Luar biasa! All New Toyota Alphard generasi terbaru yang diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) di GIIAS pada 10 Agustus 2023 lalu menorehkan angka penjualan yang fantastis. 

Hingga hari ke-8 pameran GIIAS 2023 (18 Agustus 2023) saja, kendaraan tersebut sudah dipesan sebanyak 197 unit, ini sudah termasuk varian mobil hybrid (Hybrid Electric Vehicle/HEV).

Tidak hanya di GIIAS 2023, pemesanan MPV (Multi-Purpose Vehicle) mewah ini ternyata juga ramai dipesan di beberapa dealer Toyota, bahkan inden hingga tahun 2024 mendatang. 

Inden Toyota Alphard

toyota alphard hybrid

Menyoal ini, Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy memberikan tanggapannya. Menurut Anton, pihaknya telah berkomunikasi dengan prinsipal untuk memastikan pasokan generasi baru Alphard agar tidak terjadi penumpukan antrian atau inden panjang.

Baca juga: Toyota Alphard Hybrid Resmi Diluncurkan di Ajang GIIAS 2023, Bagaimana Spesifikasinya?

“Kita lagi berbicara dengan prinsipal. Kebetulan banyak dari pihak region office dan TMC juga datang dan mereka sangat support. Mereka mengerti bahwa Alphard ini salah satu market terbesar di dunia itu di Indonesia, di luar China dan Jepang. Mudah-mudahan tidak akan selama itu (hingga 2024),” terang Anton (19/8).

Toyota mengusahakan batas inden lebih cepat 

alphard hybrid

“Sekarang kita lagi kumpulkan SPK totalnya berapa, begitu kita dapat angka pastinya kita akan coba dapatkan produksi lebih supaya daya tunggunya tidak perlu satu tahun, (tapi) enam bulan atau di bawah itu,” kata Anton lagi.

Kira-kira berapa total SPK Toyota Alphard?

Baca juga: Apa Saja Mobil Terbaik GIIAS 2023 Pilihan Netizen SEVA? Cek Disini

“(Total) SPK (Alphard) belum ada. Di GIIAS kira-kira 200-an. Mungkin kalau ditambah di luar GIIAS sudah lewat dari 400-500 unit. Tapi mungkin kita pastikan sampai akhir bulan ini dulu, karena pengiriman (dari Jepang) akan dimulai akhir September,” Anton menerangkan.

Estimasi inden terjadi hingga satu tahun ke depan, mengingat All New Toyota Alphard merupakan unit Completely Build Up (CBU) alias didatangkan secara utuh dari Jepang. Adapun hingga akhir tahun 2023 ini, Indonesia hanya akan mendapat suplai sekitar 300 hingga 400 unit Toyota Alphard.

toyota alphard hybrid

Bisa dibilang, angka produksi ini masih belum memenuhi pemesanan Toyota Alphard yang sudah mencapai angka 500-an. Namun Anton bersama timnya akan terus berusaha agar produksi kendaraan ini bisa dipercepat.

Baca juga: Testimoni Pengunjung dan Acara Penutupan GIIAS 2023

Varian terendah All New Toyota Alplhard dibanderol mulai dari Rp1.350.00000 hingga yang tertinggi Rp1.660.000.000 (on the road/OTR DKI Jakarta).

Khusus untuk varian mobil hybrid, harga Toyota Alphard 2.5 HEV (Non Premium Color) adalah Rp1.657.000.000. Sementara mobil hybrid Toyota Alphard 2.5 HEV (Premium Color) dimulai dari Rp1.660.000.000 (on the road/OTR Jakarta).

Banjir SPK Toyota Alphard dkk di GIIAS 

Dengan bangga Anton juga menyampaikan bahwa hingga Jumat, 18 Agustus, total SPK Toyota sudah mencapai 3.714 unit. Dan itu belum termasuk Lexus

Baca juga: Mobil Mewah Lexus GX Siap Mengaspal, Intip Spesifikasinya

Pesanan untuk Lexus sendiri ada 127 unit. Jadi, kata Anton, total SPK sudah ada 3.800-an unit. 

Dari ribuan SPK, angka penjualan terbesar didominasi oleh Toyota Avanza-Veloz. Tapi tetap saja, torehan angka Toyota Alphard terbaru yang paling mengagumkan.

toyota prius

Model by model tidak akan saya sebutkan semua. Model pertama adalah Avanza-Veloz kita gabung 745 unit. Kedua Kijang Innova Zenix 543 unit. Ketiga adalah Calya 539 unit. Keempat adalah Agya 428 unit, dan luar biasa sekali Alphard baru adalah 197 unit,” demikian penjabaran Anton.

Baca juga: Kenali Sebab Pecah Ban di Jalan Tol, Jangan Sampai Membahayakan

Secara keseluruhan hingga periode Juli 2023 ini, PT TAM sudah mencatatkan angka penjualan hampir 200.000 unit.

“Toyota berhasil membukukan penjualan sebesar 192 ribuan unit wholesales sampai bulan lalu (Juli). Mudah-mudahan ini bisa berlanjut terus, dan penjualan kita naik dibandingkan waktu yang sama sekitar 6 persenan. Market share kami tahun ini di angka 32,6 persen, cukup baik sambutan masyarakat,” kata Anton lagi.

Diakui Anton, pameran GIIAS 2023 secara signifikan mampu mendongkrak penjualan Toyota. Selamat untuk PT TAM atas pencapaiannya!


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *