Search Cars

Berita Utama Otomotif

Toyota All New Agya Meluncur, Intip Yuk Spesifikasi dan Ubahan Fitur Terbarunya

Toyota All New Agya resmi diperkenalkan dengan transformasi yang menyeluruh. Apa saja perubahan yang dihadirkan pada model ini?

toyota all new agya

Toyota All New Agya resmi diperkenalkan setelah model pertamanya yang diluncurkan 10 tahun lalu. Pihak Toyota Astra Motor (TAM) melakukan transformasi secara menyeluruh dan menghadirkan 2 model sekaligus pada 2 segmen yang berbeda.

Kedua model tersebut adalah Toyota All New Agya yang masih melanjutkan perannya untuk mendukung mobilitas first-user. Sedangkan untuk tipe GR Sport memang ditujukan bagi pelanggan berjiwa sporty yang menginginkan mobil dengan performa seperti sebuah sports car.

“Sejalan dengan komitmen Mobility for All, Toyota meningkatkan value yang menjadi keunggulan hatchback ini dengan menyematkan teknologi terkini Toyota berdasarkan konsep canggih human-centered approach,” kata President Director PT (TAM), Hiroyuki Ueda. 

Transformasi menyeluruh Toyota All New Agya

toyota all new agya

Perubahan Toyota All New Agya bisa langsung terlihat pada bagian eksterior yang lebih agresif, high performance, dan peningkatan driving quality. Generasi terbaru ini juga menetapkan standar baru sebagai mobil pertama pilihan pelanggan dan menjadi sebuah exciting city car.

Baca juga: Ada 5 Jenis Parkir Mobil, Apa Kamu Sudah Tahu?

Pada generasi terbarunya ini Toyota menampilkan desain styling yang unik. Salah satunya dengan adanya perubahan pada bagian depan mobil yang membuatnya terlihat lebih sporty

Tidak hanya itu saja, siluet bodi dari samping menunjukkan postur tubuh yang gagah dan tampak lebih besar. Kesan agresif juga ditampilkan oleh garis desain yang tampak tajam dan berkarakter.

Spesifikasi Toyota Agya terbaru

spesifikasi toyota agya

Dari segi spesifikasi Toyota Agya terbaru, terdapat peningkatan menyeluruh untuk meningkatkan efisiensi mesin dan menghemat bensin. Selain itu juga mesin baru ini  juga menawarkan performa yang lebih baik. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Parkir Mundur Bikin Mobil Gampang Dicuri

Spesifikasi Toyota Agya terbaru kali ini dilengkapi dengan mesin berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 86 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 RPM.

Mesin 3-silinder ini memiliki keunggulan dan kelebihan, yakni efisien dalam mengolah bahan bakar sehingga konsumsi bensin lebih hemat. Serta mampu memproduksi torsi lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder dengan volume sama. 

Karakter torsi kuat yang didapatkan sejak putaran mesin rendah tersebut memberikan akselerasi lebih cepat dan sigap dari model sebelumnya tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar. Transmisi CVT baru turut menyumbang efisiensi mesin saat berkendara.

Penggunaan platform monocoque

platform monokok

Untuk lebih mempertegas konsep “Exciting City Car”, Toyota All New Agya ini dikembangkan dengan platform monocoque. Platform ini dikembangkan dengan suspension system yang mampu meredam guncangan dan fleksibel terhadap kondisi jalan yang ada di Indonesia. 

Baca juga: Cara Parkir Paralel bagi Pengendara Mobil Pemula, Dijamin Bisa!

Tidak hanya itu saja, handling Toyota Agya terbaru ini bisa dibilang lebih lincah, stabil, dan risiko body roll yang lebih kecil. Perubahan ini mampu meningkatkan kualitas berkendara yang lebih baik dan membuat bodi mobil menjadi lebih stabil.

Kinerja Electronic Power Steering (EPS) pada mobil ini juga turut ditingkatkan. Dengan begitu, Toyota All New Agya ini bisa lebih responsif dengan  radius putar lebih kecil sebagai salah satu syarat utama city car modern.

Desain interior yang canggih

interior canggih

Pada bagian dalam, mobil ini mengusung konsep horizontal design yang memperlihatkan kesan lebih canggih dan driver-oriented. Konsep tersebut juga mampu menunjukkan interior mobil yang lebih sporty dan kualitas yang tinggi. 

Baca juga: Benarkah Mobil Parkir Mundur Lebih Aman?

Panel instrumen dan door trim mengadopsi tekstur 3 dimensi untuk memberikan nuansa canggih. Konsol tengah dan tuas transmisi dipindahkan lebih tinggi untuk menjaga ergonomi pengemudi dan posisi jok yang sanggup menopang tubuh secara optimal. 

Penggunaan advanced all-new platform memberikan ruang untuk memperbesar dimensi kabin namun bisa menjaga bodi mobil tetap compact. 

Dimensi baru Agya memiliki panjang 3.760 milimeter, lebar 1.665 milimeter, tinggi 1.505 milimeter dan wheelbase 2.525 milimeter. Daya angkut juga ditingkatkan dengan menambah panjang bagasi menjadi 610 milimeter. 

Varian GR Sport dengan tampilan sporty

gr sport agya

Toyota juga memperkenalkan varian GR Sport untuk memberikan performa sport yang lebih baik. Pada varian GR Sport, dibekali dengan dengan aero kit yang dipasang pada eksterior untuk membantu meningkatkan aerodinamika sporty hatchback. 

Baca juga: Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Kemudian ada juga penambahan downforce yang membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah tanpa khawatir kehilangan kendali. Grip ban juga semakin baik berkat aliran udara yang dialihkan sehingga tidak menekan ban belakang.

Mewarisi DNA motorsports TOYOTA GAZOO Racing (TGR), perubahan juga dilakukan pada sistem suspensi dan EPS. Exclusive shock absorber dan coil spring diubah agar bisa  memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar. 

toyota agya

EPS juga mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat untuk membuatnya lebih lincah saat bermanuver. Sementara sport tires yang dipilih secara khusus mampu menambah traksi ban di jalan lurus dan menjaga grip ban pada jalanan yang berliku. 

Baca juga: Benarkah Karpet Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan?

Dari sekian banyak perubahan yang ada pada Toyota All New Agya tersebut, banyak yang mungkin penasaran dengan harganya. Namun sayangnya pihak Toyota masih belum memberikan bocorannya karena masih menunggu peluncuran secara resmi. 

Jika sudah bisa dipesan, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.