Tips Merawat Transmisi D-CVT Mobil Daihatsu, Mudah Loh!

Merawat transmisi D-CVT pada mobil-mobil matik Daihatsu terbaru ternyata sangat mudah dan sederhana. Sudah tahu caranya belum?

merawat transmisi D-CVT

Merawat transmisi D-CVT akan membuat kinerjanya optimal dan awet. Untuk mobil Daihatsu bertransmisi matik seperti Daihatsu New Sirion, Daihatsu All New Xenia, dan Daihatsu Rocky cara perawatannya sangat mudah!

Sebelum membahasnya, apa sih yang dimaksud dengan transmisi D-CVT? Transmisi ini kepanjangan dari Dual Mode Continuously Variable Transmission. 

Apa yang membedakannya dengan transmisi otomatis konvensional?

Perbedaan transmisi matik D-CVT

Transmisi D-CVT merupakan teknologi terbaru yang disematkan ke dalam mobil-mobil bertransmisi otomatis keluaran Daihatsu.

Baca juga: Tips Merawat Transmisi Matic Agar Lebih Awet

Prinsipnya transmisi ini tidak berbeda dengan model CVT konvensional, yaitu menggunakan sepasang puli (puli primer dan puli sekunder). Kedua puli tersebut lalu dihubungkan dengan sebuah sabuk (belt) baja sebagai penggeraknya.

Tapi pada teknologi transmisi D-CVT, pembaruan terletak pada sistem split gear. Pada saat melaju di kecepatan tinggi, sistem ini akan membagi tenaga dari belt ke split gear

Baca juga: Mobil Wanita Karir, Apa Saja yang Cocok?

Hasilnya, tenaga mobil akan lebih optimal dan akselerasi terasa halus! Perbedaan lain, biasanya terletak di tuas persneling. Pada transmisi ini dibekali dengan posisi S (Sport) yang fungsinya untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi.

Kemudian ada juga posisi M (Manual) yang membuat pengendara dapat merasakan sensasi memindahkan gigi secara manual. 

Sementara pada Daihatsu New Sirion, transmisi dilengkapi dengan posisi B (Brake) yang berfungsi sebagai engine brake ketika melewati medan menurun tajam. Cakep!

Lalu, bagaimana cara merawat transmisi canggih ini? Apakah rumit dan menguras biaya?

Merawat transmisi D-CVT

Merawat transmisi D-CVT pada mobil-mobil keluaran Daihatsu ternyata tidak mahal dan mudah dilakukan loh!

Baca juga: Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Hanya perlu memperhatikan dua hal dan rutin melakukan pengecekan agar fungsi transmisi ini berjalan lancar. Apa itu?

  • Rutin melakukan pengecekan volume dan kualitas oli mesin. Idealnya pengecekan setiap 20.000 kilometer atau setiap 12 bulan.
  • Rutin lakukan penggantian oli. Sebaiknya dilakukan pada 80.000 kilometer atau pada 48 bulan. 

Kedua hal ini jika rajin dilakukan, bakal membantu performa transmisi D-CVT berjalan optimal dan awet. Cukup mudah bukan?

Baca juga: Benarkah Ganti Oli jadi Perawatan Mobil Paling Mudah dan Murah?

Penasaran dengan deretan mobil bertransmisi D-CVT dari Daihatsu? 

new daihatsu sirion

Daihatsu New Sirion

Mobil yang identik dengan kaum muda ini menjadi salah satu mobil yang dibekali transmisi anyar D-CVT. Daihatsu New Sirion menggendong mesin berkode 1NR-VE.

Dengan volume mesin 1.329 cc, 4 silinder, DOHC, Dual-VVT-i. Mesin mampu menyuplai tenaga 95 daya kuda pada 6.000 RPM, serta mencapai torsi puncak 119,6 Nm pada 4.200 RPM.

Baca juga: Cara Parkir Paralel bagi Pengendara Mobil Pemula, Dijamin Bisa!

Selain transmisi baru yang responsif, mobil yang memiliki slogan Sahabat Muda ini juga dibekali Idle Stop System. Apa itu? Fitur ini berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat kendaraan berhenti dalam waktu tertentu. 

Daihatsu All New Xenia

Mobil lain yang juga sudah disematkan teknologi D-CVT adalah Daihatsu All New Xenia bermesin 1.496 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 106 daya kuda pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal 14,1 Kgm pada 4.200 RPM.

Mobil penumpang 7 tempat duduk ini mengusung mesin berkode 2NR-VE, DOHC, Dual VVTi. Joknya dilengkapi ISOFIX dan Long Sofa Mode yang nyaman untuk seluruh keluarga.

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Pada sistem keselamatan dan keamanan berkendara, makin lengkap dengan Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Immobilizer, dan Antilock Braking System (ABS) serta Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Daihatsu Rocky

Mobil ketiga yang punya transmisi D-CVT adalah Daihatsu Rocky. Didukung oleh mesin 998 cc berkode 1KR-VET mampu menghasilkan tenaga 97,9 daya kuda di 6.000 RPM, dengan torsi maksimum 15,2 Kgm pada 2.400 sampai 4.000 RPM.

Selain terbukti irit konsumsi BBM, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan tinggi misalnya, ABS , EBD, VSC, dan juga fitur HSA. Bagaimana dengan airbag? Tentu saja tersedia dong!

Baca juga: Alasan Beli Mobil di Pameran Lebih Menguntungkan

Nah, biar gak penasaran dengan mobil-mobil tersebut, langsung kepoin selengkapnya di SEVA. Kamu juga bisa memanfaatkan kalkulator kredit dan fitur Instant Approval untuk mendapatkan hitungan cicilan paling terjangkau!

Dalam periode Agustus 2022, kamu juga bisa mendapatkan juga benefit tambahan seperti gratis tiket GIIAS 2022, cashback asuransi jiwa Astra Life, asuransi comprehensive dari Garda Oto dan lainnya! Semuanya dijamin Jelas dari Awal!

Anak Kecil Aja Tau, beli mobil yang banyak untungnya cuma di SEVA.