Search Cars

Tips & Rekomendasi

Melewati Jalan Berlubang, Bagaimana Tips Agar Tetap Aman?

Jalan berlubang menjadi gangguan yang mungkin sering ditemui ketika berkendara. Agar mobil tetap aman, apa saja tipsnya?

jalan berlubang

Melewati jalan berlubang saat berkendara sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Hal ini penting dilakukan agar mobil tidak cepat rusak dan tentunya bisa mengurangi kenyamanan dalam berkendara. 

Saat memasuki musim hujan, banyak ditemui jalan rusak ataupun genangan air. Kondisi ini cukup sering ditemui di Indonesia yang memang memiliki kondisi jalanan beragam, apalagi di daerah-daerah yang jauh dari perkotaan. 

Ataupun ketika sedang ada proyek pembangunan, terkadang bisa menimbulkan banyaknya jalan rusak. Biasanya ini terjadi karena jalanan tersebut sering dilewati oleh kendaraan besar sehingga jalan menjadi cepat berlubang dan rusak. 

Tips aman melewati jalan berlubang

Agar mobil tetap aman saat melewati jalan berlubang, lakukan beberapa tips ini. Apa saja ya?

Menjaga jarak aman dan tetap fokus

setir mobil rusak

Pada saat melewati jalan rusak, usahakan untuk tetap menjaga jarak yang aman dari kendaraan yang ada di depan. Biasanya kendaraan-kendaraan yang melewati lubang atau genangan air akan melambat. 

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Jika jaraknya terlalu dekat, bisa saja menabrak kendaraan yang ada di depan. Selain itu, fokus menyetir juga dibutuhkan untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Kurangi kecepatan mobil

mobil nasional

Ketika melewati jalan rusak, sebaiknya kurangi kecepatan mobil. Jangan sampai menerjang jalanan yang rusak begitu saja dengan kecepatan tinggi karena bisa menyebabkan kerusakan pada mobil atau bahkan kecelakaan. 

Melibas jalanan berlubang dengan kecepatan yang tinggi bisa membuat velg mobil rusak lebih cepat. Apalagi jika lubang yang dilewati sangat dalam, tentunya bisa merusak komponen lainnya seperti kaki-kaki mobil. 

Baca juga: Jenis-jenis Asuransi Mobil dan Cara Mudah untuk Klaimnya

Untuk itu, mengurangi kecepatan mobil harus dilakukan agar lebih mudah juga untuk menghindari lubang di jalanan. Kecepatan mobil yang terlalu kencang bisa meningkatkan risiko rem mendadak yang tentunya bisa membahayakan.

Pilih lubang yang tidak terlalu dalam

Komponen Mobil yang Berpotensi Rusak Setelah Menghantam Lubang

Saat berkendara melewati jalanan berlubang, usahakan untuk menghindarinya sebisa mungkin. Namun jika tidak ada celah untuk menghindarinya, pilihlah lubang yang tidak begitu dalam untuk dilalui mobil. 

Dengan melewati lubang yang tidak terlalu dalam ini, guncangan tidak akan begitu terasa dan berkendara bisa tetap nyaman. Selain itu juga bisa menjaga mobil tetap awet dan mengurangi risiko velg mobil rusak

Pegang setir mobil dengan kuat

Mudik Lokal Dilarang, Masih Bolehkah Warga Jakarta ke Bodetabek atau Sebaliknya?

Jalanan yang rusak terkadang membuat setir mobil menjadi tidak stabil. Kondisi ini terjadi karena roda mobil akan mengikuti kontur jalan, misalnya mobil bisa saja berbelok ke arah yang tidak diinginkan dan ini cukup membahayakan. 

Baca juga: Resmi Diluncurkan, BMW 218i Gran Coupé Sport Harganya Menarik!

Untuk itu, pegang setir dengan kuat agar mobil tetap melaju dengan stabil. Genggam setir dengan kuat dan harus disiapkan sebelum menerjang jalanan yang rusak tersebut agar ketika setir berbelok tanpa sengaja bisa langsung mengarahkan ke arah yang benar. 

Jangan asal melakukan manuver

mengendarai mobil matic

Beberapa pengemudi ada yang langsung melakukan manuver dengan membelokkan kendaraannya untuk menghindari lubang atau genangan air. Hal ini bisa saja dilakukan, tetapi sebaiknya perhatikan terlebih dulu kondisi jalanan yang ada di sekitarnya. 

Jangan asal melakukan manuver tanpa melihat kondisi sekitar karena bisa saja membahayakan pengguna jalan yang lain. Daripada melakukan manuver yang tidak tepat, lebih baik mengurangi kecepatan mobil saat melewati jalanan yang rusak tersebut. 

Baca juga: 3 Modifikasi Mobil dan 10 Pelanggaran Lalu Lintas yang Dendanya Paling Besar

Untuk itu, bagi para pengemudi mobil sebaiknya jangan melibas jalanan berlubang begitu saja ya. Jika mobil rusak, tentunya biaya yang akan dikeluarkan pun lebih besar ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.