Search Cars

Berita Utama Otomotif

Spesifikasi Mobil Listrik dan Mobil Kepala Negara di KTT G20 Bali

Lihat spesifikasi mobil listrik dan deretan mobil tamu negara lainnya pada gelaran KTT G20 di Pulau Dewata. Apa saja jenisnya?

spesifikasi mobil listrik

Cari tahu spesifikasi mobil listrik yang seliweran di acara KTT G20 Bali pada 15-16 November 2022. Selain Toyota All New bZ4X, apa saja mobil-mobil lain yang digunakan para kepala negara dalam helatan akbar tersebut?

Untuk diketahui, PT Toyota Astra Motor (TAM) menjadi Official Car Partner dengan memberikan sebanyak 41 unit mobil listrik berbasis baterai (BEV) terbaru, Toyota bZ4X dan 102 unit Lexus UX 300e untuk kelancaran acara tersebut.  

Spesifikasi mobil listrik sebelumnya diketahui setelah Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menandatangani perjanjian kerjasama dengan Wuling Motors. Disediakan 300 unit air electric vehicle, 216 bertipe long range dan 84 lainnya standard range.   

Baca juga: Harga Mobil Listrik di Bawah Rp 1 M, Dapat Apa Saja?

Sebelumnya PT Hyundai Motor Indonesia juga memberikan dukungan 393 unit kendaraan listrik. Terdiri dari 44 unit Hyundai Genesis Electrified G80 Special Edition, 87 unit Hyundai Genesis G80, dan 262 unit Hyundai Ioniq 5.

Penasaran dengan spesifikasi mobil listrik tersebut? Yuk, intip selengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Toyota bZ4X

spesifikasi mobil listrik

Mobil elektrik terbaru Toyota bZ4X baru meluncur November 2022. Kata bZ artinya singkatan dari beyond zero yang akan menjadi tanda khusus untuk line up mobil-mobil full electric yang akan dihadirkan Toyota di masa depan. 

Baca juga: BMW iX dan BMW i4 Ramaikan Jajaran Mobil Listrik di GIIAS 2022

Bodi mobil memakai platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture). Membuat bobot mobil lebih ringan dan struktur lebih rigid, sekaligus bisa mengakomodasi kapasitas baterai yang lebih besar. 

Mengusung sistem Front Wheel Drive (FWD) mobil dibekali baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh mampu menghasilkan tenaga 204 daya kuda dan torsi 266Nm.

Mobil mampu menempuh jarak 500 kilometer sekali pengisian penuh baterainya. Tersedia charging DC output CCS2, untuk pengisian daya sampai 80 persen secara cepat 30 menit. 

Baca juga: Piala Dunia 2022 Dipenuhi Kendaraan Listrik, Ada Apa Saja?

Interiornya berkelas elegan dengan dominasi warna hitam. Pada bagian door trim telah menggunakan bahan soft touch, jok mobil menggunakan bahan kulit yang berkelas dan cukup empuk. 

Kabin mewah dengan panoramic sunroof lebar, memberi kesan tersendiri bagi siapapun yang berkendara di dalamnya. Menemani sepanjang perjalanan layar sentuh 12,3 inci jadi pusat hiburan dan informasi bagi pengemudi.

Fitur keselamatan Toyota bZ4X

fitur keselamatan bZ4X

Menunjang keselamatan, Toyota bZ4X sudah menggunakan fitur Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 seperti pada Toyota All New Voxy

Baca juga: Ngecas Mobil Listrik vs Biaya Isi Bensin, Mana Lebih Hemat?

TSS 3.0 sendiri terdiri dari Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, dan Lane Tracing Assist.

Kemudian ada juga fitur Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, Road Sign Assist, hingga Advanced Park yang membuat mobil bisa parkir secara otomatis.

Spesifikasi Lexus UX 300e

Lexus UX 300e

Mobil listrik Lexus UX 300e hadir dengan desain SUV yang gagah. Dibekali baterai jenis lithium-ion, berkapasitas 54,3kWh dapat menghasilkan tenaga 201 daya kuda dan torsi puncak 300Nm. Jarak tempuhnya saat baterai penuh sejauh 300 kilometer. 

Baca juga: Toyota Corolla Cross Hybrid dan Toyota C-HR Hybrid, Pilih Mana?

Pada bagian lampu utama mengusung LED triple projector. Tampilan fascia juga masih mengusung desain spindle grille yang membuat SUV ini tampak mewah dan berkarakter. Kemudian lampu belakang dengan LED horizontal yang memanjang. 

Perbedaan mencolok terlihat pada desain velg yang menggunakan motif palang lima warna abu-abu, dibalut ban berprofil 215/60 R17. 

Desain buritan menerapkan Power Back Door with Kick Sensor, untuk membuka dan menutup bagasi hanya dengan gerakan kaki. 

Pada kabinnya tersemat Digital Optitron Tachometer dan Head-Up Display yang dapat menampilkan informasi berkendara seperti kecepatan dan daya baterai di kaca depan sisi pengemudi. Dilengkapi juga Electronic Drive Selector untuk mengemudi di berbagai medan.

Baca juga: Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah, Berapa Biayanya?

Sistem audio switch Lexus UX 300e yang berada pada arm rest memudahkan kontrol sistem multimedia. Dilengkapi dengan 13 speaker Mark Levinson Sound System dan layar sentuh ukuran 10,3 inci. Multimedianya terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Fitur keselamatan Lexus UX 300e

srs airbag

Urusan keselamatan penumpang tersedia 8 SRS airbags, Blind Spot Monitor, Lexus Safety System+, yaitu teknologi keselamatan aktif yang dikembangkan untuk mendukung pengemudi dan mengurangi potensi dan dampak kecelakaan. 

Lexus Safety System+ punya 4 fitur utama yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), dan Adaptive High Beam System (AHS).

Baca juga: Ganti Baterai Mobil Listrik Apakah Mengubah Data di STNK?

Kenyamanan berkendara makin lengkap dengan Panoramic View Monitor yang dapat memperlihatkan semua sisi Lexus UX 300e di layar depan serta All-Around Parking Sensors untuk mempermudah manuver saat parkir atau saat menyusuri jalanan sempit.

Mobil listrik kepala negara

Spesifikasi mobil listrik

Sebagai informasi, para kepala negara akan disiapkan mobil VVIP yaitu Hyundai Genesis Electrified G80 Special Edition. Motor listriknya berdaya 272 kWH dipadukan dengan baterai lithium-ion 87,2 kWh. Daya tempuh hingga 520 kilometer dalam sekali pengecasan penuh.

Untuk keselamatan tersemat 10 airbag yang tersebar di dalam kabin, Intelligent speed-limit assist, Forward Collision-avoidance Assist, Multi-collision brake system, sampai dengan Safety Exit Assist. 

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Bisa Dipesan? Intip Dulu Detailnya

Sedangkan untuk keperluan rombongan delegasi, pejabat dan protokol keamanan, disiapkan mobil listrik Hyundai Genesis G80. Pada dapur elektriknya dibenamkan baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh. 

Kinerjanya dapat menyuplai tenaga hingga 364 daya kuda dengan torsi maksimum 700Nm. Hasilnya, mobil bisa melaju sampai kecepatan 225 kilometer per jam. 

Untuk menunjang aktivitas dan mobilitas seluruh peserta KTT G20 Bali, mobil yang akan digunakan antara lain Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV.

Baca juga: Aturan Plat Mobil Listrik, Tanda Birunya yang Benar Dimana Ya?

Hyundai Ioniq 5 memiliki baterai tipe lithium-ion dengan kapasitas 58 kWh. Akselerasi 0-100 kilometer per jam hanya perlu waktu 8,5 detik. Jarak tempuhnya hingga 451 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Spesifikasi mobil listrik berikutnya adalah Wuling Air EV varian long range yang dapat melahap jarak 300 kilometer dengan dukungan baterai 26kWh. Sedang untuk varian standard range dapat menempuh jarak 200 kilometer, berkat dukungan baterai 17kWh.

Selain mobil-mobil listrik tersebut, sejumlah kepala negara juga membawa mobil kepresidenan sendiri. Siapa saja mereka?

Mobil Joe Biden

mobil presiden AS The Beast

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden datang ke Bali dengan membawa The Beast, julukan mobil kenegaraan presiden Negara Paman Sam. Meski bukan tergolong kendaraan listrik, mobil berjenis limosin merk Cadillac One itu punya spesifikasi layaknya mobil James Bond.

Baca juga: Daftar Mobil Hybrid dan Listrik Paling Laris di Indonesia

The Beast dibekali ban kevlar yang memungkinkan tetap bisa berjalan dalam kondisi kempis atau bocor sekalipun. Mobil anti peluru ini tahan serangan senapan mesin dan granat tangan berkat lapisan baja pada kaca dan bodinya setebal 5 milimeter.

Karena baja tersebut maka bobot mobil Joe Biden diperkirakan mencapai 9 ton. Tidak heran jika mobil bermesin diesel itu menjadi boros BBM. Konsumsinya hanya mencapai 3 kilometer per liternya.

Pada kabin dalamnya terdapat cadangan darah sesuai jenis darah presiden serta tabung oksigen untuk keperluan darurat. Tersedia juga senapan, gas air mata, dan granat untuk melindungi presiden dari serangan penyusup.

Baca juga: 5 Mobil Hybrid Toyota dan 6 Kelebihannya

Tidak hanya itu pada gagang pintu dapat dialiri listrik 120 volt guna mencegah orang yang ingin menerobos masuk. Mobil anti peluru ini juga dapat mengeluarkan oli sehingga penguntit yang mencoba mengejarnya akan alami selip ban.

Tidak diketahui spesifikasi mesin diesel mobil Joe Biden, hanya saja beredar info tenaga yang dihasilkan The Beast mencapai 214 daya kuda. 

Mobil MBZ

Spesifikasi mobil listrik

Presiden UEA (Uni Emirat Arab) Syekh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan atau sering disingkat dengan inisial MBZ hadir ke Bali dengan mobil kenegaraan Audi A8.

Baca juga: Andai Mobil Jadi Pemain Sepak Bola Terbaik, Kira-Kira Cocoknya di Posisi Apa Ya?

Tentu saja mobil MBZ Audi A8 ini bukan versi biasa karena telah diubah menjadi mobil kenegaraan dengan tingkat keamanan tinggi. Sebut saja lapisan anti peluru di kaca dan bodi membuatnya tahanan dari serangan penembak jitu, granat tangan, hingga serbuan peluru. 

Bobot kendaran dikabarkan mencapai 3,8 ton. Meski berat tapi akselerasinya cukup cepat dengan 6,3 detik untuk 0-100 kilometer per jam. Sedangkan kecepatan maksimumnya, diklaim dapat tembus hingga 210 kilometer per jam.

Untuk mengantisipasi serangan ranjau, mobil MBZ Audi A8 pada bannya mengadopsi teknologi run flat tire (RFT). Artinya mobil ini masih bisa melaju dalam jarak dan kecepatan tertentu, meskipun ban bocor atau kempis. 

Baca juga: Bagaimana Sih Aturan Mobil Listrik di Indonesia?

Mobil anti peluru Audi A8 dibekali dengan mesin twin-turbo V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 563 daya kuda pada torsi 800Nm. 

Mobil Xi Jinping

xi jinping presiden china ktt g20 bali

Presiden China, Xi Jinping menghadiri KTT G20 Bali dengan membawa kendaraan kepresidenan resmi, Hongqi N701. Ini adalah sebuah mobil limosin hasil produsen otomotif FAW Car Company, anak perusahaan FAW Group. 

N701 punya dimensi lega, berkat panjangnya yang mencapai 5.550 milimeter, dengan lebar 2.000 milimeter dan tinggi 1.500 milimeter, sementara jarak sumbu rodanya sejauh 3.400 milimeter. Ukuran ini lebih panjang dari mobil kepresidenan Jokowi, yaitu 5.200 milimeter.

Baca juga: Kenali Hal Penting Dalam Perawatan Mesin Hybrid

Tidak banyak spesifikasi teknis mobil tunggangan Xing Jinping, namun diperkirakan mesinnya menggendong mesin V8 atau V12 dengan tenaga sekitar 350 daya kuda dan torsi 650Nm.

Nah, setelah mengetahui deretan mobil listrik pada gelaran KTT G20 Bali, apa kamu tertarik memiliki mobil ramah lingkungan ini?

Langsung cek mobil listrik dan mobil hybrid ramah lingkungan lewat SEVA aja! Kamu dapat membelinya dengan cara mencicil dan gunakan Loan Calculator serta proses persetujuan kredit tercepat lewat Instant Approval!

Awas Kena Gocek! Dijamin deh, cicilan kamu paling terjangkau dan semua hitungannya pasti selalu #JelasDariAwal.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.