Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kelebihan Ban RFT yang Sering Dipakai Mobil BMW

Ban RFT atau Run Flat Tyre memiliki beberapa kelebihan dan sering dipakai pada mobil-mobil BMW. Nah, apa sih kelebihannya?

ban RFT

Ban RFT merupakan singkatan dari Run Flat Tyre yang biasanya ditemukan pada mobil-mobil mewah, salah satunya adalah BMW. Teknologi ini sengaja dikembangan untuk menjamin keselamatan pengemudi ketika ban kempes mendadak. 

Teknologi ini sebenarnya sudah ada di industri semenjak tahun 1980-an, namun memang saat itu penggunaannya masih terbatas. Saat ini dengan perkembangan jaman, teknologi RFT untungnya sudah makin mudah ditemukan.

Pada kondisi pemakaian normal, sebenarnya RFT memiliki cara kerja yang sama seperti ban pada umumnya. Namun, pada saat ban mulai kempes pengendara masih bisa menjalankan kendaraannya hingga beberapa puluh kilometer jauhnya. 

Baca juga: 6 Tanda Ban Mobil Harus Diganti Secepatnya

Meskipun memang sebaiknya hal ini dilakukan pada situasi-situasi yang mendesak saja karena sebagian besar kecelakaan pada kendaraan sering disebabkan karena ban dan tekanan angin yang kurang di dalamnya. 

ban rft

Apa itu ban RFT?

Ban RFT masih bisa berjalan dengan aman pada kecepatan tertentu meskipun tekanan angin di dalamnya sudah sangat menipis atau kempes. 

Ban jenis ini memang sengaja dikembangkan untuk menjamin keselamatan pengemudi kendaraan jika memang ban mengalami kempes secara tiba-tiba. 

Baca juga: Ban Mobil Perlu Dirotasi, Apa Alasannya dan Bagaimana Caranya?

Hal ini berbeda dengan ban pada umumnya yang akan langsung kempes dengan cepat serta tidak mampu lagi menopang kendaraan jika sudah tidak ada angin di dalam ban. 

Selain itu, ban konvensional juga akan menjadi sobek jika pengemudi memaksakan untuk menjalankan mobilnya dengan kondisi ban yang kempes itu. 

Lantas, apa saja kelebihan dari menggunakan ban RFT ini ya?

lebih aman

Lebih aman

Ban RFT cenderung lebih aman dibandingkan ban biasa karena tidak akan meledak pada kecepatan tinggi. Pengemudi masih tetap bisa mengendarai mobil sampai tempat yang lebih aman jika ban mengalami kempes. 

Baca juga: Fungsi Oli Transmisi Manual dan Tanda Harus Diganti

Pengemudi tidak harus langsung mengganti ban mobil saat itu juga jika ban kempes, sehingga tidak perlu menggantinya di tempat-tempat yang berbahaya seperti jalan raya atau jalan tol.

lebih nyaman

Lebih nyaman

Dengan memilih untuk pakai ban RFT, pemilik mobil bisa menghilangkan kebutuhan terhadap ban cadangan. Ban cadangan biasanya diperlukan untuk berjaga-jaga ketika ban utama mengalami gangguan dan tidak ada bengkel di sekitar. 

Dengan teknologi RFT, penggunaan ban cadangan sudah tidak dibutuhkan lagi. Selain lebih praktis, hal ini juga bisa mengurangi berat kendaraan dan konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. 

tekanan angin

Tekanan angin lebih stabil

Ketika kehilangan tekanan angin, ban RFT akan lebih stabil dibandingkan ban pada umumnya. Itu bisa terjadi karena teknologi RFT memang dibuat untuk membantu pengendara mobil ketika ban tidak memiliki tekanan angin. 

Baca juga: Rincian Perbaikan Mobil Bekas Tabrakan, Semahal Apa?

Tidak hanya itu saja, teknologi RFT juga dapat membantu pengemudi untuk mempertahankan kontrol yang lebih baik. Terutama ketika pengemudi berada pada situasi disaat ban mobil memiliki tekanan angin di dalamnya. 

Hal ini pada akhirnya akan berpengaruh pada keselamatan pengemudi kendaraan itu sendiri karena mobil tidak akan langsung oleng begitu saja. 

Jadi, bagaimana nih apakah tertarik untuk menggunakan teknologi ini untuk mobilmu? Kalau tertarik, sebaiknya konsultasikan dulu ke bengkel ya untuk menentukan apakah mobilmu bisa menggunakannya atau tidak. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.