Selamat datang, Nama Pengguna
AB

Pilih kota Kamu untuk
menampilkan harga yang sesuai

(Pilih sesuai KTP)

Punya Dana Mepet, Mending Beli mobil LCGC Baru atau mobil MPV Bekas?

Bingung memilih antara mobil LCGC baru atau beli MPV bekas? Biar tidak galau, ikuti tips ini. Apa saja yang harus dipertimbangkan?

mobil lcgc

Mobil LCGC (Low Cost Green Car) cukup digemari konsumen Indonesia. Selain performa mesinnya yang bandel, mobil 5 penumpang ini dikenal juga karena ekonomis, ramah lingkungan dan serba guna.

Namun tidak jarang konsumen khususnya keluarga muda tergoda memiliki mobil dengan bodi yang lebih bongsor seperti mobil MPV (Multi Purpose Vehicle). Selain terkesan lebih berkelas dan gagah, mobil ini juga lincah bermanuver di jalanan.

Keinginan memiliki mobil MPV terkadang menjadi dilema karena faktor dana yang terbatas. Lalu, apa sebaiknya yang dipilih? Apakah lebih baik membeli mobil LCGC baru ketimbang memaksakan beli mobil MPV bekas?

Baca juga: Beli Mobil Baru, Berapa Sih Gaji Karyawan yang Ideal Per Bulannya?

Yuk, langsung ikuti beberapa tipsnya sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih beli mobil LCGC baru atau mobil MPV bekas

Prioritas fungsi bukan gengsi

mobil lcgc

Sebelum membeli mobil, sebaiknya pertimbangkan fungsionalitasnya. Misalnya keluarga muda dengan 1 anak, maka membeli mobil LCGC baru tentu lebih direkomendasikan. Selain daya tampung yang efisien, mobil tersebut juga irit BBM sehingga lebih ekonomis.

Jika kamu membutuhkan mobil untuk dipakai harian, maka membeli mobil baru jelas lebih bijaksana. Mobil LCGC baru punya konsumsi bensin dan performa mesin yang mumpuni untuk dipakai harian ketimbang mobil MPV bekas.

Sesuaikan dengan budget

mobil lcgc

Daripada memaksakan berhutang besar untuk membeli mobil MPV bekas, sebaiknya lebih bijak kalau kamu tetap bisa mendapatkan mobil baru tanpa hutang yang terlampau besar. 

Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Dana dengan Mudah, Aman, dan Nyaman

Saat ini banyak skema cicilan yang ringan dan dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial. Misalnya di SEVA, adanya fitur Loan Calculator dan Instant Approval memudahkan proses pembelian mobil idaman tanpa memberatkan konsumen.  

Harga jual mobil

beli mobil akhir tahun

Faktor yang harus diperhitungkan lainnya adalah mempertimbangkan harga jual kembali. Mobil baru tentu memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi ketimbang unit mobil bekas. 

Jika kamu membeli mobil MPV bekas, maka dipastikan harganya akan turun saat dijual kembali. Meski harga mobil MPV mungkin terbilang tinggi, akan tetapi kamu tetap mengalami kerugian yang cukup lumayan jika dibandingkan harga belinya.

Keuntungan mobil LCGC baru

Penjualan Daihatsu Sigra

Ada beberapa hal menguntungkan yang bisa kamu dapatkan dengan membeli mobil LCGC baru. Pertama, jaminan garansi mesin dan suku cadang, tidak usah khawatir keluar dana untuk melakukan perbaikan jika mobil alami kerusakan.

Baca juga: Gaji Fresh Graduate Rp10 Jutaan Bisa​ Kredit Mobil Baru,​ Bagaimana Caranya?

Kedua, dengan membeli mobil baru kamu juga mendapatkan bonus dari dealer yang bisa berupa potongan harga DP, free cicilan pertama, sampai aneka perlengkapan mobil seperti sarung mobil, kaca film hingga kunci setir.

Keuntungan berikutnya, mobil LCGC baru dijamin berperforma maksimal, irit bahan bakar serta siap diajak berkendara kemanapun. Dengan radius putar kecil, ground clearance ideal, menjelajah jalanan sempit dan medan berbukit akan terasa lebih nyaman.

Cicilan mobil LCGC

mengatur uang thr

Misalnya, kamu memiliki dana tunai sebesar Rp100 juta. Dengan uang itu harga mobil LCGC baru Toyota New Calya 1.2 G MT Rp169.400.000 bisa kamu beli dengan mencicil. 

Baca juga: Cara Gadai BPKB Mobil Baru dan Bekas Online, Prosesnya Cepat!

Bayarkan DP Rp92,1 juta maka cicilan bulananmu hanya Rp2,5 juta selama 5 tahun. Bisa juga dicicil 3 tahun dengan bulanan hanya Rp3,1 juta.

Uang Rp100 juta juga bisa kamu belikan Toyota New Calya 1.2 E MT LUX seharga Rp168.803.000. Dengan DP sejumlah Rp88,1 juta, maka cicilan perbulan hanya Rp2,6 juta selama 5 tahun. Bisa cicil 3 tahun, bulanan Rp3,3 jutaan. Cukup terjangkau, kan?

toyota avanza 2016

Bagaimana jika dana tunai itu dibelikan mobil MPV? Tentu saja tidak akan cukup. Seperti diketahui harga mobil MPV bekas seperti Toyota Avanza tahun 2016 masih di kisaran Rp138 jutaan. 

Baca juga: Mobil Terlaris Toyota Tahun 2022, Peminat Innova Zenix Naik Signifikan

Harga mobil MPV bekas lainnya misal Daihatsu Xenia tahun 2018 masih berada di rentang harga Rp135 jutaan. Untuk tahun yang lebih muda, 2015 harganya masih sekitar Rp115 jutaan.

Melihat perbandingan harga mobil LCGC baru dan mobil MPV bekas di atas, maka dapat disimpulkan lebih baik kamu membeli mobil LCGC. Langsung pilih saja deretan mobil LCGC baru di SEVA.

Pakai Loan Calculator ya buat mengetahui cicilan bulanan paling sesuai dengan pendapatanmu. Setelah itu ajukan pembelian dengan Instant Approval yang memberi persetujuan kredit paling cepat dalam hitungan menit. Semua dijamin #JelasDariAwal.