Search Cars

Keuangan

Gaji Fresh Graduate Rp10 Jutaan Bisa​ Kredit Mobil Baru,​ Bagaimana Caranya?

Gaji fresh graduate memang sangatlah beragam, tergantung dari pekerjaannya. Jika ingin membeli mobil baru, bagaimana caranya?

gaji fresh graduate

Gaji fresh graduate memang sangat beragam, bahkan ada yang bisa mencapai Rp10 jutaan. Penghasilan tersebut mungkin bisa dianggap cukup besar bagi sebagian orang dan sangat mencukupi kebutuhan sehari-hari atau bahkan kebutuhan lainnya, misalnya beli mobil. 

Namun memang untuk membeli mobil baru, sebaiknya ada banyak hal yang terlebih dulu harus diperhatikan. Apalagi biasanya para fresh graduate yang ingin beli mobil baru, dilakukan dengan sistem kredit sehingga ada cicilan per bulan yang harus dibayarkan. 

Baca juga: Tips Agar Pengajuan Kredit Mobil Cepat Disetujui

Jika tidak mempersiapkannya dengan matang, cicilan per bulan tersebut bisa sangat memberatkan dan tentunya mengganggu kondisi keuangan. 

Tips beli mobil baru dengan gaji fresh graduate

Bukan tidak mungkin beli mobil baru dengan gaji fresh graduate, selama perhitungan finansial sudah dilakukan. Nah, bagaimana caranya?

Pilih jenis mobil yang diinginkan

gaji umr

Bagi para fresh graduate yang ingin beli mobil baru, sebaiknya tentukan dulu jenis mobil yang diinginkan. Apakah itu mobil-mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC), City Car, Multi Purpose Vehicle (MPV), sedan ataupun Sport Utility Vehicle (SUV). 

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Harga Mobil Naik Turun

Setiap jenis mobil tersebut memiliki harga yang berbeda-beda serta kelebihan dan kekurangan yang berbeda pula. Buat kamu yang butuh mobil untuk digunakan pergi ke kantor yang ada di perkotaan bisa memilih mobil jenis LCGC. 

Mobil jenis LCGC memang terkenal memiliki harga yang lebih murah dan irit bahan bakar. Akan tetapi, buat kamu yang butuh mobil untuk memuat banyak penumpang maka bisa memilih mobil jenis MPV atau SUV.

Cari tahu harga yang sesuai gaji fresh graduate

menabung beli mobil

Jika sudah mengetahui jenis mobil apa yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah dengan mencari tahu harga mobilnya. Usahakan untuk melakukan riset kecil-kecilan dan mencari tahu berapa kisaran harganya. 

Baca juga: Aturan Pajak Mobil Terbaru yang Berlaku di Indonesia

Namun pastikan juga bahwa kondisi keuanganmu tersebut mampu untuk membeli mobil tersebut. Baik untuk pembelian secara tunai ataupun kredit.

Cek bunga leasing mobil

cara mengatur keuangan

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah dengan mengetahui beban bunga leasing kendaraan. Bunga leasing ini berkaitan erat dengan jumlah cicilan nanti yang akan dibayarkan setiap bulannya. 

Beban bunga yang terlalu tinggi biasanya akan membuat beban angsuran setiap bulannya lebih dari 30 persen dari gaji bulanan nasabah. Sebaliknya, bunga leasing yang rendah tentunya akan membuat beban angsuran setiap bulannya lebih rendah sehingga bisa lebih terjangkau. 

Tentukan tenor cicilan yang sesuai

simulasi kredit mobil

Bagi para fresh graduate yang ingin membeli mobil dengan cara kredit, usahakan untuk memilih tenor cicilan yang sesuai dengan kondisi keuangan serta kemampuan bayar. Dengan begitu, proses kredit mobil bisa berjalan lancar tanpa mengganggu kondisi keuangan setiap bulannya. 

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Pada umumnya, semakin lama tenor cicilan maka tingkat bunga yang dibebankan juga akan lebih tinggi. Namun memang nomonal cicilannya cenderung lebih kecil dan mampu dijangkau. 

Sebaliknya, tenor cicilan yang pendek berarti bunga yang lebih rendah, tetapi cicilan per bulan yang lebih besar. Nah, tinggal pilih mana yang sesuai dengan kondisi keuanganmu. 

Persiapkan uang muka

simulasi kredit mobil

Dalam membeli mobil secara kredit, hal penting yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan uang muka atau down payment (DP). Besaran uang muka yang harus disiapkan pastinya akan berbeda-beda.

Baca juga: Berapa Sih Harga Aki Mobil Toyota Berdasarkan Jenisnya?

Secara umum, DP minimal untuk setiap pembelian mobil baru adalah 20 persen dari harga jualnya. Namun sebaiknya DP yang dibayarkan lebih dari jumlah minimal agar angsuran yang dibayarkan bisa lebih ringan. 

Jika ingin mendapat uang untuk tambahan DP,  kamu juga bisa loh bergabung dengan Teman SEVA. Ini merupakan sebuah program insentif dari SEVA agar bisa dapat uang tambahan mulai dari Rp1 Juta hingga Rp2,5 juta per mobil yang berhasil dijual. 

Untuk bisa mendaftar jadi Teman SEVA, ternyata tidak sulit dan pastinya mudah. Bagaimana caranya? 

  • Kunjung bit.ly/Daftar-TemanSEVA   ​
  • Registrasi menjadi user SEVA​
  • Gunakan nomor telepon yang aktif di WhatsApp dan sudah melakukan registrasi di aplikasi AstraPay ya! Ini berguna untuk pengiriman insentif yang akan diberikan

Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut maupun terdapat keluhan sehubungan dengan layanan yang ada, bisa langsung menghubungi infotemanseva@seva.id.

insentif mobil listrik

Setelah melakukan cara-cara tadi, pastikan memilih tempat beli mobil yang aman dan terpercaya seperti di SEVA ya. Jangan lupa untuk menggunakan berbagai fitur unggulan yang dihadirkan.  

Salah satunya adalah Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas.

Baca juga: Detailing Mobil, Apa Saja yang Dikerjakan dan Berapa Biayanya?

Kemudian ada juga fitur Loan Calculator dimana kamu bisa mendapatkan informasi detail perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Awas Kena Gocek beli mobil di tempat yang tidak terpercaya. Biar SatSet pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA, yuk cek langsung sekarang. 

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.