Apa Itu Pre-Approval Kredit dan Kelebihannya?

Mendapat pre-approval kredit apakah membuat kamu akan dipermudah dalam persetujuan kredit? Cari tahu jawabannya di sini.

apa itu pre-approval kredit

Pernah mendapat penawaran pre-approval kredit melalui email atau melalui telepon? Jika kamu mendapatkannya, bisa jadi kamu memenuhi kriteria untuk mengajukan kartu kredit tertentu.

Biasanya, pihak lembaga keuangan akan melakukan semacam screening melalui informasi skor kredit untuk mengetahui apakah seorang nasabah memenuhi kriteria menjadi pemegang kartu kredit suatu bank.

Namun, menerima penawaran kredit tersebut bukan berarti kamu sudah pasti akan diterima apabila mengajukan kartu kredit.

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Lantas, apa itu pre-approval kredit dan kelebihannya? Berikut penjelasannya.

apa itu pre-approval kredit

Apa itu pre-approval kredit

Pre-approval kredit merupakan salah satu cara bagi lembaga kredit untuk menarik konsumen agar mengajukan kartu kredit. 

Dengan mengirimkan penawaran kredit pre-approved, lembaga keuangan seperti mengundang calon konsumen yang memenuhi kriteria tertentu untuk bisa apply salah satu produk kartu kredit yang mereka punya.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Menjanjikan di 2022 yang Berpotensi Cuan

Caranya, lembaga keuangan akan meminta daftar konsumen yang memenuhi nilai kredit tertentu kepada biro informasi kredit. Kemudian nama-nama yang ada dalam daftar tersebut akan dikirimkan penawaran pre-approval kredit.

Biasanya penawaran tersebut akan datang dari lembaga keuangan yang kita ketahui atau mungkin dari mitra terafiliasi mereka. Tujuannya, untuk membangun atau memperluas potensi mendapatkan kredit dengan benefit lebih besar.

Dengan mendapatkan pre-approval kredit, nasabah memiliki peluang persetujuan yang sedikit lebih tinggi ketika mengajukan kartu kredit.

Baca juga: Perbedaan Asuransi TLO dan All Risk untuk Mobil

Apabila menerima penawaran pre-approval tersebut, nasabah harus tetap melakukan prosedur pengajuan kartu kredit seperti pada umumnya.

Setelah nasabah mengajukan permohonan, lembaga keuangan akan melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap riwayat kredit untuk menentukan apakah seorang nasabah memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu kredit atau permohonan kreditnya ditolak.

apa itu pre-approval kredit

Kelebihan pre-approval kredit

Pada pre-approval kredit, biasanya lembaga keuangan memberikan penawaran spesial yang dapat memancing konsumen untuk mengajukan kartu kredit. 

Baca juga: Kenapa Bisa Pengajuan Kredit Mobil Ditolak?

Misalnya, suku bunga yang lebih rendah, cicilan 0 persen, persyaratan yang lebih sedikit, serta benefit spesial lainnya.

Apabila pengajuan kartu kredit seseorang disetujui, bisa jadi akan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang sudah ditawarkan dan bisa saja lebih baik dibanding penawaran yang ada di pasaran.

Kemungkinan lainnya, pengajuan kartu kredit bisa saja disetujui tetapi tidak mendapatkan penawaran seperti yang tertera pada kredit pre-approved.

Maka dari itu, teliti terlebih dahulu penawaran yang ada, pastikan mendapat suku bunga dan biaya tahunan yang masuk akal, serta pahami risiko dari pengajuan kredit. Tujuannya agar menghindari pengeluaran berlebih yang dapat menimbulkan utang lebih banyak.

Baca juga: Kesalahan Pemakaian Kartu Kredit yang Harus Dihindari

Jadi, penawaran pre-approval kredit ini bisa jadi menguntungkan bagi nasabah itu sendiri. Yang terpenting, selalu tanyakan lebih lanjut ke pihak lembaga keuangan mengenai penawaran kredit yang ada.

Kamu juga bisa langsung menghubungi pihak penawar apabila ingin menolak tawaran kredit tersebut. Sebaiknya, pilih penawaran kredit yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial dengan suku bunga dan biaya yang masuk akal.