Search Cars

Keuangan

Apa Itu Instant Approval Kredit dan Kelebihannya?

Pernah mendapat penawaran pre-approval atau instant approval kredit melalui email atau melalui telepon? Jika kamu mendapatkannya, bisa jadi kamu memenuhi kriteria untuk mengajukan kartu kredit tertentu.

Promo Cuma di SEVA

Biasanya, pihak lembaga keuangan akan melakukan semacam screening melalui informasi skor kredit untuk mengetahui apakah seorang nasabah memenuhi kriteria menjadi pemegang kartu kredit suatu bank.

Namun, menerima penawaran instant-approval kredit bukan berarti kamu sudah pasti akan diterima apabila mengajukan kartu kredit.

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Lantas, apa itu instant-approval kredit dan kelebihannya? Berikut penjelasannya.

Apa itu instant-approval kredit

instant-approval kredit merupakan salah satu cara bagi lembaga kredit untuk menarik konsumen agar mengajukan kartu kredit. 

Dengan mengirimkan penawaran instant-approval kredit, lembaga keuangan seperti mengundang calon konsumen yang memenuhi kriteria tertentu untuk bisa apply salah satu produk kartu kredit yang mereka punya.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Menjanjikan di 2022 yang Berpotensi Cuan

Caranya, lembaga keuangan akan meminta daftar konsumen yang memenuhi nilai kredit tertentu kepada biro informasi kredit. Kemudian nama-nama yang ada dalam daftar tersebut akan dikirimkan penawaran instant-approval kredit.

Biasanya penawaran tersebut akan datang dari lembaga keuangan yang kita ketahui atau mungkin dari mitra terafiliasi mereka. Tujuannya, untuk membangun atau memperluas potensi mendapatkan kredit dengan benefit lebih besar.

Dengan mendapatkan instant-approval kredit, nasabah memiliki peluang persetujuan yang sedikit lebih tinggi ketika mengajukan kartu kredit.

Baca juga: Perbedaan Asuransi TLO dan All Risk untuk Mobil

Apabila menerima penawaran instant-approval tersebut, nasabah harus tetap melakukan prosedur pengajuan kartu kredit seperti pada umumnya.

Setelah nasabah mengajukan permohonan, lembaga keuangan akan melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap riwayat kredit untuk menentukan apakah seorang nasabah memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu kredit atau permohonan kreditnya ditolak.

Kelebihan instant-approval kredit

Pada instant-approval kredit, biasanya lembaga keuangan memberikan penawaran spesial yang dapat memancing konsumen untuk mengajukan kartu kredit. 

Baca juga: Kenapa Bisa Pengajuan Kredit Mobil Ditolak?

Misalnya, suku bunga yang lebih rendah, cicilan 0 persen, persyaratan yang lebih sedikit, serta benefit spesial lainnya.

Apabila pengajuan kartu kredit seseorang disetujui, bisa jadi akan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang sudah ditawarkan dan bisa saja lebih baik dibanding penawaran yang ada di pasaran.

Kemungkinan lainnya, pengajuan kartu kredit bisa saja disetujui tetapi tidak mendapatkan penawaran seperti yang tertera pada kredit instant-approved.

Maka dari itu, teliti terlebih dahulu penawaran yang ada, pastikan mendapat suku bunga dan biaya tahunan yang masuk akal, serta pahami risiko dari pengajuan kredit. Tujuannya agar menghindari pengeluaran berlebih yang dapat menimbulkan utang lebih banyak.

Baca juga: Kesalahan Pemakaian Kartu Kredit yang Harus Dihindari

Jadi, penawaran instant-approval kredit ini bisa jadi menguntungkan bagi nasabah itu sendiri. Yang terpenting, selalu tanyakan lebih lanjut ke pihak lembaga keuangan mengenai penawaran kredit yang ada.
Kamu juga bisa langsung menghubungi pihak penawar apabila ingin menolak tawaran instant-approval kredit. Sebaiknya, pilih penawaran kredit yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial dengan suku bunga dan biaya yang masuk akal.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.