Kesalahan Pemakaian Kartu Kredit yang Harus Dihindari

Penggunaannya bisa menguntungkan dan bisa juga jadi bencana. Agar tidak salah, ini tips pemakaian kartu kredit.

pemakaian kartu kredit

Sebelum pembayaran secara non-tunai muncul, pembayaran melalui kartu kredit lebih dulu menjadi pilihan di masyarakat, khususnya bagi kalangan menengah ke atas.

Segudang fasilitas seperti potongan harga dan fasilitas cicilan ringan seringkali membuat pemakaian kartu kredit menjadi kebablasan.

Lebih parahnya, pemilik kartu kredit bisa saja mengalami kebangkrutan total sehingga membuat keuangan jadi berantakan. Tentu kamu tidak ingin mengalami hal tersebut bukan?

Baca juga: Segini Biaya Shopping yang Bisa Kamu Keluarkan Setiap Bulan

Untuk itu, pemakaian kartu kredit harus dilakukan secara bijak demi mengindari resikonya.

Apa saja yang harus diperhatikan agar terhindar dari kebangkrutan akibat kesalahan pemakaian kartu kredit? Simak ulasan berikut ini.

pemakaian kartu kredit

Pilih sesuai kemampuan

Kartu kredit memang memberikan pemiliknya banyak kemudahan, tetapi jangan mudah terbuai. Pilihlah kartu kredit yang sesuai kemampuanmu dengan mengobservasi mengenai bunga dan biaya tahunan.

Selain itu, kamu juga harus membatasi jumlah kartu kredit, sebisa mungkin hindari memiliki kartu kredit lebih dari dua bila tidak dibutuhkan.

Banyaknya kartu kredit yang dimiliki menimbulkan potensi untuk menggunakannya secara berlebihan dan akhirnya menghasilkan hutang yang menumpuk.

pemakaian kartu kredit

Gunakan sesuai kebutuhan

Selain membatasi pemakaian, kamu juga harus menghindari hutang kartu kredit yang membengkak akibat penggunaan yang berlebihan.

Baca juga: Mengenal Mata Uang Kripto, Bukan Hanya Bitcoin dan Dogecoin

Sering kali saat menggunakan kartu kredit, kamu lupa bahwa pada akhirnya harus membayar semua barang yang dibeli. Oleh sebab itu, ada baiknya gunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan.

pemakaian kartu kredit

Manfaatkan diskon dan promo

Banyaknya fasilitas potongan harga serta fasilitas cicilan ringan haruslah dimanfaatkan. Dengan benefit tersebut, kamu bisa berhemat untuk pembayaran.

Meski demikian, keberadaan promo dan diskon tentunya tidak boleh dijadikan ajang aji mumpung untuk pemakaian kartu kredit secara berlebihan.

Kamu harus tetap mengontrol penggunaan kartu kredit sesuai kebutuhan.

pemakaian kartu kredit

Bayar tagihan tepat waktu dan secara penuh

Hal penting yang tidak boleh dihiraukan adalah menunda-nunda pembayaran kartu kredit. Dengan menunda pembayaran, kamu hanya menambah pengeluaran karena ada denda.

Baca juga: Pekerjaan Freelance dengan Bayaran Besar untuk Fresh Graduate, Mau?

Bayarlah tagihan bulanan secara penuh sebelum jatuh tempo. Untuk menghindari membayar cicilan kartu kredit dengan minimum pembayaran, maka pastikan kamu berbelanja sebesar jumlah yang mampu dibayarkan setiap bulannya.

pemakaian kartu kredit

Jangan menarik uang tunai dengan kartu kredit

Jika tidak ingin menghadapi masalah di kemudian hari, jangan pernah menarik uang tunai dengan menggunakan kartu kredit yang kamu miliki.

Setiap penarikan uang tunai yang dilakukan dengan kartu kredit tidak gratis. Biaya tersebut langsung dibebankan saat penarikan. Semakin besar jumlah tarikan tunai, semakin besar pula biaya yang dikenakan.

Baca juga: Menabung dan Investasi, Mana yang Harus Didahulukan?

Memang pemakaian kartu kredit mempermudah untuk bertransaksi, tapi kamu harus tetap waspada, jangan sampai menimbulkan risiko yang akan membuatmu susah di kemudian hari.

Gunakanlah kartu kredit secara bijak dan cerdas untuk mempermudah transaksi.