Search Cars

Keuangan

Pekerjaan Freelance dengan Bayaran Besar untuk Fresh Graduate, Mau?

Mau menambah penghasilan dengan jadwal fleksibel? Simak dulu yuk pekerjaan freelance untuk fresh graduate dengan bayaran besar.

pekerjaan freelance

Menambah penghasilan sebagai freelance atau kerja sampingan happening banget di kalangan millennials. Hal ini karena begitu fleksibelnya jadwal kerja yang berlaku.

Apalagi, di zaman sekarang, mencari pekerjaan terbilang susah-susah gampang. Ketatnya persaingan mencari kerja pasti dirasakan oleh fresh graduate.

Adanya freelance membuat kamu tidak hanya menambah pundi-pundi uang setiap bulan, tetapi juga dapat bekerja di mana saja, sesuai kehendakmu tanpa harus full ke kantor.

Baca juga: 8 Jenis Olahraga di Rumah yang Bisa Kamu Lakukan Setiap Hari

Tertarik untuk menjadi freelancer? Kamu bisa coba pekerjaan freelance berikut ini yang bayarannya cukup besar.

pekerjaan freelance

Blogger

Siapa yang tidak kenal dengan Raditya Dika? Stand up comedian, penulis, sutradara, produser, dan youtuber ini mengawali karirnya tersebut dari menjadi blogger atau menulis blog.

Pria dengan nama lengkap Dika Angkasaputra Moerwani Nasution ini awalnya mahasiswa biasa yang gemar menuliskan semua aktivitasnya di dalam blog, mulai dari kegiatan sekolah hingga kisah percintaan.

Dari situ, kamu bisa mengambil contoh, menulis blog sebagai kegiatan produktif yang bisa meningkatkan keahlian bahkan menjadi pekerjaan freelance untuk mendapatkan cuan.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 4 Kegiatan yang Dapat Dilakukan dari Rumah

Jika belum bisa bercerita atau menulis panjang, kamu bisa manfaatkan sosial media Twitter untuk awalnya. Jangan salah, dari Twitter, banyak tulisan yang viral, salah satunya adalah KKN di Desa Penari.

Jika ingin menulis blog dan hasilnya dibaca sama orang lain, kamu bisa memanfaatkan website seperti WordPress.com, Blogger.com, Medium.com, Penzu.com, Weebly.com, Wix.com, dan lain sebagainya.

pekerjaan freelance

Fotografer

Saat era modern ini bisa dibilang semua orang adalah fotografer dan menghasilkan karya mengagumkan. Namun, tentunya butuh kemampuan lain yang bisa membuat karya fotomu menjadi sebuah penghasilan.

Untuk mengasah ilmu dan fotografi, sekarang kamu tidak perlu memiliki kamera canggih dengan harga puluhan juta rupiah. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan kamera smartphone.

Baca juga: Channel Youtube Modifikasi Mobil untuk Jadi Inspirasi Kamu

Ada banyak teori fotografi yang bisa kamu pelajari, mulai dari pencahayaan, mengatur angle, komposisi, dan lain-lain.

Selanjutnya, kamu juga bisa mempelajari aliran fotografi, seperti still life, street, landscape, portrait, dan sebagainya.

Agar lebih menarik lagi, kamu juga bisa melakukan editing foto menggunakan berbagai aplikasi yang juga tersedia di mobile. Jangan lupa untuk membagikan hasil akhirnya di sosial media kamu.

Baca juga: Rekomendasi Game Balap Seru untuk Dimainkan di Rumah

Jika kamu sudah percaya diri, kamu bisa menjual hasil fotomu dibeberapa situs atau platform, mulai dari shutterstock.com, iStockphoto.com, fotolia.com, 500px.com, gettyimages.com, dan lainnya.

pekerjaan freelance

Influencer

Punya aplikasi sosial media Facebook, TikTok, Instagram, atau YouTube? Daripada sekedar iseng, mending sosial media yang kamu punya dijadikan sebagai alat untuk pamer karya sehingga lebih menghasilkan.

Kalau doyan bikin video, kamu bisa pelajari teknik videografer dan editing. Sama seperti foto, kamu bisa memulainya menggunakan smartphone.

Baca juga: Selain PNS, Ini Alternatif Pilihan Pekerjaan yang Paling Menjanjikan

Lalu, kamu juga bisa belajar editing video dengan aplikasi di smartphone. Konten video kamu pun bisa beragam sesuai dengan ketertarikanmu, mulai dari komedi, tutorial, unboxing, dan sebagainya.

Hal yang paling penting adalah konsisten untuk selalu menelurkan video yang menarik, sesuai dengan target audience kamu.

Jika sudah begitu, followers dan subscribers-mu perlahan beranjak naik. Bukan tidak mungkin, suatu saat videomu akan viral serta disukai banyak netizen.

Baca juga: Channel Youtube Paling Seram, Berani Nonton?

Selain itu, influencer juga sudah menjadi pekerjaan yang digemari oleh millenials. Pasalnya, sebagai seorang influencer, kamu bisa meraup keuntungan cukup besar, malahan bisa lebih banyak daripada bekerja di perusahaan.

pekerjaan freelance

Bermain games

Sekarang ini, bermain games bisa jadi kegiatan yang menghasilkan cuan loh. Contohnya adalah PewDiePie.

YouTuber dengan nama asli Felix Arvid Ulf Kjellberg asal Swedia ini memiliki lebih dari 104 juta subscribers di channel-nya. Ia memulai karir sebagai pemilik channel YouTube untuk bermain game.

Seiring perkembangan zaman, game online mulai menjamur. Kamu bisa memainkannya dengan konsisten dan rasa kompetisi yang tinggi.

Baca juga: Bumbu Dapur Bisa Menghilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil?

Bila sudah mahir, bukan tidak mungkin kamu bisa mengikuti kejuaran yang kerap digelar, tidak hanya tingkat nasional tapi juga internasional. Adanya kompetisi di dalamnya, bermain games kini dapat dikategorikan sebagai olahraga elektronik atau e-sport.

Di Indonesia misalnya, ada Indonesia E-sports Premiere League (IESPL), yakni turnamen game online yang berkolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

pekerjaan freelance

Sosial media specialist

Pada era digitalisasi seperti saat ini, keberadaan sosial media menjadi hal yang penting untuk mendukung segala aktivitas dan bisnis.

Baca juga: Rekomendasi Jenis Musik yang Siap Nemenin Kamu Nyetir Mobil

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube sudah menjadi wadah yangbanyak digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Nah, bagi kamu yang suka dan aktif bermain di sosial meda serta mampu mengolah visual dan kata-kata, menjadi freelancer sebagai social media specialist tentu cocok banget buat kamu.

Selain itu, pekerjaan tersebut juga tidak bergantung pada satu bidang studi. Jadi, cakupannya lebih luas dan peluang buat kamu menjadi social media specialist juga lebih besar.

pekerjaan freelance

Desain grafis

Pekerjaan freelance lain yang tidak kalah menarik dan menjanjikan adalah menjadi desain grafis.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mengemudi Setelah Makan Siang Berbahaya?

Pekerjaan ini juga banyak dibutuhkan untuk memvisualisasikan setiap produk bisnis yang dijualnya di social media dan di website.

Untuk itu, tidak jarang perusahaan-perusahaan mencari freelancer desain grafis untuk membantu proyek yang sedang dijalankan.

Baca juga: Modifikasi yang Berbahaya Bila Diterapkan Pada Mobil Harian

Bahkan, perusahaan tidak ragu mengeluarkan budget besar untuk memberikan imbalan jasa kepada freelancer.

pekerjaan freelance

Web developer

Meningkatnya minat terhadap kehidupan digital berhasil membuat setiap perusahaan move on, dari yang awalnya melalui brosur cetak menjadi ke laman website.

Kecenderungan tersebut menimbulkan hadirnya kebutuhan akan seorang web developer.

Baca juga: Kenapa Ban Berwarna Hitam? Ada Alasan Lain Dibaliknya

Demi memenuhi kebutuhan akan posisi web development, setiap perusahaan berlomba-lomba mencari seorang web developer andal yang dapat menjamin website mereka.

Buat kamu yang memang mempunyai skill di bidang ini, tidak ada salahnya mencari peruntungan tambahan sebagai freelance, kan?

Pekerjaan freelance tergolong mudah dan tidak menyita waktu kamu. Bahkan, kamu dapat melakukannya sesuai dengan hobi dan passion.

Baca juga: Jenis-jenis Sistem Penggerak Mobil dan Kelebihannya

Kalau tekun dan konsisten, tentu pekerjaan freelance pun akan mendapatkan keuntungan yang setimpal. Menggiurkan, ya? Mau coba?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.