Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kenali Radius Putar Mobil Agar Nyaman saat Balik Arah

Radius putar mobil menjadi salah satu faktor penting ketika mobil akan berbelok sehingga lebih aman dan nyaman. Yuk cari tahu!

radius putar mobil

Radius putar mobil menjadi salah satu faktor yang berpengaruh ketika akan melakukan putaran. Ini berguna ketika mobil harus melakukan parkir, berbelok saat di tikungan, atau saat melakukan putar balik. 

Arti dari radius putar sendiri adalah seberapa besar kemampuan sebuah mobil untuk membuat lingkaran saat harus berbelok. Seberapa besar ukurannya penting diketahui oleh pengemudi agar bisa berbelok dengan tepat.

Model radius putar mobil

model radius putar

Untuk mengetahui radius putar mobil, tidak perlu melakukan putaran satu lingkaran penuh atau 360 derajat. Dengan melakukan putaran sebesar 180 derajat atau setengah lingkaran pun sudah bisa mengetahui jarak diameter dan besarnya radius putar. 

Baca juga: Jadi Korban Salah Tilang Elektronik, Apa yang Harus Dilakukan?

Sebagai informasi, radius putar mobil yang baik adalah ketika setir dibelokkan tidak mengganggu performa kendaraan dan kondisi mesin. Biasnya, semakin kecil ukuran mobil maka semakin kecil juga radius putarnya. 

Ada beberapa jenis yang perlu diketahui, di antaranya adalah: 

1. Curb to Curb

curb to curb

Model yang pertama adalah curb to curb yang memperhitungkan radius putar dari titik pusat lingkarang sampai posisi ban di bagian sisi luar. Pada model ini, ketika mobil berbelok ke kanan maka titik terluar garis melingkar pada mobil itu adalah bagian roda kiri. 

2. Wall to wall

Selanjutnya adalah model wall to wall yang diukur dari titik pusat lingkaran ke bodi mobil sisi paling luar. Biasanya menggunakan sudut bumper mobil sebagai patokannya. 

Baca juga: Penyebab Airbag Mobil Mengembang, Ternyata Ga Sembarangan Loh!

Sudut bumper mobil dianggap menjadi hitungan yang paling baik karena menunjukkan kemampuan mobil yang sebenarnya ketika harus melakukan belok.

Faktor penentu

Ada beberapa faktor yang menjadi penentu.  Faktor-faktor tersebut adalah: 

Ukuran wheelbase

wheelbase terios

Wheelbase merupakan jarak antara pusat roda depan dengan pusat roda belakang. Maka dari itu, semakin panjang ukuran wheelbase maka radius putar mobil akan semakin besar. 

Baca juga: Andai Mobil Jadi Pemain Sepak Bola Terbaik, Kira-Kira Cocoknya di Posisi Apa Ya?

Ukuran wheelbase yang panjang biasanya akan lebih cocok dan nyaman ketika berkendara di jalanan yang lurus. Namun ukuran wheelbase yang lebih pendek menandakan bahwa mobil akan semakin mudah melakukan manuver. 

Dimensi mobil

dimensi mobil fortuner

Dimensi mobil juga berkaitan dengan ukuran wheelbase karena mobil yang memiliki dimensi besar dan panjang biasanya memiliki ukuran wheelbase yang juga akan semakin panjang.

Sudut belok yang dikendalikan setir

Biasanya pabrikan akan menyesuaikan sudut belok dengan spesifikasi mobil dan regulasi yang ada di pasaran. Jadi, pabrik tidak bisa secara asal-asalan memperbesar sudut belok ban agar radius putarnya semakin kecil. 

Standar khusus

radius putar

Pada dasarnya, tidak ada aturan atau standar khusus tetapi biasanya akan dikelompokkan berdasarkan dimensi mobil. Dengan kata lain, semakin besar dimensi mobil maka semakin besar pula jarak yang dibutuhkan untuk berputar.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Peugeot yang Mengaspal di Indonesia

Sebagai contoh, mobil-mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) harus memiliki radius putar sebesar 4,6 meter atau kurang. Sedangkan untuk mobil-mobil jenis SUV yang tentunya memiliki ukuran lebih besar maka radius putarnya sekitar 5,6-5,8 meter. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai radius putar mobil yang mungkin perlu kamu ketahui. Agar performa mobil tetap maksimal, salah satunya ketika melakukan manuver maka jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan secara rutin ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.