Search Cars

Keuangan

Cara Gadai BPKB Mobil Baru dan Bekas Online, Prosesnya Cepat!

Sudah tahu bagaimana cara gadai BPKB mobil secara online? Yuk cari tahu prosesnya biar tidak bingung saat membutuhkannya.

cara gadai bpkb

Mendapatkan uang tunai dengan cara gadai BPKB saat ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang memerlukan dana secara cepat dalam waktu singkat. Selain lebih efisien dan mudah, nilai BPKB mobil yang didapatkan juga cukup bersaing.

Namun harap diingat, sebelum menggadaikan BPKB mobil baru atau mobil bekas, kamu wajib mencari tahu latar belakang lembaga gadai tujuan. 

Pastikan lembaga keuangan tersebut telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). 

Cara gadai BPKB mobil

Cara gadai BPKB

Untuk diketahui, cara gadai BPKB online cukup mudah. Pertama tentu kamu harus menyiapkan BPKB mobil baru atau BPKB mobil bekas yang akan digadaikan. Pastikan fisik buku tersebut tidak rusak atau ada yang sobek. Setelah itu, ikuti langkah di bawah ini:

Baca juga: Step by Step Cara Beli Mobil Online

  • Pilih lembaga keuangan penyedia jasa gadai BPKB mobil. Pastikan lembaga tersebut memiliki website yang mudah diakses, memberi suku bunga bersaing dan terdaftar resmi di OJK dan atau APPI.
  • Hubungi lembaga tersebut melalui nomor telepon, WA atau email yang tertera di website.
  • Kamu akan dihubungi oleh pihak lembaga keuangan itu dan selanjutnya akan diminta melampirkan foto beberapa berkas seperti slip gaji, KTP suami istri, NPWP, KK (kartu keluarga) serta foto BPKB dari halaman pertama sampai keempat.
  • Pihak pemberi pinjaman akan melakukan survei ke kantor / tempat usaha dan rumah.
  • Berkas fisik akan dijemput oleh petugas dari lembaga pemberi pinjaman, sekaligus melakukan tanda tangan di atas materai.
  • Petugas akan memeriksa keabsahan BPKB mobil bekas atau BPKB mobil baru dengan unitnya. Mencocokan nomor rangka dan nomor mesin serta data teknis lainnya.
  • Langkah berikutnya menunggu konfirmasi dari pihak pemberi pinjaman berupa telepon untuk memvalidasi data diri peminjam.
  • Jika semua data dan berkas telah disetujui, kamu tinggal menunggu proses pencairan dana yang biasanya dilakukan 2×24 jam dari tanggal persetujuan.

Cukup mudah bukan cara gadai BPKB mobil secara online tersebut? Semua proses tersebut biasanya memerlukan waktu 1-2 hari atau tergantung jadwal perjanjian kedua belah pihak.

Keuntungan dan kekurangan gadai BPKB

cara gadai bpkb

Selain nilai BPKB mobil yang bersaing, beberapa hal menguntungkan dari cara gadai BPKB mobil itu antara lain adalah:

Baca juga: Perlukah Mengganti Kaca Film Mobil Bonus dari Dealer?

  • Bonus dan hadiah. Beberapa badan penyedia pinjaman memberi bonus misalnya gratis cicilan pertama, cashback sampai hadiah aneka barang elektronik dan kendaraan bermotor yang diundi.
  • Mendapatkan perlindungan asuransi jiwa.
  • Layanan derek mobil gratis dan layanan sejenis lainnya.

Sebagai catatan, nilai BPKB mobil bekas biasanya dapat dicairkan maksimal 80 persen dari harga jual mobil. Sementara untuk nilai BPKB mobil baru, nilainya akan ditaksir lebih tinggi sesuai kondisi kendaraan.

Hal yang dianggap sebagai kekurangan dari sistem ini adalah ditahannya BPKB mobil selama proses gadai. Kemudian, untuk bisa digadaikan maka status pajak mobil harus aktif.

Baca juga: Gaji Fresh Graduate Rp10 Jutaan Bisa​ Kredit Mobil Baru,​ Bagaimana Caranya?

Terakhir kekurangannya adalah adanya biaya cek absah BPKB senilai Rp350 ribu yang dibebankan kepada pemilik BPKB.

Selain mendapatkan uang dengan cara gadai BPKB mobil tersebut, hal lain untuk mendapatkan dana tambahan adalah dengan cara menjadi Teman SEVA. Apa dan bagaimana caranya?

Teman SEVA

loan calculator SEVA

Ini merupakan sebuah program insentif dari SEVA untuk kamu yang menginginkan tambahan uang mulai dari Rp1 Juta hingga Rp2,5 Juta per mobil yang berhasil dijual.

Baca juga: Ingin Uang Bulanan Tambahan? Yuk Join Teman SEVA!

Jadi intinya, semakin banyak mobil yang berhasil kamu jual dan rekomendasikan maka jumlah uang tambahan yang didapatkan akan semakin besar. Asik kan? Untuk mendapatkan penghasilan tambahan itu, ada 4 skema yang bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Skema 1, dengan harga OTR Final mencapai Rp 100-250 juta mendapatkan insentif sebesar Rp1 juta.  
  2. Skema 2 dengan harga OTR Final: Rp 250,01 – 500 juta akan mendapatkan insentif sebesar Rp1,5 juta. 
  3. Skema 3 dengan harga OTR Final: Rp 500,01-750 juta mendapatkan insentif sebesar Rp2 juta. 
  4. Skema 4 dengan harga OTR Final lebih dari Rp 750,01 juta akan mendapatkan insentif sebesar Rp2,5 juta

Caranya mudah banget, kamu hanya perlu mendaftarkan diri dan menyiapkan KTP di link ini. Jangan lupa unduh aplikasi AstraPay untuk tempat pembayaran insentif kamu, unduh gratis di Playstore dan AppStore.

Baca juga: Abis Healing Anti Pusing, Begini Tips Atur Keuangan Usai Liburan

Setelah itu kamu tinggal bagikan link yang terdapat di dashboard Teman SEVA ke calon konsumen. Jika calon konsumen melakukan pembelian mobil dengan Instant Approval dan sesuai dengan syarat ketentuan yang berlaku, maka kamu berhak menerima insentifnya.

Tunggu apalagi? Mengetahui cara gadai BPKB mobil bisa jadi peluang mendapatkan uang tunai saat dibutuhkan. Tapi, jika tidak ingin berisiko, kamu sebaiknya mencoba daftar jadi Teman SEVA untuk mendapatkan uang tambahan secara aman dan nyaman.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.